Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC

Honda Brio hadir dalam dua model, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS. Untuk segmen LCGC, Honda Prospect Motor menjagokan Brio Satya sebagai andalannya. Sebagai mobil perkotaan, Brio Satya ternyata menjadi model terlaris di segmen LCGC.

Melihat persentase penjualannya, market share Brio Satya di LCGC sebesar 25 persen dengan penjualan rata-rata hingga 10 ribu unit setahun. Lantas, mengapa Brio bisa selaris ini? Apa rahasia Brio Satya mengalahkan produk kembar Astra, yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla?

Honda Brio Satya yang mengisi segmen LCGC, terdiri dari 3 tipe, yakni Honda Brio Satya S MT sebagai tipe terendah. Di atasnya ada tipe E MT hingga yang termahal adalah tipe E CVT. List terbaru di bulan Agustus, masih ada tipe dengan harga di bawah Rp 150 juta, menjadi kelebihan bagi Brio Satya.

  • Honda Brio Satya S M/T Rp. 143.500.000
  • Honda Brio Satya E M/T Rp. 152.500.000
  • Honda Brio Satya E CVT Rp. 167.600.000
  • Honda Brio RS M/T Rp. 180.400.000
  • Honda Brio RS CVT Rp. 195.700.000

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

Desain Honda Brio Tidak Murahan dan Ukurannya Membesar

Hadir dengan wajah baru, All New Honda Brio punya desain yang fresh dan fun. Desainnya dinamis, ceria, luwes dan sporty. Ini membuat rivalnya terpaksa gigit jari karena desainnya usang, digunakan hingga lebih dari lima tahun.

Desain All New Honda Brio Satya semakin sporty karena menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan lampu depan sipit yang dilengkapi DRL (Daytime Running Lights).

Harus diakui pada Brio Satya generasi kedua ini desain eksteriornya sangat memikat mata. Desain pintu belakang yang didominasi unsur kaca sudah tak dijumpai lagi. Sayangnya jika dibanding Brio RS, versi LCGC ini tak ditemukan bumper belakang dengan body kit sejenis diffuser.

Bagian yang cukup menarik perhatian adalah hadirnya spoiler dengan stoplamp LED. Kaca belakang sayangnya tak memiliki elemen pemanas untuk mencegah pengabutan saat kondisi hujan.

Pada generasi kedua, Honda Brio memiliki kabin yang lebih luas karena wheelbase bertambah 60 mm. Wheelbase yang telah diperpanjang ditujukan untuk menambah ruang di kursi belakang.

Selain itu, ruang bagasi diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar. Bagasi Honda Brio tersebut lantas dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

Mesin Honda Brio Satya Luar Biasa Irit

Honda Brio memang dipasarkan sebagai mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Brio Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan bakar yang irit. Bahkan, tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata di Brio Satya jadi yang paling efisien.

Honda sejak lama dikenal sebagai pabrikan mobil irit dan bertenaga. Poin inilah yang mungkin saja ikut menjadi faktor pendukung mengapa Honda Brio paling laris di segmen LCGC.

Honda Brio Satya dibekali mesin 4-silinder berteknologi i-VTEC dengan kubikasi 1.200 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 89 hp/6.000 rpm dan torsi 110 Nm/4.800 rpm. Masuk dalam segmen LCGC, Brio Satya menjadi mobil yang paling irit bahan bakar dibandingkan model lain di segmen itu.

Honda melalui melalui kompetisi bertajuk Battle of Efficiency tahun 2019 ingin membuktikan seberapa irit konsumsi BBM untuk model All New Honda Brio. Dalam adu irit ini, tercatat konsumsi BBM Honda Brio Satya mencapai 30,1 km/liter. Tentu angka tersebut jelas lebih irit dari regulasi untuk mobil LCGC dari pemerintah yakni 20 km/liter.

Untuk pemakaian secara normal, hasil pengetesan oleh media lokal mencatatkan angka 21 km/liter dan masih di atas rekomendasi yang diminta pemerintah. Melihat angkanya, konsumsi bahan bakar Honda Brio bahkan mirip seperti sepeda motor bermesin 250 cc. Bedanya, ini adalah sebuah mobil sehingga bisa digunakan mengangkut empat orang.

Interior Lega Dengan Fitur Berkelas

Honda menyebut Brio Satya generasi kedua ini punya kapasitas interior yang lebih besar ketimbang generasi terdahulu. Hal itu bisa dilihat dari daya muat bagasi dan leg room atau ruang kaki yang lebih lega di bangku belakang.

Sebagai perangkat penunjang kenyamanan, Honda Brio Satya sudah menggunakan penyejuk udara model digital. Tidak ada kenop putar sebagai pengatur hembusan AC.

Sistem pengaturan kaca spion samping juga sudah elektrik. Ada pula fitur penguncian pintu otomatis yang akan mengunci semua pintu saat mobil melaju.

Untuk menyesuaikan postur pengemudi, kita bisa mengandalkan penyetelan bangku maju-mundur dan kemiringan sandaran. Setir Honda Brio juga bisa disetel naik-turun berkat sistem tilt steering, sayangnya di setir tak ada penyetelan teleskopik.

Kemudian sebagai hiburan, terdapat 2 DIN audio system yang bisa mengakomodir sambungan Bluetooth. Untuk tipe E bahkan lebih mewah karena terdapat audio steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur audio.

Kesimpulan

Secara garis besar Brio Satya layak jadi pilihan utama dalam kelas LCGC 2 baris bangku. Mobil ini juga sangat pas bagi konsumen yang mengincar mobil dengan aura sporty namun dengan harga yang ramah di kantong. Untuk fitur hiburan, Brio Satya memang termasuk cukup sekalipun bukan yang terbaik dalam memberikan kepuasan penumpangnya.

Bukan cuma desain eksteriornya yang sporty, mesin i-VTEC plus transmisi CVT yang dimiliki mobil Honda Brio terbaru ini terkenal iritnya. Karakternya yang fun to drive pun sangat oke untuk sering-sering melesat di kecepatan tinggi.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat