Harga Bekas Mulai Rp90 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Generasi Pertama Dibandingkan Toyota Avanza Gen 2

Tak hanya Avanza, Suzuki Ertiga (Spesifikasi | Berita) juga masuk dalam bagian Low MPV favorit saat pertama kali diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tahun 2012. Dibangun menggunakan platform Swift gen-2, mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, yakni GA, GL dan GX.

Sebagai informasi, di Indonesia generasi pertama Suzuki Ertiga mempunyai saudara kembar, yakni Mazda VX-1. Namun sayang, versi rebadgenya tersebut kurang bisa menarik minat konsumen Tanah Air.

Bicara pasaran harga bekasnya, untuk saat ini Ertiga generasi pertama ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan. Apabila kalian tertarik untuk membelinya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga generasi pertama berikut ini.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Mazda VX-1, Lebih Murah Dari Suzuki Ertiga Tapi Nggak Banyak yang Doyan

Kelebihan Suzuki Ertiga Generasi Pertama

1. Lebih Nyaman Ketimbang Avanza

Di segmen Low MPV, rasa berkendara Suzuki Ertiga terasa nyaman

Dibekali dengan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring di roda depan serta Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakang, untuk ayunan yang dihasilkan mobil ini terasa empuk ketika melewati jalan yang keriting. Meski suspensinya terbilang empuk, mobil ini memiliki handling yang rigid dan stabil disaat mobil melakukan manuver dalam kecepatan tinggi.

Kejadian seperti understeer maupun body roll pun dapat diredam dengan baik, dan untuk tingkat kenyamanannya sendiri jauh berada di atas Avanza. Perlu diketahui, untuk joknya Ertiga ini lebih tebal dibanding rovalnya, serta memiliki tempat penyimpanan barang dan cup holder yang dirasa praktis.

2. Fitur Suzuki Ertiga Generasi Pertama Terbilang Komplit

Dibandingkan kompetitornya, fitur Suzuki Ertiga lebih komplit

Bicara akan fitur yang dimiliki, generasi pertama Ertiga untuk sistem hiburannya telah disematkan head unit yang mendukung format CD Player, MP3 Player, USB maupun AUX in iPod/iPhone. Khusus untuk tipe teratasnya mendapat tamabahan audio steering switch yang akan memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan pada sistem audio tanpa harus melepas lingkar kemudi.

Lainnya, mobil ini memperoleh MID pada instrument cluster berpenampilan atraktif, electric mirror, retractable khusus tipe teratas, tilt steering, Electric Power Steering (EPS), seat sliding, reclining dan height adjuster (driver).

Selanjutnya untuk fitur keselamatan, mobil ini mendapatkan side impact beam, collapsible steering column, dual SRS airbags, Anti-Lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta seatbelt di setiap bangkunya. Mengenai fitur keamannnya sendiri dibekali dengan power door locks, immobilizer dan security alarm.

3. Tak Hanya Responsif, Mesin Ertiga Cukup Bandel

Msin K14B Suzuki Ertiga generasi pertama

Untuk jantung pacunya, Suzuki Ertiga generasi pertama dibenamkan mesin K14B DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection yang secara data mampu memuntahkan tenaga maksimal  95 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 130 Nm @4.000 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Mengenai performa gaya berkendara yang dihasilkan, mobil ini cukup bertenaga dengan nafas panjang, serta memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

4. Konsumsi Bahan Bakar Terbilang Irit

Caption

Suzuki Ertiga gen-1 memiliki rasio kompresi 10.1:1. Dengan kompresi mesin yang tidak terlalu tinggi, mobil ini masih bisa menenggak bahan bakar dengan RON 90 seperti Pertalite.

Untuk konsumsi BBM yang diperoleh, mobil ini terbilang irit. Pengetesan yang pernah dilakukan, penggunaan dalam kota mobil ini mampu menempuh jarak 13-14 km/liter. Berbeda jika melaju dalam kecepatan konstan, mobil ini dapat meraih angka 16-18 km/liter.

5. Spare Part Suzuki Ertiga Generasi Pertama Mudah Ditemukan

Suku cadang Suzuki Ertiga mudah ditemukan

Bicara mengenai spare part, Suzuki Ertiga ini selain mudah ditemukan dimana-mana, untuk harganya terbilang masih terjangkau meksipun sedikit lebih mahal bila dibandingkan Avanza-Xenia.

Baca juga: Wujud Utuh Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Akhirnya Terungkap, Tertarik Pesan Sekarang?

Kekurangan Suzuki Ertiga Generasi Pertama

1. Baris Ketiga Terasa Sempit

Baris ketiganya Suzuki Ertiga gen-1 terasa sempit

Meskipun kabinnya dibuat rata, untuk baris ketiganya mobil ini terbilang sempit disinggahi penumpang dewasa dengan tinggi badan di atas 170 cm. Dengan begitu baris paling belakangnya lebih cocok digunakan oleh anak-anak ketika sedang berpergian.

2. Jok Baris Kedua Tidak Bisa Dilipat

Biasanya jok baris kedua mobil jenis Low MPV bisa dilipat untuk mengakomodir keluar masuk penumpang baris ketiga dengan mudah. Tidak dengan Suzuki Ertiga gen-1, untuk memudahkan keluar masuk penumpang baris ketiga, jok baris keduanya hanya bisa digerakan maju dan mundur.

3. Kaki-kaki Depan  

Kaki-kaki depan Suzuki Ertiga gen-1 kerap bermasalah

Suzuki Ertiga memiliki kelemahan di bagian kaki-kaki depannya. Mengingat bobot kendaraan ini cenderung lebih berat di depan karena juga menggunakan penggerak FWD. Kaki-kaki bagian depan yang kerap kali mengalami perbaikan adalah ball joint, bushing, tie rod serta shockbreaker.

4. Lansiran Awal Belum Mendapatkan AC Double Blower

Saat diluncurkan pertama kali tahun 2012, semua varian Suzuki Ertiga tidak dilengkapi dengan AC double blower. Selang satu tahun kemudian, PT SIS baru menyematkan fitur ini guna memberikan rasa nyaman dalam berkendara khususnya penumpang baris kedua hingga paling belakang mulai dari tipe GL hingga GX.

Kesimpulan

Dari segi kenyamanan berkendara, Suzuki Ertiga generasi pertama jauh berada di atas Avanza maupun Xenia. Tak hanya itu, untuk fitur, performa, serta gaya berkendaranya, mobil ini juga memberikan kesan yang lebih baik.

Namun hal yang perlu diperhatikan dari mobil ini adalah kaki-kaki bagian depan. Apabila kalian sedang memburu Ertiga gen-1, selain mengecek bagian mesin dan body, juga cek kondisi kaki-kaki khususnya bagian depan secara detail dengan cara melewati jalan yang tidak rata. Hal seperti ini dilakukan supaya mendapatkan unit dengan kondisi yang prima dan siap jalan.

Baca juga: Langka di Pasaran, Ternyata Ini Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Setelah sebelumnya dikabarkan akan masuk ke Indonesia pada 2024 mendatang, Jaecoo 7 yang merupakan calon pesaing Honda CR-V baru-baru ini tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di wilayah Palembang, Sumatera Selatan. Melalui foto story yang diunggah akun Instagram @fikri_lin, dituliskan bahwa untuk lokasinya berada di Hotel Ibis Palembang. Menanggapi hal tersebut, Rifkie Setiawan selaku Head of Marketing and Public Relation PT Chery Motor Indonesia pun angkat bicara. Dikatakan Rifkie, Jaec
Siapa sangka jika angka kredit mobil listrik sepanjang tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Setidaknya itulah catatan Adira Finance selaku perusahaan lembaga pembiayaan yang mencatat ada peningkatan permintaan kredit mobil listrik untuk wilayah Jawa Barat. Nanang Kurniawan selaku Kepala Wilayah Jawa Barat Adira Finance mengatakan, pada Oktober 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu, terjadi peningkatan yang signifikan dalam penyaluran pembiayaan kendaraan listrik. Angkanya
Pembersih kaca mobil terbaik tidak harus yang mahal, bahkan cairan dari bahan-bahan alami pun dapat digunakan. Ya, kaca mobil terutama pada bagian depan, memang merupakan bagian kendaraan yang penting untuk membantu pengemudi selama berkendara. Jika kaca ini kotor, berjamur, atau bahkan retak, tentunya bisa mengganggu visibilitas sopir saat mengemudikan kendaraan tersebut. Untuk itulah kaca mobil juga perlu selalu mendapat perawatan secara berkala, terlebih lagi, komponen ini merupakan bagian da
Suara mesin mobil ngelitik sebenarnya pertanda ada yang tidak tepat pada kinerja komponen di mesin tersebut, jadi jangan dibiarkan dan dianggap wajar. Berbagai masalah kerap terjadi pada sebuah mobil, terlebih jika mobil bekas dan usianya cukup lawas, termasuk knocking. Ya, istilah knocking sendiri sejatinya digunakan jika muncul bunyi seperti ketukan pada mesin, dan kondisi ini kerap dapat julukan suara mesin mobil ngelitik. Ketika suara ketukan muncul di balik kap mesin ada juga yang menyebutn
Honda Jazz bekas gen 1 masih banyak diminati hingga saat ini. Dengan begitu jangan heran apabila harga bekasnya masih stabil meski usianya sudah tak lagi muda. Bicara Honda Jazz bekas di harga Rp80 jutaan, saat ini kalian sudah bisa mendapatkan Jazz gen 1 (GD3) lansiran 2006-2007. Versi terakhirnya ini memiliki ubahan cukup banyak bukan hanya di bagian tampilan yang terlihat lebih sporty, namun juga jantung pacunya. Baca juga: Sejarah Honda Jazz di Indonesia, Mobil Bekas yang Banyak Diburu Honda

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat