Pasar mobil komersial menjadi salah satu segmen yang menggairahkan bagi beberapa pabrikan. Untuk itu, Isuzu menghadirkan Traga pada tahun 2018 lalu. Kendaraan komersial ini langsung menjadi andalan Isuzu dengan segala kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan.
Pick up ini diluncurkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk bersaing di segmen medium pick up. Pada segmen tersebut, sudah ada beberapa kompetitor yang lebih dahulu merasakan pasar mobil komersial di Tanah Air.
Salah satu keunggulan yang paling ditonjolkan oleh Isuzu pada mobil pick up ini adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Isuzu Traga yang diklaim irit. Sebelum membahas seberapa irit Isuzu Traga, penting juga untuk mengulas kelebihan dan kekurangan kendaraan niaga ini.
Baca juga : Rahasia Ketangguhan Mesin Isuzu Panther, Kini Diwariskan ke Traga
Meskipun jadi pendatang baru, tapi Isuzu percara diri dan optimistis Traga tetap diterima dengan baik oleh konsumen. Tentunya, dengan beberapa keunggulan, seperti bak yang lebih besar dari kompetitor, mesin yang bertenaga, kabin yang modern, kemampuan berkendara yang lebih baik, dan konsumsi BBM yang irit.
Isuzu Traga memiliki bak yang cukup luas, yakni 4,6 meter persegi (m2). Dengan bak yang besar, maka efisiensi dalam pengiriman menjadi lebih baik. Apalagi, dengan kondisi jalanan di perkotaan yang sering kali terjadi kemacetan. Maka, penting untuk meningkatkan kapasitas bawaan agar lebih efisien.
Isuzu mengklaim luas bak tersebut dapat menampung hingga 60 galon air. Sementara kompetitor, daya tampungnya hanya mencapai 48 galon air saja. Sedangkan yang menggunakan box dengan volume 6,4 m2, diklaim dapat mengangkut hingga 300 kardus mie instan. Sementara kompetitornya, hanya dapat mengangkut 240 kardus mie instan.
Mobil pick up ini dibekali dengan mesin yang tangguh dan diklaim irit bahan bakar. Isuzu menyematkan mesin yang sudah terkenal reputasinya, yakni mesin yang digunakan oleh Panther.
Mesin dengan kode 4JA1-L tersebut memiliki tenaga maksimal hingga 80 PS pada putaran mesin yang cukup rendah, yakni 3.500 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 191 Nm pada putaran mesin 3.000 rpm. Mesinnya juga sudah lolos uji emisi dengan standar Euro 4.
Jika diperhatikan bagian kabinnya, maka tampilan interior Isuzu Traga jauh lebih modern dibandingkan kompetitornya. Isuzu sudah melengkapinya dengan blower, USB slot, dan hiburan lainnya yang dapat membuat nyaman pengendara dan penumpang.
Kemampuan manuvernya juga diklaim sangat baik, karena ditunjang dengan radius putar minimal 4,5 meter. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, Isuzu Traga juga sudah dilengkapi dengan rem cakram yang lebih besar di bagian depan dan rem tromol yang lebih besar di bagian belakang. Untuk bannya, Isuzu mengandalkan ban tipe radial agar usia pakainya lebih panjang.
Baca juga : FAQ Isuzu Traga: Adopsi Mesin Isuzu Panther, Apakah Bisa Lebih Unggul di Segmen Pick-Up?
Meski memiliki banyak kelebihan atau keunggulan, tapi mobil pick up ini juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk mencapai harga yang kompetitif, tentu tidak semua kelebihan bisa disematkan. Tentunya, ada pengorbanan juga yang perlu dilakukan.
Mobil komersial pada umumnya didesain minim fitur hiburan, begitu pula dengan Isuzu Traga. Selain itu, fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini juga tidak selengkap dibandingkan mobil penumpang. Isuzu juga hanya melengkapi kabin Traga dengan blower. Sementara salah satu kompetitornya yang berasal dari pabrikan China, sudah melengkapi produknya dengan air conditioner (AC).
Isuzu Traga hadir dengan kabin yang lebih modern dan mesin yang tangguh. Tapi, sistem transmisi yang disediakan hanya satu, yakni transmisi manual dengan 5 percepatan. Mungkin salah satu pertimbangannya adalah biaya perawatan. Sebab, biaya perawatan mobil manual lebih terjangkau dibandingkan mobil matik.
Sudah menjadi ciri khas dari mesin diesel yang mengeluarkan suara kasar. Pabrikan lain sudah berhasil menciptakan mesin diesel dengan suara yang lebih halus untuk mobil penumpang. Namun, masalah tersebut belum juga bisa dipecahkan oleh Isuzu. Tak sedikit yang mengeluhkan suara mesin yang kasar miliki Isuzu.
Mobil pick up Isuzu Traga dibekali dengan mesin diesel berkode 4JA1-CR. Mesin tersebut memiliki konfigurasi 4 silinder segaris, direct injection, waste gate turbocharger, dan common rail injection. Dengan kapasitas mesin sebesar 2.500 cc, tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 80 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi maksimumnya dapat mencapai 121 Nm pada putaran mesin 3.000 rpm.
Menurut pengetesan internal yang dilakukan oleh Isuzu Indonesia, konsumsi BBM Isuzu Traga mencapai 11,7 kilometer per liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan penggunaan di jalan tol yang dilakukan di Cipali, konsumsi BBM mobil ini mencapai 13 kilometer per liter. Saat dites di tanjakan Lembang dan Cikole, konsumsi BBM Isuzu Traga tercatat 4,6 kilometer per liter.
Pengetesan tersebut dilakukan dengan mengangkut beban hingga 1,5 ton, sesuai dengan gross vehicle weight (GVW). Pengujiannya juga dilakukan berkali-kali dengan menggunakan alat khusus, yakni Race Logic. Sehingga, data-data yang dihasilkan cukup akurat, dibandingkan menggunakan metode fuel to fuel. Konsumsi BBM Isuzu Traga tersebut diklaim lebih irit 20 persen hingga 25 persen jika dibandingkan dengan kompetitornya.
Isuzu Traga saat ini hadir dengan dua tipe, yakni pick up dan box. Untuk Traga pick up, dipasarkan dengan harga Rp 237,6 juta (on the road Jakarta). Sedangkan Traga box, dibanderol Rp 267,3 juta (on the road Jakarta).
Baca juga : Perbandingan Mitsubishi L300 vs Isuzu Traga, Adu Pick-Up Bermesin Diesel
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat