Tak salah jika Peugeot membawa 3008 varian baru ke Indonesia. Harga Peugeot 3008 Allure Plus memang tak murah, tapi semuanya terbayarkan dengan tampilan elegan, mesin yang responsif dan bertenaga, serta berbagai fitur anyar milik Peugeot yang ditawarkan.
Model | Harga |
---|---|
Peugeot 3008 Allure Plus | Rp690.000.000 |
Mesin | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 1.6T Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) 4-silinder DOHC VVT | |
Kapasitas Silinder | 1.598 cc | |
Tenaga Maksimal | 168 PS/6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 240 Nm/1.400 rpm | |
Transmisi | 6-percepatan otomatis dengan Quickshift Technology | |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive | |
Sistem Bahan Bakar | Electronic Multi Point Fuel Injection | |
Dimensi | ||
Panjang x Lebar x Tinggi | 4.510 x 1.850 x 1.662 mm | |
Jarak Poros Roda | 2.730 mm | |
Ground Clearance | 220 mm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Independent with MacPherson axle | |
Suspensi Belakang | Semi-independent wheels | |
Rem Depan | Ventilated Disc | |
Rem Belakang | Solid Disc | |
Tipe Ban | 225/55 R18 | |
Velg | 18 inci |
Pada awal tahun 2020 lalu, mobil baru Peugeot 3008 Allure Plus akhirnya diperkenalkan bersamaan dengan kehadiran Peugeot 5008 terbaru di Indonesia. 3008 merupakan bagian dari lini produksi SUV kompak Peugeot yang pertama kali meluncurkan pada Mei 2008 di Dubrovnik, Kroasia.
Meski awalnya memiliki gaya yang nyentrik, 3008 dikembangkan sebagai jajaran terlaris Peugeot secara global. Mobil Peugeot 3008 mendapatkan berbagai pujian dari majalan otomotif dunia. Termasuk penghargaan Car of the Year pada tahun 2010 di Inggris dan Irlandia.
Desain awalnya bisa dibilang tak terlalu mengesankan dengan basis platform PSA PF2 milik Peugeot. Ada banyak pilihan mesin yang tersedia untuk pasar global; mulai dari mesin bensin 1.2L dan 1.6L, serta mesin diesel 1.6L dan 2.0L.
3008 generasi pertama bahkan sudah meluncurkan edisi tenaga hibrida dengan nama 3008 Hybrid3. Meluncur pada Februari 2012 secara global, Hybrid4 merupakan mobil bertenaga hibrida listrik diesel produksi massal pertama di dunia.
Generasi kedua 3008 diperkenalkan pada Mei 2016 dan debut perdana pada Paris Motor Show. Desainnya membuat 3008 bersaing di SUV segmen C. Selain tampilan anyar, peningkatan pada model baru ini berupa iCockpit terbaru milik Peugeot.
3008 akhirnya dibawa ke Indonesia pada tahun 2018 silam dengan semua kemewahan dan fitur baru milik Peugeot. Termasuk instrument kluster 12,3 inci yang dapat disesuaikan dan menjadi fitur standar bagi semua model 3008 yang dipasarkan secara global.
Setelah kehadiran Peugeot 3008 GT Line, Peugeot Indonesia akhirnya menambah varian baru yang dipasarkan dengan nama Allure Plus. Simak lebih lanjut semua peningkatan yang ditawarkan melalui review Peugeot 3008 Allure Plus 2020 di bawah ini.
Peugeot yang berasal dari Negara Mode, Prancis, tentu saja memiliki kesan tersendiri terhadap gaya dan desain. Inilah yang menjadi awal dari kehadiran Peugeot 3008; bergaya elegan dari luar hingga ke dalam dengan desain sensual khas Peugeot.
Dari depan, detail chrome pada grille dipadukan dengan lampu depan berteknologi LED menghadirkan tampilan yang ramping dan dinamis. Bisa dilihat bagaimana lekukan pada fasia depan tak terlalu tegas, membawa kesan sensual ketika pertama kali bertemu dengan mobil ini.
Beralih ke bawah, desain bumper dibuat sporty dengan perpaduan aksen hitam dan chrome pada lampu kabut yang terletak pada kedua sisi depan. Kesan gagah khas SUV dipertegas dengan kehadiran skid plate berwarna silver di bagian bawah.
Siluet 3008 yang mengesankan menawarkan guratan yang dinamis dari depan hingga garis bahu dengan tampilan maskulin. Tak banyak gimmick, hanya ada sedikit aksen silver pada bagian bawah pintu dengan spion berwarna hitam yang kontras dengan bodi.
Tak hanya ditujukan untuk perjalanan perkotaan, 3008 juga tangguh ketika dibawa di jalanan yang bergelombang berkat ground clearance yang terbilang tinggi, mencapai 220 mm. Desian sampingnya dipertegas dengan kehadiran velg 18 inci yang membuatnya terkesan kekar dari samping.
Desain tajam berlanjut hingga eksterior belakang. Ditambah atap berwarna Black Diamond bersanding dengan panel belakang berwarna hitam gloss yang menggabungkan pencahayaan LED pada lampu belakang dengan efek cakar khas Peugeot.
Yang terbaru pada Allure Plus merupakan sistem Motorised Tailgate yang terdapat pada pintu belakang. Menggunakan fitur smart electric tailgate, hanya dengan gerakan kaki di bagian bawah eksterior belakang akan membuat pintu bagasi terbuka. Cukup efisien ketika membawa banyak barang.
Kesan mewah lagi-lagi bisa langsung dirasakan pada tampilan interior Peugeot 3008 Allure Plus ini. Material soft touch dengan lapisan kulit serta aksen aluminium pada dashboard memperlihatkan kesan futuristik di dalam kabin.
Layar sentuh 8 inci bergaya floating menghiasi tampilan dashboard. Berbagai fitur dalam mobil Peugeot 3008 ini bisa didapatkan di dalamnya, termasuk kontrol iklam dual zone otomatis, radio, hingga kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto.
Pada konsol tengah, terdapat Efficient Automatic Transmission (EAT6) dengan Quickshift Technology, membawa desain yang ergonomis bagi pengemudi. Tampilannya mengesankan dengan perpaduan material kulit, krom satin, dilengkapi warna piano black.
3008 terbaru juga mendapatkan sistem Peugeot i-Cockpit Amplify dengan boost driving mode. Sistem ini akan membantu pengemudi menyesuaikan lingkungan di dalam kabin hanya dalam satu gerakan. Tambahan lainnya termasuk sistem GPS Built-in yang membantu navigasi sepanjang perjalanan.
Beberapa tombol menghiasi setir multifungsi yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai fitur, termasuk radio, kontrol iklim, hingga telepon. Setir dibuat kompak dengan layar sentuh multifungsi berukuran 12.3 inci dengan konektivitas multimedia akan memperlihatkan berbagai catatan selama berkendara.
Berlapis kulit, sistem jok depan dan belakang terasa nyaman digunakan. Bangku pengemudi dan penumpang depan Peogeot 3008 sudah mendapatkan pengaturan elektronik. Sehingga tentu saja memudahkan ketika menginginkan posisi berkendara yang pas untuk pengemudian.
Namun untuk menampilkan kesan lapang di dalam mobil, fitur anyar dari Allure Plus termasuk Panoramic Sunroof yang bis amembuka hingga 16 inci menjadi daya tarik tersendiri pada mobil ini. Tirai rol elektris juga disediakan dengan ambient light pada panel kaca.
Ada 591 liter ruang penyimpanan di belakang. Tak terlalu sempit dan bisa ditambah jika membutuhkan ruang tambahan. Hanya dengan satu sentuhan, fungsi ‘Magic Flat’ membuat kursi belakang direbahkan dan memberikan kapasitas penyimpanan hingga 1.670 liter di belakang.
Dengan harga yang tak tak bisa dibilang murah, tentu saja Peugeot bersiap dengan segala perlengkapan keselamatan yang ditanamkan pada mobil ini. Fitur Peugeot 3008 menawarkan berbagai sistem bantuan berkendara yang membuat pengendaraan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Mulai dari sistem bantuan parkir depan dan belakang, kamera belakang 180 derajat, serta Lane Departure Warning, fitur baru bagi Peugeot 3008 Allure Plus yang menjadi senjata ketika berkendara di jalanan. Begitu pula dengan tambahan Hill Start Assist yang memudahkan ketika melewati jalanan menanjak.
Kenyamanan di dalam kabin pun terasa mengingat 3008 mendapatkan platform High Strength Structure EMP2 dengan berbagai fitur keselamatan pasif, semisal 6 airbag yang tersebar di dalam kabin hingga speed limit recognition system yang mendeteksi ketika mobil melebihi kecepatan yang sudah ditentukan.
Bukan hanya bangga akan fitur yang ditawarkan, Peugeot tak ketinggalan memamerkan mesin yang digunakan pada SUV Peugeot 3008. Mesin THP 1.6L terbaru sudah memenangkan berbagai penghargaan di luar negeri, klaim Peugeot.
Mesin bertenaga maksimal 168 PS dan torsi puncak mencapai 240 Nm ini menggabungkan sistem injeksi langsung bertekanan tinggi dengan teknologi turbocharger. Menghasilkan mobil yang bertenaga di jalanan tapi tetap hemat dan irit bahan bakar.
Dengan mesin 1.6L bertenaga turbo, bisa dipastikan bagaimana Peugeot menawarkan pengendaraan yang bertenaga bagi pengemudi 3008. Apalagi bobot 3008 yang tidak terlalu besar, tercatat hanya 1.3 ton, membuatnya dengan mudah mendapatkan percepatan yang dibutuhkan.
Berdasarkan catatan yang diberikan Peugeot, torsi puncak 240 Nm sudah bisa didapatkan pada putaran 1.400 rpm di awal. Menegaskan bagaimana 3008 mampu menghadirkan pengendaraan dan mesin yang responsif ketika dibawa berkendara.
Begitu pula dengan tenaga puncak 167 PS yang ditawarkan pada mobil ini. Membuat 3008 bisa mencapai kecepatan tertinggi pada angka 206 km/jam tanpa kesusahan. Tidak terlalu kencang, tapi cukup menyenangkan ketika harus dibawa dalam kecepatan kencang.
Dengan beragam fitur yang ditawarkan, pengendaliannya dibuat semakin mudah. Terutama dengan sistem Lane Keeping Assist yang membantu mobil berada di dalam jalurnya. Ada juga mode sport yang membuat mesin menghadirkan tenaga maksimalnya ketika berkendara.
Ditambah dengan Advanced Grip Control memberikan pilihan mengemudi yang bisa diakses melalui tombol putar pada konsol tengah. Sistem Hill Assist Descent Control (HADC) pada Peugeot 3008 yang baru bertugas mengoptimalkan pengendalian di lereng yang curam.
Kenyamanan di dalam kabin semakin nyaman dengan suspensi MacPherson di depan dan Semi-independent di belakang. 3008 juga bisa dibilang menawarkan handling yang cukup baik, mengingat dimensi mobil ini bisa dibilang ‘menengah’ untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang dinamis.
Mengingat merek Peugeot di pasar otomotif Indonesia bisa dibilang tak terlalu kuat dibandingkan model pabrikan Jepang maupun Jerman, tapi 3008 memberikan pengendaraan dan kemampuan yang baik, terlebih pada bidang efisiensi dan konsumsi bahan bakar.
Dengan penggunaan teknologi baru Peugeot pada mesin, 3008 diyakini memiliki efisiensi yang baik meskipun sudah memberikan performa yang tinggi ketika berkendara. Peugeot mengklaim kinerja besar yang dilepaskan oleh SUV 3008 ini tetap setia dengan konsumsi bahan bakar yang mengesankan.
Peugeot mengklaim catatan rata-rata konsumsi bbm Peugeot 3008 adalah 6.5 liter setiap 100 km, atau dikonversikan menjadi 15.6 km/L. Konsumsi ini memang tak sebaik mobil Low Cost Green Car (LCGC), tapi cukup hemat untuk sekelas SUV berkinerja tinggi.
Dengan lebih dari 35 penghargaan internasional, Peugeot 3008 yang dibawa ke Indonesia menghadirkan tampilan yang mengesankan dengan berbagai fitur menarik khas Peugeot. Intip video Peugeot 3008 di bawah ini.
Peugeot memang bukan pabrikan yang populer di Indonesia. Namun, jangan salah dengan kehadiran Peugeot 3008 Allure Plus yang memesona. SUV asal Prancis ini sesuai dengan gaya ‘Kota Mode’ yang sensual dan stylish dari dalam hingga luar.
Sayangnya, harga yang cukup tinggi dibandingkan pesaingnya serta ketersediaan dealer Peugeot yang belum merata masih menjadi sedikit penghalang untuk mendapatkan mobil ini. Membuat harga Peugeot bekas cukup fluktuatif di pasaran.
Tapi kenyamanan di dalam mobil serta mesin yang bertenaga bisa dibilang daya tarik tersendiri bagi mobil ini. Bagi mereka yang ingin menawarkan kesan bergaya nan berbeda dibandingkan model pasaran di Indonesia, 3008 Allure Plus bisa dijadikan alternatif yang memanjakan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5
35.681 km
3 tahun
Jakarta
2018 Mazda CX-9 2.5
53.282 km
5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten