Perbandingan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Vs Ertiga Biasa, HEV Menang Irit Tapi Mahal Perawatan

Dinobatkan sebagai kendaraan elektrifikasi pertama buatan Indonesia di segmen Low MPV 7-seater, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 bukan cuma canggih tapi juga futuristis. Untuk harganya, saat ini Ertiga dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid dibandrol Rp292,3 juta varian Sport AT, Rp281,3 juta Sport MT, Rp281,3 juta GX AT dan GX MT Rp270,3 juta.

Meski Ertiga terbaru kini dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga masih menjual varian non hybrid sebagai opsi lain untuk konsumennya. Untuk bandrolnya sendiri menurut situs resminya per Juni 2022, Ertiga biasa tipe GL AT diniagakan Rp259,5 juta, GL MT Rp248,5 juta dan GA MT Rp225,1 juta

Sebagai informasi, Suzuki Ertiga Hybrid dibekali dengan teknologi elektrifikasi berupa ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery yang digabungkan dengan mesin konvensional. Selain itu juga terdapat fitur engine auto start-stop yang dimana akan memerintahkan mesin mati secara otomatis saat mobil dalam kondisi berhenti sepenuhnya yang merupakan bagian dari sistem hybrid-nya.

Menggunakan teknologi Smart Hybrid yang diklaim dapat lebih hemat dalam hal penggunaan bahan bakar, berikut perbandingan konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid dengan Ertiga Biasa.

Baca juga: Hasil Uji Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Capai 22 km/liter, Bukti atau Janji?

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid dan Ertiga Biasa

Mesin K15B yang digunakan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 dan Ertiga biasa

Sebelum bicara konsumsi BBM yang dihasilkan, kami akan lebih dulu mengulas spesifikasi dari keduanya. Seperti yang diketahui, baik Suzuki Ertiga Hybrid dan Ertiga biasa sama-sama dibekali mesin K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS di angka 6.000 rpm serta torsi puncakk 138 Nm di putaran 4.400 rpm. Untuk transmisnya, keduanya dikawinkan dengan manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Untuk diketahui, Suzuki Ertiga Hybrid kini terasa lebih nyaman digunakan berkat adanya fitur baru berupa ESP (Electronic Stability Programme), Hill Hold Control, GSI (Gear Shift Indicator), Cruise Control, dan Auto Light with Guide Me Light.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid Selisih 5,79 Km/Liter Dibandingkan Ertiga Biasa

Suzuki Ertiga Hybrid 2022 mampu menempuh jarak 22,52 km/liter
​​​​​

Baru-baru ini rekan kami berkesempatan untuk menjajali secara langsung gaya berkendara Suzuki Ertiga Smart Hybrid di Jawa Timur, dengan rute Batu – Surabaya. Saat pengujian dilakukan menggunakan metode full-to-full dengan kecepatan bekisar 60-80 km/jam, untuk konsumsi BBM yang dihasilkan dari Ertiga Hybrid bertransmisi otomatis mencapai 22,52 km/liter. Sedangkan Ertiga Hybrid dengan transmisi manual, catatan jarak yang ditempuhnya sejauh 18,77 km/liter.

Mengenai konsumsi BBM Suzuki Ertiga non hybrid, Berdasarkan ujicoba tes BT2MP pada 2018, mobil ini mampu mencatat angka konsumsi BBM 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual. Itu artinya varian matic Suzuki Ertiga Hybrid lebih irit 5,79 km/liter dibandingkan dengan Ertiga AT. Sedangkan untuk model manualnya Ertiga Hybrid lebih hemat 0,68 km/liter.

Baca juga: Biaya Perawatan Lebih Murah, Suzuki Ertiga GL 2022 Bisa Jadi Pilihan Tepat Saat Ini

Perbandingan Konsumsi BBM
Varian Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Suzuki Ertiga Biasa
AT 22,52 km/liter 16,73 km/liter
MT 18,77 km/liter 18,09 km/liter

Manfaat Teknologi Suzuki Smart Hybrid di Ertiga 2022 yang Bikin Irit Bahan Bakar

Manfaat teknologi Suzuki Smart Hybrid

Teknologi Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga terbaru mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berdaya 6 Ah 12V.

ISG sendiri merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Teknologi yang tersematkan tersebut akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti. Saat berhenti di lampu merah atau kemacetan dalam kondisi mesin mati, AC, radio, maupun sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan. Hal ini yang membuat konsumsi BBM Ertiga Hybrid menjadi lebih irit dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Selain itu, fitur Auto Stop atau yang lebih dikenal dengan Idling Stop pada Suzuki Ertiga Hybrid membuat mesin berhenti bekerja pada saat pedal rem diinjak sesaat. Ketika ingin kembali melakukan perjalanan, sistem ISG dan baterai tadi menggerakan mobil, sekaligus menyalakan mesin saat RPM berada di putaran angka 1.500 untuk membuatnya kembali berkerja.

Ketika mesin bensin belum kembali bekerja namun mobil sudah mulai bergerak saat pengemudi melakukan akselerasi awal, inilah yang membuat kondisi akselerasi jadi terasa lebih halus dan senyap. Selain halus, karena mobil cuma digerakkan oleh baterai untuk angkatan awal dalam beberapa detik, akselerasi pertama pun nyaris tanpa suara dan getaran mesin.

Suzuki Ertiga Hybrid Irit BBM Tapi Mahal Perawatan

Battery Lithium-Ion berkapasitas 6 Ah 12 V Suzuki Ertiga Hybrid dibandrol Rp15 jutaan

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan Battery Lithium-Ion berkapasitas 6 Ah 12 V yang diletakan di bawah jok depan. Apabila mengalami kerusakan pada tempat penyimapanan dayanya tersebut, pemilik diharuskan menggantinya dengan estimasi biaya Rp15 jutaan.

Begitupun untuk akinya, memiliki spesifikasi khusus serta menghasilkan kuat arus yang lebih besar, untuk Ertiga dengan teknologi Suzuki Smart Hybird dihargai Rp3 jutaan setiap melakukan pergantian. Berbeda dengan Ertiga biasa, akinya di pasaran ditawarkan Rp700 ribu hingga Rp900 ribu.

Kesimpulan

Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid yang diusungnya, melihat pada angka perbandingan konsumsi BBM di atas Ertiga Hybrid jauh lebih hemat dibandingkan Ertiga biasa. Namun dari segi perawatan, versi hybrid-nya lebih mahal jika mengalami kerusakan pada Battery Lithium-Ion berkapasitas 6 Ah 12 V nya, dimana pemilik diharuskan menggantinya dengan biaya Rp15 jutaan. Selain itu untuk akinya pun juga lebih mahal setiap melakukan penggantian dengan bandrol harga Rp3 jutaan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Bedanya Cara Kerja Hybrid Suzuki Ertiga dan Toyota Corolla Cross

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat