Review Honda Odyssey 2020: MPV Mewah Yang Enak Dikendarai

Berbicara soal MPV mewah, tentu model pertama yang langsung terlintas adalah Toyota Alphard atau Vellfire yang saat ini menajadi benchmark sebuah mobil keluarga mewah di Indonesia.

Punya kabin yang sangat lapang, memiliki kenyamanan kelas atas, dan kesan premium menjadi tiga syarat mutlak sebuah MPV besar. Tapi jangan salah, Honda juga punya jagoan di segmen ini yaitu Honda Odyssey, mobil yang sudah dijual di Indonesia sejak tahun 2003, menjadi andalan Honda untuk bersaing meramaikan pasar MPV mewah di Indonesia.

Sudah memasuki generasi keempat, Honda Odyssey terakhir mendapat facelift tahun 2018, yang mana modelnya sampai saat ini masih hadir di pasar Indonesia dengan membawa satu varian tunggal, 2.4L Prestige.

Harga Honda Odyssey 2020:

New Honda Odyssey hanya tersedia dalam 1 varian saja. Harga Honda Odyssey dibanderol dengan biaya sekitar Rp 776 jutaan. Ini merupakan harga Odyssey 2020. Dilihat dari harga Odyssey baru, bisa dikatakan New Odyssey ini termasuk dalam mobil kelas premium. Mobil mewah ini banyak peminatnya, bahkan Honda Odyssey bekas pun banyak yang minat. Harga Honda Odyssey bekas itu bervarian dan tergantung kondisi mobil tersebut. Para calon pembeli bisa mencari harga Honda Odyssey baru maupun bekas di situs otomotif.

Tipe Harga
Honda Odyssey 2.4L Prestige Rp776.000.000

Spesifikasi Honda Oddysey:

Mesin Honda Odyssey 2020
Tipe Mesin 2.4L Inline-4, i-VTEC DOHC 16-Valve Drive by Wire
Tenaga Maksimal 175 PS @ 6.200 rpm
Torsi Maksimal 225 Nm @ 4.000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 11,3 detik
Konsumsi bahan bakar 8,3 - 9 km/liter (dalam kota) 13,4 km/liter (luar kota)
Transmisi CVT with Earth Dreams Technology
Sistem Penggerak Front-Wheel Drive
Dimensi Honda Odyssey 2020
Dimensi (PxLxT) 4.840 x 1.820 x 1.695 mm
Wheelbase 2.900 mm
Ground Clearence 150 mm
Kapasitas Tangki Bensin 55 L
Kaki-kaki dan Suspensi Honda Odyssey 2020
Suspensi Depan / Belakang MacPherson Strut / Torsion Beam
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc / Solid Disc
Pelek/Ban 215 / 55 R17

Kehadiran Honda Odyssey dimulai di generasi sejak generasi pertama, yang dijual sejak 1994-2000 melalui Importir Umum (IU). Kala itu Odyssey bisa lansung diteima masyaraat karena pilihan MPV yang cukup terbatas.

Honda Odyssey masuk ke Indonesia lewat Importir Umum (IU).

Memasuki milenium baru tepatnya tahun 2000, New Odyssey berganti model jadi sedikit lebih modern dibandingan pendahulunya. Model ini juga lebih populer dari pendahulunya, dan kehadirannya di Inonesia masih melewati IU, dan dijual sampai 2003.

Perubahan lebih dramatis hadir di generasi ketiga dengan kode body RB yang launching tahun 2003 dalam empat varian berbeda, yakni S, M, L dan Absolute yang hadir dengan interior serba hitam. Semua varian memakai mesin 2,4 liter dengan transmisi CVT yang baru pertama kali hadir di mobil itu.

Honda Odyssey generasi ketiga cukup populer

Punya desain body yang lebih cantik dengan tongkrongan mobil yang rendah untuk ukuran sebuah MPV, Odyssey jadi primadona, dan cukup laris di kalangan IU ketika dijual antara tahun 2003 sampai 2008.

Kesuksesan New Odyssey generasi ketiga membuka mata Honda Indonesia yang menghadirkan sang suksesor, Odyssey generasi keempat yang launching tahun 2008.

Di generasi ini hadir fitur yang cukup menarik, di mana bangku baris ketiga bisa dilipat secara elektrik. Selain itu, desain dasbornya juga mendapat sedikit perubahan yang membuatnya lebih modern. Model ini dijual sampai 2013.

Honda Odyssey generasi kelima rilis tahun 2014

Pada September 2013, Honda memperkenalkan Odyssey generasi kelima yang diplot sebagai pengganti MPV bongsor Elysion yang stop produksi di saat bersamaan. Tahun 2018, model ini mendapatkan facelift dan masih dijual sampai saat ini.

Dibanderol Rp 700 juta-an, apakah Honda Odyssey bisa jadi alternatif menarik dari Toyota Alphard yang sangat populer? Simak review yang disusun redaksi Autofun berikut ini.

Eksterior

Kita mulai dari eksterior dulu, Honda Odyssey 2020 tampil lebih sporty dengan desain bumper baru yang disebut Honda sebagai lower garnish. Kesan mewah hadir dengan aksen krom yang cukup dominan di bagian depan, meski masih dalam tahap wajar sehingga tidak terlihat norak.

Desain fascia Honda Odyssey 2020 terlihat sangat dinamis

Ubahan lain dari model facelift adalah pemasangan lampu kabut LED yang diplot secara horizontal. Selain itu, model lampu depan juga dibuat lebih dinamis dengan LED projector, di bagian bawahnya Anda menemukan lampu Daytime Running-Lights (DRL).

Pindah ke samping, ubahan paling kentada ada di velg yang kini memakai desain seperti jari-jari dengan ukuran 17 inci. Selain itu, hadir juga aksen krom tipis di side skirt, dan memanjang ke tepian bumper belakang.

Ubahan di bagian belakang tidak terlalu banyak

Pindah ke bagian belakang, ubahannya juga tidak terlalu banyak dengan model lampu combination dengan LED sudah dipakai sejak pre-facelift. Hal baru di sini ya lagi-lagi garnish, kali ini melingkari plat nomor polisi.

Interior

Sebagai MPV besar, Honda New Odyssey 2020 hadir dengan kemewahan dan kenyamanan sebagai fokus utamanya. Mulai dari interior full-black yang memberi kesan elegan, sampai penggunaan material berkualitas di bagian kursi dan doortrim, serta armrest depan dan headrest baris kedua yang meningkatkan kenyamanan dalam kabin.

Kabin Honda Odyssey 2020

Desain dasbor yang ergonomis memudahkan pengemudi menjangkau tuas transmisi dan tombol pengoperasian lainnya. Selain itu, pengaturan AC juga sudah digital dengan tri-zone, ya walaupun sedikit menyulitkan dalam pengoperasiannya.

Untuk head unit, New Odyssey sudah memakai layar touchscreen 7 inci yang sudah mendukung konektivitas USB, HDMI, Bluetooth, dan sudah support iPod dan iPhone. Well, mungkin akan lebih baik jika sudah support Apple CarPlay atau Android Auto sih.

Kabin Odyssey baru yang terlihat cukup modern

Tempat terbaik di Honda Odyssey adalah dua buah captain seat di tengah. Dengan kabin yang sangat luas, Anda bisa duduk dengan sangat nyaman bermodalkan headrest yang lebih besar dengan mode otoman (sandaran kaki). Ya, meski cuma bisa diatur secara manual.

Dan jika Anda menginginkan pengalaman ala first-class pada Honda Odyssey, Anda bisa melipat bangku ketiga yang bisa dibuat rata lantai dan memundurkan bangku sampai ke belakang pillar-B yang membuat leg room baris kedua jauh lebih lega.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa merebahkan kursi tersebut dengan posisi yang sangat rebah. Kami sudah mencoba duduk di baris keduanya, dan itu adalah pengalaman yang sangat menarik.

Kursi baris kedua Odyssey 2020 bisa dimundurkan sampai jauh

Kenikmatan di baris kedua semakin ditunjang rear-seat entertainment yang dapat dikontrol dengan remote, dan bisa mengambil input dari layar depan atau HDMI di baris ketiga mobil.

Soal kepraktisan, New Honda Odyssey juga cukup impresif. Untuk model terbaru, hadir console box yang semakin melengkapi tempat menaruh barang yang sudah cukup lengkap. Mulai dari Glove Box, Center Console lift-up tray, sunglasses holder, drink holder di ketiga baris, dan lainnya. Lebih dari itu, hadir juga port USB, HDMI, sampai power outlet 12V yang tersebar di ketiga baris mobil.

Ketika bangku baris ketiga dibenamkan, kapasitas bagasinya jadi sangat luas

Kapasitas bagasi Honda Odyssey juga terhitung impresif, saat ketiga kursi didirikan masih ada ruang cukup dalam untuk menaruh koper atau barang bawaan Anda. Dan setelah kursi ketiga dilipat, bagasinya jadi lebih luas dan rata lantai.

Fitur Keselamatan

Sebagai mobil berharga Rp 700 juta-an, fitur keselamatan Honda Odyssey sudah sepantasnya lengkap. Mulai dari airbag 6 buah (depan, samping, dan tirai), tujuh buah seatbelt dengan reminder untuk penumpang depan, ISOFIX, sampai emergency stop signal.

Enam buah airbag hadir sebagai standar

Rem ABS dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) juga hadir sebagai standar di sini. Dan untuk memberi keamanan ekstra saat berkendara, hadir juga fitur seperti Vehicle Stability Assistant (VSA), Active Cornering Lights, Hill Start Assist, Blind Spot Information dan Cross Traffic Monitor, sampai Multi View Camera Assist.

Ada satu fitur keren di Honda New Odyssey 2020, yakni smart parking assist system yang dapat membantu parkir dengan mengambil alih kemudi mobil saat akan parkir pararel ataupun di tempat yang sempit.

Fitur smart parking assist ala Odyssey

Mengandalkan multi-camera view assist, Anda bisa memilih parkir mana yang akan dituju lewat layar head unit. Setelah memilih posisi parkir, mobil Honda Odyssey secara otomatis mengambil kendali atas setir, alhasil pengemudi cuma perlu mengendalikan gas/rem mobil dengan posisi persneling saja.

Mesin

Honda mempertahankan mesin 2.4 liter yang ditambahkan fitur Drive-by Wire

Honda Odyssey mengandalkan mesin inline-4 2.4L, i-VTEC DOHC, 16 Valve dengan teknologi Drive by Wire. Mesin ini menghasikan tenaga maksimal 175 PS diputaran mesin 6.200 RPM. Untk torsi maksimalnya berada di 225 Nm pada putaran mesin 4.000 RPM.

Performa dan Handling

Tenaga seperti ini dapat membawa mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik, tidak terlalu buruk untuk sebuah MPV Bongsor. Namun, yang menarik justru adalah bagaimana impresi berkendara mobil ini.

Dibandingkan MPV besar lainnya, Odyssey punya feeling berkendara yang paling impresif

Secara posisi duduk, Honda Odyssey sudah sangat ideal. Apalagi dengan setir yang bisa diatur posisinya secara tilt ataupun telescopic. Kaca yang sangat besar juga memberikan visibilitas berkendara yang sangat ideal.

Menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dan Torsion Beam di belakang, Honda Odyssey 2020 punya karakteristik pengemudian yang sangat impresif. Meski bodynya sangat bongsor, handling mobil teras tajam dan cukup stabil layaknya. Namun, hal ini berdampak pada karakteristik suspensi yang dirasa tidak seempuk dan senyaman Toyota Alphard.

Konsumsi BBM

Sebagai sebuah MPV besar, tentu konsumsi bahan bakar Honda Odyssey tidak seirit mobil kebanyakan. Namun, jika dibandingkan model sejenis, Odyssey punya angka yang cukup impresif.

Untuk penggunaan dalam kota, rata-rata konsumsi bensin berada di kisaran 8,3 km/liter, atau 9 km/liter jika memakai mode ECON. Untuk penggunaan mobil di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi bensinnya jauh lebih irit dengan catatan 13,4 km/liter.

Video

Kesimpulan

Honda Odyssey 2020 merupakan sebuah MPV besar yang bisa hidup di dua dunia. Anda bisa membawa mobil ini dengan sensasi layaknya sedan, atau bisa menggunakan supir dan menikmati kursi baris kedua yang sangat impresif.

Punya value-for money yang sangat baik serta pengemudian terbaik di kelasnya, Honda Odyssey akan sayang jika dilewatkan

Apalagi dengan harga Rp 700-an juta yang jadi salah satu MPV besar paling murah, mobil Honda Odyssey ini bisa menghadirkan value for money lebih baik dibandingkan mobil lain di kelasnya.

Apakah mobil New Odyssey ini layak dipinang? Well, bagi penulis, Honda Odyssey akan jadi model pertama yang masuk list ketika mencari sebuah MPV besar. Bagaimana dengan Anda? Tulis komentar di bawah ini ya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Odyssey

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All new 2020 Honda ODYSSEY

2021 HONDA ODYSSEY HYBRID, Interior, Exterior

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Odyssey
Lihat