window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Mobil Listrik Rp 300 Jutaan yang Cocok Buat ke Kantor, Liburan Sampai Usaha

Enda · 8 Jul, 2024 13:08

Mobil listrik Rp300 jutaan

Pilihan mobil listrik Rp 300 jutaan di Indonesia bisa kalian dapatkan informasinya dalam pembahasan kali ini.

Fenomena mobil listrik di Tanah Air beberapa tahun belakangan ini semakin ramai, terlebih banyaknya merek otomotif asal China yang ikut meramaikan.

Di Indonesia, saat ini pilihan mobil listrik mulai bisa digolongkan, mulai dari yang Rp100 jutaan, Rp200 jutaan, Rp300 jutaan, Rp400 jutaan, Rp500 jutaan, hingga di atas Rp1 miliar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dan berikut adalah pilihan mobil listrik Rp 300 jutaan yang bisa dijadikan acuan bagi kalian yang membutuhkan kendaraan ramah lingkungan, untuk mendukung aktifitas sehari-sehari seperti ke kantor hingga kegiatan usaha.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Mulai dari Chery Omoda E5 Sampai MG ZS EV

1. Mobil Listrik Rp 300 Jutaan, Wuling Binguo EV Cocok Buat Kaum Milenial dan Gen Z

Mobil listrik Rp300 jutaan

Wuling Binguo EV

Pilihan mobil listrik Rp300 jutaan pertama adalah Wuling Binguo EV. Wuling Motors sudah menambah jajaran mobil listriknya melalui Binguo EV pada 16 November 2023.

Mobil listrik kedua Wuling di Indonesia setelah Air ev ini menempati segmen city car hatchback dengan mengusung konsep klasik modern.

Dihadirkan secara khusus dengan menyasar kaum Milenial dan gen Z, Binguo EV  memadukan banyak elemen dan fitur canggih yang menambah kesan modern dan futuristik.

Binguo EV berhasil disematkan X-Shaped LED headlamp dengan menampilkan kesan futuristik sekaligus memberikan pencahayaan yang baik dan fokus.

Mengaplikasikan flowing water body curve di bagian samping, mobil ini diaplikasikan velg 15 inci dengan water splash wheel cap yang menampilkan kesan unik.

Pada sisi buritan diaplikasikan  X-Shaped LED Tail Lights untuk stoplampnya dan Streamline Ducktail yang mempresentasikan kesan modern dan futuristik.

Untuk nuansa interior, mobil ini mempertahankan nuansa klasik modern dengan dashboard model curva yang dibungkus material soft touch.

Pada center clusternya mobil ini disematkan head unit 10,25 inci model floating yang dibuat seolah menyambung dengan layar TFT berukuran sama di balik lingkar kemudinya.

Menariknya, pada bagian pengemudi sudah dilengkapi jok dengan pengaturan elektrik 6 arah yang menawarkan penyesuaian posisi duduk lebih mudah.

Mempunyai akses yang mudah, mobil ini mengaplikasikan konfigurasi kursi 50:50 di baris kedua. Fitur lainnya mobil ini mendapatkan cruise control, USB port, electronic AC, power window di semua pintu, serta spion dengan pengaturan eletrik dan pelipatan otomatis.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Interior Binguo EV

Memiliki kapasitas bagasi cukup luas mencapai 790 Liter yang dapat mengakomodir barang bawaah dengan jumlah cukup banyak, mobil ini memiliki kelengkapan fitur keselamatan.

Bicara keselamatan bekerndara, mobil ini dilengkapi dual SRS airbags, ABS, EBD, Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Hold (AVH), Electronic Stability Control (ESC), sensor parking di depan dan belang, ISOFIX, Tipe Pressure Monitoring System (TPMS), immobilizer serta keyless entry.

Per Juli 2024 ini Binguo EV dibandrol Rp317 juta sampai dengan Rp372 juta OTR Jakarta. Harga yang ditawarkan termasuk insentif PPN sebesar 11%.

Harga Wuling Binguo EV terbaru 2024 OTR Jakarta:

  • Binguo EV Long Range AC: Rp317.000.000
  • Binguo EV Long Range AC/DC: Rp326.000.000
  • Binguo EV Premium Range AC/DC: Rp376.000.000

Pada tipe Long Range, mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 31,9 kWh yang diklaim dapat menggerak mobil sejauh 333 kilometer. Berbeda dengan tipe Long Range, Premium Range memiliki baterai dengan kapasitas 37,9 kWh dengan menghasilkan jarak 410 kilometer.

Meski secara kapasitas berbeda, keduanya menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate dengan IP67 Rating yang menjamin keandalan dan keamanan selama penggunaan sehari-hari.

Berbekal motor listrik tunggal, keduanya dapat menghasilkan tenaga sebesar 50 kW atau setara dengan 68 PS serta torsi 125 Nm, yang diatur menggunakan transmisi single reduction gear.

Binguo EV juga mempunyai empat opsi mode berkendara, ECO, ECO+, Sport, dan Normal yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Wuling Cloud EV Buat yang Suka Liburan

Mobil listrik Rp300 jutaan

Wuling Cloud EV

Selain Binguo EV, mobil listrik Rp300 jutaan dari Wuling yakni Wuling Cloud EV. Menempati segmen Medium Hatchback 5-seater, menurut situs resminya Cloud EV dibandrol Rp398.800.000. Harga yang ditawarkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya tersebut sudah termasuk dengan insentif PPN.

Terinspirasi dari awan, Cloud EV hadir dengan tampilan yang dinamis, prestisius dan ringan pada bagian eksteriornya.

Hadir dengan desain melengkung tanpa sudut yang tajam, pada tampilan fascia disematkan lampu DRL (Day-time Running Light) horizontal di terbentang di bagian tengah dengan bentuk pipih.

Desain yang ditampilkan juga membuatnya terlihat futuristik. Di bagian bumper, mobil ini berhasil dipadukan lampu utama dengan LED projector headlamp yang dibuat bertumpuk.

Di belakang, Cloud EV dibekali LED position lamp horizontal dan lampu belakang LED dengan High Stop Mount Lamp serta built-in antenna.

Kabinnya Cloud EV dirancang dengan menghadirkan spacious & luxurious yang membuat kabinnya juga terasa lega. Dibekali material Soft Touch Interior dengan Rose Gold Panels yang menampilkan kesan elegan, tempat duduknya mobil ini terasa nyaman dengan dibalut jok khas Italian Bubble Sofa Style. 

Kenyamanan semakin terasa berkat kapabilitas rebahan maksimal pada jok depan dan jok belakang yang dapat direbahkan hingga 135 derajat sehingga memberikan kesan seperti duduk di sofa.

Menambahkan kesan nyaman selama berkendara, Cloud EV telah diaplikasikan layar MID 8,8 inci yang dapat menyajikan informasi seputar kendaraan secara visual dengan tampilan full digital.

Sedangkan pada center cluster terdapat sistem hiburan berupa head unit 15,6 inci yang mendukung beragam konektivitas modern.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Interior Cloud EV

Terasa ergonomis, fitur berupa sistem hiburan dan pusat informasi berkendara dapat dikendalikan melalui timbol pada setir.

Seperti beberapa mobil mobil Wuling lainnya, Cloud EV dilengkapi fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Ada pula fasilitas vehicle status monitoring via MyWuling+ menyajikan informasi penting untuk penggunanya mengenai kendaraan secara real-time.

Hal menarik lainnya dari mobil ini yaitu adanya kamera 360 derajat yang ditampilkan secara visual melalui head unit, wireless charger, USB Port dengan kemampuan Fast Charging 20W, 6 speaker, dan AC ventilasi pada baris kedua.

Keistimewaan lain dari mobil listrik ketiga Wuling ini yaitu kapasitas bagasi yang luas sampai dengan 1.707 liter. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari mobil ini lantaran dapat digunakan untuk mengakomodir barang bawaan dengan jumlah banyak saat mobil digunakan berpergian di akhir pekan.

Memiliki fitur keselamatan berupa Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, rem cakram di semua roda, serta 4 SRS Airbags dan ADAS, mobil ini memiliki jarak tempuhb sejauh 460 kilometer.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Motor listrik Cloud EV

Menggunakan pengisian daya berjeniskan Gb/T dengan dua metode pengisian daya yakni normal dan fast charging, untuk lama waktu pengisian paling cepat dari 30% hingga 80% membutuhkan 30 menit.

Daya listrik yang diperoleh selanjutnya diarahkan ke motor listrik depan dengan perolehan tenaga sebesar 100 kw (136 PS) dan torsi 200 Nm, dengan empat opsi mode berkendara, yakni ECO, ECO+, Sport, dan Normal.

3. VinFast VF 5 SUV Listrik Perkotaan

Mobil listrik Rp300 jutaan

VinFast VF 5

Baru-baru ini VinFast, secara resmi mengumumkan harga bandrol VinFast VF 5 untuk pasar Indonesia. Merek mobil listrik asal Vietnam, yang pertama kali muncul di IIMS 2024 itu menjual VF 5 dengan harga Rp310 juta OTR Jakarta.

Sebagai informasi, harganya mobil listrik jenis SUV sub kompak ini bisa lebih murah yakni hanya Rp242 juta OTR Jakarta. Harga yang lebih terjangkau merupakan bagian dari program yang ditawarkan VinFast, yang secara khusus ditawarkan kepada konsumen apabila hendak membeli mobil dengan cara berlangganan sewa baterai. 

Untuk system sewa baterai VF 5 ada beberapa pilihan dan bisa dibayar setiap bulan. Untuk detailnya sebagai berikut: 

  • Biaya Rp990.000 per bulan untuk jarak kurang dari 1.500 km
  • Biaya Rp1.415.000 per bulan untuk jarak kurang dari 3.000 km
  • Biaya Rp2.360.000 per bulan untuk jarak lebih dari 3.000 km.

Hadir dengan mengusung konsep V moition, pada bagian fascia mobil ini menampilkan huruf V sebagai desain khas mobil VinFast dengan sentuhan tipografi, yang membuatnya terlihat modern sekaligus futuristik.

Hasil karya desain Pininfarina dan Torino Design ini untuk lampu uatamnya diletakkan di bumper dengan mengusung teknologi projector.

Mempertegas kesan SUV modern, VF 5 turut dibekali body kit dengan tampilan add-on, kemudian pada bonnetnya mobil ini terkesan begitu berotot berkat lekukan yang ditampilkan.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Interior VF 5

Menilik ke bagian dalam, untuk sistem hiburan mobil ini dibekali head unit layar sentuh 8 inci model floating yang mendukung konektivitas lengkap, seperti; Bluetooth, Android Auto dan Apple Car Play.

Memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan pengaturan, setirnya dilengkapi beragam tombol pengaturan yang terhubung secara langsung dengan sistem hiburan serta pusat informasi berkendara.

Mengenai pusat informasi berkendara, mobil ini menggunakan layar TFT full digital yang menampilkan kesan modern sekaligus informatif.

Bahkan untuk sistem pendingin udara mobil ini berbekal teknologi PM2.5 Filter yang berfungsi untuk menyaring bakteri jahat guna menghasilkan udara kabin tetap sehat.

Dilengkapi dengan cruise control, dari segi keselamatan VF5 mendapatkan 4 airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), ISOFIX child seat, Anti-theft warning, speed auto doorlock, serta front seatbelt pre-tensioners with load limiters.

Dari segi performa, VF5 telah disematkan motor listrik dengan perolehan tenaga sebesar 100 kW (134 PS) dan torsi 135 Nm.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Motor listrik VF 5

Mobil dengan pilihan dua mode berkendara, yakni Eco dan Sport tersebut dipadukan baterai Lithium-Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 31,2 kWh.

Menurut lembaga WLTP, berdasarkan pengujian yang dilakukan mobil ini sanggup menempuh jarak di atas 260 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Baca juga: 4 Alasan VinFast VF5 Bisa Jadi Mobil Listrik Pertama Keluarga Muda

4. Kendaraan Sehar-hari, Citroen E-C3 SUV Listrik Sajikan Kenyamanan Berkendara

Mobil listrik Rp300 jutaan

Citroen E-C3

Mobil listrik asal Perancis berlogo dua chevron, Citroen E-C3 dijual Rp377 juta OTR Jakarta. Mobil ramah lingkungan yang didatangkan secara utuh dari Negeri Hindustan ini memiliki tampilan yang terlihat stylish dan futuristis, serta menyajikan beragam jenis kenyamanan berkendara.

Sebagai SUV sub kompak mobil listrik Rp 300 jutaan, E-C3 terasa nyaman berkat penggunaan jok yang dibuat menggunakan busa tebal, serta lekukan yang dibuat menyesuaikan badan.

Dari segi hiburan mobil ini tersematkan head unit layar sentuh berukuran 10 inci dengan tampilan floating yang mendukung konektivitas nirkabel melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Interior E-C3

Tak hanya itu, terasa ergonomis setirnya dilengkapi beragam tombol pengaturan yang terhubung langsung dengan sistem hibrurannya.

Kenyamanan suspensi juga dibuat layaknya berkendara di atas karpet terbang (Flying Carpet Ride) dan keheningan ruang kabin yang menciptakan ketenangan seperti layaknya berada di dalam kepompong (Cocoon Effect).

Membawa beragam keunggulan, E-C3 dipersenjatai motor listrik berjensikan Permanent Magnet Synchronous Motor yang dapat menghasilkan tenaga 57 PS serta torsi 143 Nm.

Motor listriknya dipadukan dengan transmisi otomatis single-speed, dan untuk sistem pengoperasiannya melalui tombol transmisi E-Toggle dengan desain unik.

Untuk dapat menyesuaikan keinginan berkendara, mobil ini dilengkapi pilihan mode berkendara mulai dari ECO hingga STANDARD.

Motor listriknya mendapat asupaya daya dari baterai berkapasitas 29,2 kWh, yang menurut pengetesan dapat menempuh jarak sejauh 320 kilometer.

Mengenai kecepatan maksimalnya, E-C3 diklaim dapat dipacu hingga 107 km per jam dengan catatan waktu 0-60 km/jam hanya 6,8 detik.

Selain AC charging bertegangan 3,3 kW, mobil listrik Citroen E-C3 didukung dengan pengisian daya DC Fast Charging menggunakan port CCS2.  

Bicara mengenai lama waktu pengisian daya baterai, dengan memanfaatkan pengisian daya cepat, membutuhkan 57 menit dari 10% hingga 80%. Sedangkan dengan pengisian daya wall charging rumahan waktu yang diperlukan 10,5 jam.

Untuk sebuah SUV kaum urban berdaya listrik murni, E-C3 sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti berpergian ke kantor, antar-jemput anak sekolah atau berpergian ke pasar.

5. DFSK Gelora E Bisa Bawa Barang Banyak

Mobil listrik Rp300 jutaan

DFSK Gelora E

Mobil listrik Rp 300 jutaan di Indonesia lainnya yang masuk segmen kendaraan niaga ditawarkan oleh DFSK. Untuk wilayah Jabodetabek DFSK Gelora E diniagakan Rp350 juta varian Blind Van, dan Rp399 juta model Minibus.

Menyasar segmen fleet, secara tampilan Gelora E mengadopsi gaya bahasa desain yang sama diterima Gelora bermesin bensin. 

Di dalam mobil ini sudah dilengkapi head unit layar sentuh 8 inci yang terintegrasi dengan kamera di belakang. Guna memberikan rasa nyaman dalam berkendara, mobil ini juga telah dibekali sistem pendingin udara (AC), serta meter cluster dengan tampilan atraktif dan informatif.

Tak hanya itu, Gelora E versi lokal juga sudah dilengkapi power window yang memudahkan penggunannya ketika ingin menaikan serta menurunkan kaca.

Ada juga central lock, jok dengan pengaturan maju mundur serta reclining di bagian penumpang depan dan pengemudi. Memudahkan pengemudi ketika bermanuver, setirnya sudah dibekali teknologi Electronic Power Steering (EPS).

Mobil listrik Rp300 jutaan

Interior Gelora E Blind Van

Untuk varian Blind Van, mobil ini memiliki luas kargo hingga 4,8 meter kubik dengan panjang 2.550 mm, lebar 1.480 mm serta tinggi 1.280 mm. 

Dengan ruang kabin yang besar, maka pengguna bisa membawa berbagai macam barang dengan jumlah banyak. Sedangkan pada varian Minibus, mobil ini sanggup dimuati hingga 7 orang sekaligus. 

Menyoal fitur keselamatan, kedua model yang ditawarkan sudah dilengkapi sistem pengereman yang didukung ABS (Anti-lock Braking system), EBD (Electronic Brake Force Distribution).

Keduanya menggunakan baterai Lithium-ion berkapasitas 42 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak 300 km dalam sekali pengecasan.

Dengan memanfaatkan teknologi fast charging, pengisian daya 20% hingga 80% hanya membutuhkan waktu 80 menit. Untuk diketahui Gelora E dilengkapi fitur keamanan untuk melindungi elektrikal dari air, debu maupun lumpur dengan standar IP 67.

Baterainya pun turut mendapatkan sistem perlindungan untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrim, dan secara otomatis menghentikan sumber daya jika terdeteksi kebocoran tegangan pada sistem elektrikalnya.

Mobil listrik Rp300 jutaan

Motor listrik Gelora E

Oh iya, mobil listrik Gelora E ditenagai oleh motor tunggal berjeniskan permanent magnet synchronous motor yang dapat menghasilkan tenaga 60 Kw (81 PS) pada 9.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm dengan 2-type driving sequence.

Baca juga: Daftar Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik Wuling Terbaru, Dapat Subsidi Jadi Murah 

@autofun.indonesia Kalau cari EV Rp300 jutaan dengan karakter bantingan lembut nan nyaman ditambah kabin kedap boleh pertimbangin Citroen E-C3, Cing! #reviewmobil #mobilbaru #citroen #ec3 #mobillistrik #ev #tesmobil #tipsmobil ♬ 80s synthwave, retro, glitter(1379476) - grooove!

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Cloud EV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia