New Daihatsu Sirion 2022 hadir dengan sejumlah ubahan ringan dan fitur baru untuk memanaskan lagi segmen city car. Sebab bisa dibilang kelas mobil yang diisi Honda Brio RS dan kawan-kawan ini bisa dibilang mulai meredup lantaran pergeseran tren pasar.
Makanya agar selalu kompetitif, Daihatsu memberikan beberapa penyegaran agar produknya diterima konsumen Indonesia. Penyegaran yang dimaksud bukan sekadar revisi desain eksterior, melainkan juga penambahan fitur yang membuatnya menjadi mobil perkotaan dengan perangkat terlengkap.
Baca Juga: New Daihatsu Sirion 2022 Meluncur, Tanpa ASA Harga Lebih Mahal dari Honda Brio RS
Berikut ini kami sajikan fitur unggulan Daihatsu Sirion 2022, yang jadi modal untuk menggempur lawannya, yakni Honda Brio RS yang saat ini merupakan penguasa di segmen city car tanah air. Barangkali bisa dijadikan referensi sebelum memutuskan beli Honda Brio RS atau Daihatsu Sirion terbaru.
Pertama dari fitur keselamatannya dulu. Sebelumnya model ini sudah didapuk dengan city car dengan fitur keselamatan paling lengkap di kelasnya. Tapi untuk model facelift terbaru ini, pabrikan menyematkan perangkat baru untuk juga bisa meningkatkan kenyamanan pengemudinya.
Fitur keselamatan baru di Daihatsu Sirion 2022 adalah Hill Start Assist yang mencegah mobil mundur di tanjakan, saat akan memulai akselerasi dari posisi diam. Honda Brio RS, tak memilikinya. Selebihnya seperti model lawas fitur penunjang keselamatannya terdiri dari rem ABS, EBD, traction control, hingga vehicle stability control.
Kedua adalah sistem transmisinya yang ikut direvisi. Sebelumnya masih menggunakan matic konvensional 4AT, tapi sekarang digantikan dengan D-CVT atau dual CVT, jadi bukan CVT biasa pada mobil kebanyakan. Transmisi ini juga sudah dipasang di Daihatsu Rocky.
Daihatsu Sirion 2022 mengusung matic D-CVT yang diklaim bisa lebih hemat bahan bakar. Berdasarkan data perusahaan, konsumsi BBM mobil ini bahkan bisa setara dengan mobil LCGC. Sementara itu, Honda Brio RS masih pakai CVT konvensional.
Baca Juga: Pakai Transmisi Matic D-CVT, Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 Bisa Setara LCGC!
Bukan cuma itu, untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin selalu segar dan menyehatkan, Daihatsu juga memberikan fitur baru berupa air purifier pada sistem sirkulasi AC. Tapi perlu ingat, fitur ini cuma tersedia di varian tertinggi yakni R, untuk trim X belum dilengkapi.
Fitur lain di Daihatsu Sirion 2022 yang tak dimiliki Honda Brio RS adalah Idle Stop System. Sesuai namanya, fitur ini dapat mematikan mesin mobil dalam kondisi idling, misalnya di kemacetan, mengantre di persimpangan atau parkir untuk menambah efisiensi BBM.
Teknologi ini sebelumnya juga sudah dipasangkan di Toyota Rush maupun Daihatsu Terios. Fungsinya bisa dihidup-matikan lewat tombol. Saat mesin mati, pengemudi tinggal injak gas lagi maka mesin mulai aktif kembali. Kombinasi D-CVT dengan fitur ini diklaim bisa meningkatkan efisiensi hingga 10 persen.
Terakhir adalah panel meter dengan tambahan layar TFT 4,2 inch. Memang bukan yang superior, namun fitur ini membuat Daihatsu Sirion 2022 jadi lebih modern. Adapun untuk Honda Brio RS masih pakai analog dan multi information display (MID) digital kecil di bawahnya.
Baca Juga: First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat