Harga mobil bekas khususnya tahun tua kini semakin terjangkau. Bahkan dengan budget di kisaran Rp40 jutaan kita bisa membeli sebuah mobil dengan transmisi matic atau otomatis.
Membeli mobil bekas, kerap jadi pilihan banyak masyarakat yang butuh kendaraan untuk keluarga dengan harga yang terjangkau. Kalian bisa menyesuaikan bujet dan kebutuhan kendaraan yang diinginkan.
Melihat harganya yang cuma selisih beberapa juta rupiah dengan skutik bongsor seperti Honda PCX atau Yamaha NMax, motuba dengan transmisi otomatis bisa jadi pilihan rasional. Lagipula, perawatan transmisi otomatis kini tak lagi horor, karena semakin banyak bengkel yang bisa menangani dengan baik.
Bicara mobil matic murah dengan kisaran Rp40 juta sebenarnya lumayan banyak. Tapi unitnya agak langka, dan pastinya kamu harus menyiapkan dana lebih untuk perbaikan, mengingat umur mobil biasanya cenderung sudah tua.
Apa saja mobil Rp40 jutaan yang sudah pakai transmisi otomatis tersebut? Mari kita bahas satu persatu.
Toyota Crown Royal Saloon 2.0/3.0, Under Rp40 Jutaan
Mobil yang satu ini sebenarnya masuk ke dalam kategori mobil hobi. Sebab, Crown Royal Saloon dulunya adalah mobil mewah. Bila kamu hanya mencari mobil sebagai 'klangenan' alias hobi dan dipakai sesekali saat weekend, kondangan, atau liburan.
Sebab, sparepart mobil ini relatif sulit dicari dan mahal. Terlebih untuk body part juga sulit dijumpai copotan dan kampakannya. Di pasaran, Toyota Crown ini dijual di range Rp30-40 jutaan.
Di Indonesia, Crown Royal Saloon Sedan dikenal dengan sebutan Crown Lexus karena sepintas mirip Lexus LS400. Model awal menggunakan mesin 2000cc, sedangkan versi facelift dengan mesin 3000cc. Produksi Crown S130 dihentikan di Jepang pada 1995, tetapi di Indonesia dijual sampai tahun 2000.
Volvo 960 GL, Swedish Tank yang Bandel Perawatannya
Volvo seri 960 di Indonesia identik dengan mobil menteri, direktur, pejabat dan peserta KTT/APEC di era 90-an. Mobil yang satu ini kerap dijuluki sebagai Swedish Tank, karena body yang sangat kokoh. Volvo terkenal karena reputasinya akan keamanan dan keselamatan berkendara yang selalu terjaga.
Hanya saja, image mobil Eropa, ditambah lagi ATPM Volvo yang sudah lama hengkang membuat Volvo 960 kerap dianggap mobil yang sulit perawatannya. Namun jangan khawatir, di zaman digital seperti sekarang ini semakin mudah mendapat sparepart Volvo untuk yang tinggal di kota besar.
Mobil ini hadir dalam dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis, namun versi otomatisnya yang lebih populer dan mudah dijumpai. Volvo 960 diproduksi antara tahun 1990-1997.
Volvo 960 didukung fitur keselamatan standar berupa Side Impact Protection System. Sedan ini juga mendapat fitur keselamatan baru seperti sabuk pengaman reel inersia tiga titik dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk bagian tengah jok belakang.
Mesin yang digunakan yaitu berkapasitas 2300cc 4 silinder 8 valve OHC non turbo dengan seri B230FB. Tenaga yang dihasilkan sekitar 130HP di sekitar 2900rpm). Rasio kompresi yang hanya 9,3:1, mencukupkan minum bensin dengan RON 90.
Mesin ini terkenal dengan sebutan "red block" (warna blok mesin bawah), dan sangat minim perawatan. Bahkan dalam sejarahnya, ini termasuk mesin "purba" (mesin seri B2xx) yang refined sampai sudah dapat sistem injeksi elektronik pada seri 9 ini.
Suzuki Baleno Millennium, Harga Murah Fitur Melimpah
Suzuki Baleno generasi pertama dipasarkan di Indonesia pada tahun 1996. Suzuki Baleno ini punya bentuk mobil sedan yang proporsional, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.
Untuk mobil pertama, Suzuki Baleno cukup oke karena fiturnya yang proporsional. Interiornya bernuansa warna hitam dengan tata letak kisi-kisi AC, tombol lampu darurat, pengatur AC, serta pemutar audio.
Menurut data, mesin G15B 1.500 cc 4-silinder segaris SOHC dengan kombusi injeksi yang tersematkan pada varian faceliftnya terebut mampu memproduksi tenaga sebesar 105 PS@6.000 rpm dengan torsi puncak 128 Nm @4.500 rpm. Suzuki Baleno Millenium sendiri ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis.
Bicara mesin yang digunakan, jantung mekanisnya tersebut terkenal bandel. Mesinnya juga cukup responsif terutama pada putaran bawahnya, dan pada putaran tenaga diatasnya juga terasa ngejambak.