Bintangnya Hatchback di Era 90-an, Simak Sejarah Toyota Starlet di Indonesia

Nama Toyota Starlet sendiri merupakan salah satu hatchback Tanah Air yang sangat melegenda di era 90-an. Memiliki bentuk yang ikonik, simpel dan mudah dimodifikasi, membuatnya terus digemari bahkan hingga saat ini.

Generasi pertama Toyota Starlet yang dijual di Jepang

Berawal pada tahun 1973, generasi pertama Toyota Starlet diluncurkan dengan sebutan Toyota Publica Starlet. Diproduksi hingga tahun 1977, mobil dengan kode bodi P40 ini secara tampilan fasad mirip seperti Corolla gen-3, namun terlihat lebih ramping sekaligus proposional.

Untuk jenisnya, mobil ini ditawarkan dalam dua bentuk, coupe dan 4 pintu. Begitupun pada jantung pacunya, mesin yang disuguhkan berkapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc.

Generasi kedua Toyota Starlet yang mulai dipasarkan dibeberapa negara

Pada tahun 1978 atau satu tahun setelah generasi pertamanya berhenti diproduksi, Toyota memperkenalkan generasi kedua Starlet. Berbeda dengan model sebelumnya yang berbentuk sedan, pada generasi ini Starlet mengisi kelas hatchback. Sedangkan untuk segmen sedannya diisi oleh Corolla.  

Memiliki kode bodi KP60 dan KP61, mobil yang diproduksi hingga 1984 ini ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, yaitu 1.000 cc, 1.200 cc, dan mesin 1.300 cc dengan mengandalkan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Sebagai informasi, generasi kedua ini merupakan Starlet pertama yang mulai diekspor ke beberapa luar negara.

Baca juga: Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo

Generasi Pertama Toyota Starlet di Indonesia

Generasi pertama Toyota Starlet yang dijual resmi di Indonesia

Barulah pada tahun 1985 Toyota Starlet dijual resmi di Tanah Air. Di Indonesia, mobil ini memiliki status CKD (Completely Knocked Down) yang artinya dirakit secara lokal. Memiliki bentuk mengotak, generasi pertama Toyota Starlet di Indonesia ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.0L XL dan 1.3L SE.

Mengandalkan mesin berkombusi karburator dengan kode 1E 1.000 cc dan 2E 2.000 cc, untuk pengapian keduanya masih menggunakan platina. Sedangkan transmisinya hanya ditawarkan manual 5-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Mempunyai sebutan Starko atau Starlet Kotak, hatchback dengan kode bodi EP70 dan EP71 yang diproduksi hingga 1989 dihadirkan sekaligus menantang kedigdayaan Daihatsu Charade, Suzuki Forsa dan Honda Civic Deluxe yang hadir lebih dulu mewarnai pasar otomotif nasional di segmen city car hatchback.

Starlet Kotak dilengkapi AC dan audio single din

Tampil lebih futuristik dibandingkan generasi sebelumnya, untuk fiturnya mobil ini masih terbilang sederhana. Sebagai bentuk kenyamanan, keamanan serta keselamatan berkendara, Toyota hanya menawarkan sistem hiburan single din, AC dengan heater, seatbelt di depan serta rem cakram berventilasi di bagian depan.

Pada stirnya sendiri belum menggunakan power steering dan kacanya masih model engkol untuk menutup dan membuka jendela.

Di negara asalnya Toyota Starlet kotak tersedia dalam banyak varian, yakni Standard, DX, Soleil, XL, XL Lisse, S, SE, Si, Si Limited, Si Canvas Top, Ri, Turbo R, dan Turbo S. Khusus model Ri and Turbo R memiliki bobot lebih ringan karena memang dihadirkan secara khusus untuk mengikuti ajang balap baik touring, drag race, maupun rally.

Masih terus digemari hingga saat ini karena mudah dalam perawatan, hemat bahan bakar, serta memiliki bentuk yang unik, Toyota Starlet kotak memiliki masa edar yang cukup banyak.

Baca juga: Sejarah 70 Tahun Toyota Land Cruiser, Jadi Tunggangan Para 'Sultan' Sejak Era Hardtop

Generasi Kedua Toyota Starlet di Indonesia

Toyota Starlet Kapsul diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989

Berakhirnya masa bakti Starlet Kotak pada 1989, satu tahun setelahnya Toyota Indonesia meluncurkan Starlet dengan kode body EP80 dan EP81. Secara tampilan keseluruhan generasi ini Starlet terlihat lebih revolusioner berkat bentuk bodynya yang membulat serta mendapatkan fitur lebih lengkap.

Memiliki sebutan Starkap (Starlet Kapsul), varian yang ditawarkan lebih banyak dibandingkan model sebelumnya. Di Indonesia sendiri Starlet Kapsul saat hadir pertama kali mempunyai varian 1.0 XL, 1.3 SE dan 1.3 SE Limited.  

Untuk mesin yang digunakan sama seperti generasi sebelumnya, yakni berteknologi karburator dengan kode 1E 1.000 cc dan 2E 1.300 cc. Pada sistem pengapian, keduanya pun masih menggunakan platina. Mengenai transmisinya hanya ditawarkan manual 5-percepatan yang juga ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Bicara fitur, untuk varian SE Limited memperoleh power window di semua kaca dan electric mirror. Sedangkan tipe SE hanya mengandalkan electric mirror saja dan AC.

Mengenai varian 1.0 XL, fitur yang diterima terbilang sangat sederhana. Untuk pengaturan kacanya masih manual, dan naik turun kacanya menggunakan model engkol. Sebagai informasi, semua varian yang ditawarkan ini belum mendapatkan power steering.

Tahun 1992 Toyota Starlet mendapatkan beberapa penyegaran

Memasuki tahun 1992, Toyota memberikan penyegaran terhadap Starlet Kapsul. Secara bentuk masih terlihat sama, hanya saja pihaknya memberikan penyegaran terhadap bagian fascia dengan bumper yang dilengkapi foglamp, serta buritannya.

Untuk variannya, SE Limited berubah menjadi SE-G. Di versi ini sistem pengapiannya sudah menggunakan CDI namun tetap menggunakan mesin yang sama. Pada sistem kemudinya sudah memperoleh fitur power steering yang memudahkan penggunannya saat memutar setir.

Toyota Starlet Kapsul Turbo Look diperkenalkan tahun 1996

Starlet produksi tahun 1996, mobil ini mendapatkan facelift dengan sebutan Fantastic Starlet dan kerap kali disebut dijuluki Turbo Look. Hal ini dikarenakan pada varian SE dan SE-G untuk kap mesinnya mendapatkan gundukan di tengah.

Begitupun lampu, grill serta bumper mendapatkan revisi, serta bumper belakang yang tampak terlihat semakin sporty. Dari segi dapur pacu, model ini masih menggunakan mesin lama.

Dari segi tenaga yang dihasilkan, mesin 1E 1.0L 4-silinder segaris 12 valve SOHC karburator tersebut dapat meraih tenaga 54 PS @6.000 rpm dengan torsi 102 Nm @3.500 rpm.

Sedangkan varian 1.3L dengan kode mesin 2E yang juga diketahui menggunakan 4-silinder segaris 12 valve SOHC karburator, mampu melecutkan tenaga 72 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 98 Nm @3.600 rpm.

Di Indonesia, eksistensi Toyota Starlet terputus pada tahun 1998. Sedangkan di negara asalnya berakhir pada tahun 1995. Bicara mengenai harga bekasnya, mobil ini memiliki harga yang beragam tergantung dengan kondisi. Versi convert JDM (Japanese Domestic Market) nya, bahkan ada yang menjualnya di atas Rp100 juta.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Starlet Kapsul, Hatchback Setengah Tua yang Lagi Naik Daun

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil