5 Cara Cek Mobil Bekas yang Kaki-Kakinya Sudah Rusak, Penting Buat Menekan Biaya Perbaikan
Prasetyo · 24 Mar, 2022 14:02
0
0
Cara cek kaki-kaki mobil bekas sebenarnya mudah.
Cukup menggerakkan beberapa komponen di mobil tersebut.
Kalau muncul bunyi-bunyi aneh, berarti sistem suspensi mobil sudah wajib diganti.
Saat membeli mobil bekas setidaknya kita menyisihkan sebagian dana. Misalnya kita punya dana Rp150 juta, maka jangan incar mobil bekas yang harganya seperti itu. Namun carilah mobil bekas dikisaran Rp120 juta -Rp130 jutaan. Bahkan jika memungkinkan cari mobkas yang harganya Rp100 jutaan.
Sisa dana yang ada tadi bisa Anda persiapkan untuk kebutuhan perbaikan kendaraan tersebut. Sebab sebagus apapun kondisi mobil yang Anda beli, kalau itu unit second hand alias bekas pakai pemilik sebelumnya, maka tetap ada komponen yang wajib di ganti.
Bagian kaki-kaki juga wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas
Minimal lakukanlah penggantian seluruh cairan mobil, mulai dari oli mesin, air radiator, sampai oli transmisi termasuk filter-filternya. Ini untuk mengembalikan kondisi kendaraan biar fit lagi saat sudah jadi milik Anda.
Nah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas selain kondisi mesin juga perhatikan kaki-kaki mobil. Sebab kalau mesinnya terlihat masih prima, transmisinya juga masih halus, namun kaki-kaki mobil rusak, Anda wajib siapkan dana lebih untuk biaya perbaikan.
Untuk itulah kali ini Autofun akan memberikan tips bagaimana cara cek kaki-kaki mobil bekas yang sudah rusak dan segera butuh perbaikan. Sehingga kalau ditemui gejala ini sebaiknya pilih unit mobil lain yang kondisinya lebih baik.
Waspada kalau setir bunyi kletek kletek saat diputar
Dikutip dari website resmi Auto2000, indikator pertama yang mudah diketahui ketika bagian kaki-kaki mobil ada yang rusak adalah dari lingkar kemudi. Anda cukup hidupkan mesin mobil, dalam posisi diam coba putar setir ke arah kiri dan kanan beberapa kali.
Kalau timbul bunyi kletek-kletek saat setir diputar maka pertanda ada masalah di bagian ball joint. Biasanya ketika mobil mulai dijalankan, setir juga akan bergoyang.
2. Goyangkan Tie Road dan Long Tie Road
Kalau dua komponen ini sudah goyang, pertanda minta segera diganti
Masih dari posisi mobil diam, pengecekan kedua bisa Anda lakukan dengan melihat langsung kondisi tie rod dan long tie road. Caranya putar arah roda ke kiri sampai mentok saat hendak mengecek bagian kaki-kaki mobil sebelah kanan.
Teknik ini sebenarnya untuk memudahkan tangan Anda menggapai posisi tie road dan long tie road. Lengkah berikutnya coba gerak-gerakan kedua komponen itu. Kalau ternyata sudah oblag alias bergoyang seperti mau copot, itu berarti komponen wajib segera diganti. Lakukan langkah berikutnya untuk bagian roda sebelah kiri.
3. Tapak Ban Botak Sebelah
Ban botak sebelah juga indikator ada yang tak beres di suspensi mobil
Masih seputar pengecekan kaki-kaki bagian depan, perhatikan pula kondisi tapak ban mobil tersebut. Kalau ternyata tapak terlihat mengalami pengikisan disebagian permukaannya maka pertanda ada ada kerusakan di komponen kaki-kaki mobil.
Kalau mobil berayun lebih dari sekali, indikator shockbreaker rusak
Cara cek kaki-kaki mobil rusak lainnya adalah dengan menggenjot bodi mobil. Tekniknya Anda bisa tekan mobil di bagian ujung kap mesin. Kemudian lihat apakah mobil berayun sekali setelah tekanan tangan dilepas.
Lakukan juga pada bagian belakang dengan menekan bodi mobil di wilayah bagasi. Kalau mobil berayun sampai beberapa kali, maka sudah pasti shockbreaker rusak dan perlu diganti.
5. Lakukan Test Drive
Kalau setir narik ke kiri atau kanan, serta bergoyang, sebaiknya cari unit lain
Ini merupakan pengecekan final sebelum Anda memutuskan mau membeli mobil tersebut atau tidak. Karena ketika dilakukan test drive, maka kondisi sebenarnya dari mobil hampir bisa terdeteksi. Termasuk permasalahan pada bagian kaki-kaki.
Kalau saat berkendara Anda merasakan roda tak stabil, bergerak liar ke kiri atau kanan, maka artinya fungsi tie rod mobil sudah rusak. Jika setir juga terasa bergetar yang tak lazim, diikuti bunyi timbul pada saat setir diputar ketika berbelok, maka itu tanda tie road dan long tie road juga sudah kena dan minta diganti. Artinya wajib siapkan uang lebih untuk biaya perbaikan.
Nah gimana, mudah bukan mengetahui cara cek kaki-kaki mobil bekas rusak atau tidak. Kalau ternyata dari lima hal tadi ada yang Anda rasakan, kami sarankan untuk cari unit lain yang kondisinya lebih segar. Karena biaya perbaikan kaki-kaki mobil tidak murah loh!
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.