Mengetahui Kehebatan Mesin Diesel Honda WR-V 

Honda WR-V sudah sukses eksis di India dan Brazil. Compact crossover ini cukup menyta perhatian dunia saat debutnya pada beberapa tahun lalu. Kini publik Indonesia penggemar Honda tengah dilanda rasa penasaran karena mobil ini tak kunjung meluncur.

Mulai dari jenisnya sebagai compact crossover, berbagai fiturnya yang menarik, mesin WR-V juga cukup menyita perhatian. Khususnya WR-V versi India yang tersedia dalam mesin diesel.

Pasalnya WR-V merupakan sebuah mobil baru yang berbasis dari Honda Jazz. Sepertinya cukup sulit mencari negara yang menjual Jazz dengan opsi mesin diesel.

Nah, bagaimana mesin berbahan bakar solar ini memberikan performa terbaiknya pada body WR-V versi India? Untuk menjawabnya kita perlu mlihat data spesifikasi WR-V diesel di situs resmi Honda India.

Tertulis pada situs resmi Honda India, terdapat dua varian WR-V bermesin diesel. Jika kita familiar dengan mesin i-VTEC di Indonesia, dapur pacu tersebut berteknologi i-DTEC, kepanjangan dari Intelligent Diesel Technology Electronic Control.

Walau sama-sama berkapasitas 1.500 cc, ternyata mesin i-DTEC Honda WR-V India ini tergolong rendah. Mesin ini hanya mampu merilis tenaga tak sampai 100 PS. Kendati demikian, torsinya cukup tinggi khas mesin diesel pada umumnya. Tercatat torsinya bisa menyentuh 200 Nm.

Dibanding Honda Jazz yang dijual di Indonesia bermesin 1.500 cc i-VTEC, kurang seimbang. Tenaga Jazz di angka 120 PS, sedangkan torsinya hanya 145 Nm.

Namun ada satu hal yang cukup krusial dan jadi kelemahan WR-V diesel di India ini. Yakni tiadanya pilihan transmisi otomatis. Padahal Jazz terkenal akan transmisi berteknologi CVT yang cukup presisi dan halus.

Klaim Keunggulan Mesin Diesel

Mesin 1.498 cc i-DTEC milik WR-V tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Dalam klaim yang tertulis di situs resmi Honda India, padu padan mesin diesel dengan transmisi manual ini dapat menghasilkan konsumsi BBM 23,7 km/liter.

Selain kehematan BBM yang cukup baik, Honda juga mengklaim bahwa mesin diesel ini cukup ramah lingkungan. Mesin i-DTEC disebut memenuhi standar emisi EURO 5 berkat catalytic converter yang tidak dimiliki oleh varian mesin lainnya. 

Catalyc converter ini kemudian membantu mereduksi Nitrogen oksida (NOx) pada sistem saluran pembuangan (exhaust) pada temperature 200 hingga 300 derajat Celcius, yaitu suhu rata-rata pembakaran sebuah mesin diesel pada umumnya.

Kesimpulan

WR-V bermesin diesel i-DTEC memang cukup menarik. Tipikal mesin diesel yang unggul dalam sisi torsi tentu harusnya memperkuat karakter crossover yang siap melibas berbagai medan jalan.

Sayangnya mesin penenggak solar ini peminatnya tak seheboh tipe bensin. Jika Honda Indonesia hendak memasukkan WR-V varian diesel tentu tak bisa ikut-ikutan India yang tak menyediakan transmisi matic. Siapa yang rela membeli WR-V bermesin diesel dengan transmisi manual?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya a...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda WR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 248,00 Juta
Rp 5,05 Juta/bln

9.027 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V E 1.5

Rp 250,00 Juta
Rp 5,09 Juta/bln

28.269 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Beli Honda WR-V!

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    WR-V vs Almaz
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    WR-V vs XL7
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    WR-V vs Rush
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    WR-V vs Raize
  • Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    WR-V vs Terios
Honda WR-V
Lihat