Persaingan perusahaan otobus (PO) AKAP di rute Medan-Banda Aceh PP terbilang ketat. Namun penumpang di rute gemuk tersebut menuntut kondisi bus yang nyaman dan tak jarang fanatik terhadap sasis premium.
Hal ini yang membuat PO-PO di rute tersebut gencar menghadirkan armada terbaru dengan sasis premium dari brand Eropa. Salah satunya PO Harapan Indah yang unit terbarunya mampir ke ajang Busworld Southeast Asia 2022 pekan lalu di JIEXpo, Jakarta.
Armada itu disebut sebagai sleeper bus perdana di ujung barat Sumatera. Bukan hanya itu, banyak hal menarik yang bisa diulik dari bus PO Harapan Indah tersebut. Mulai dari layanan, bodi hingga pemilihan sasis bus yang terbilang punya banyak penggemar di jalur tersebut.
Baca Juga: Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia
Jika PO Harapan Jaya jadi konsumen pertama pengguna bodi bus tingkat Avante D2, maka pemilik nama 'Harapan' lainnya jadi pemakai bodi Avante H9 Priority perdana. Yup, status PO Harapan Indah bukan hanya pembuka kelas sleeper bus perdana di rute Medan-Banda Aceh.
Pasalnya PO Harapan Indah juga hadir sebagai pengguna perdana dari bodi berjuluk Avante H9 Priority garapan karoseri Tentrem, Malang. Bodi ini punya dimensi panjang 12,8 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,9 meter.
Dengan ukuran tersebut, bus PO Harapan Indah bisa menampung hingga 22 penumpang dengan konfigurasi seat rebahan ala kapsul hotel. Oiya, terkait ukuran panjang tiap seat, dua baris di depan, atau 4 bangku terdepan disebut jadi yang paling lega.
Ukuran seat di depan ini cocok untuk pemilik tinggi di atas 175 cm, karena dimensi kapsul yang panjang. Meski demikian, fasilitas yang disediakan tiap seat tetaplah sama.
Baca Juga: PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP
Mulai dari fitur entertainment yakni TV LED, Wifi serta port usb. Serta pengaturan kemiringan jok yang masih manual berupa tuas di sisi kiri. Ada juga toilet di bagian tengah bus. Tepatnya di sisi kiri bawah, dekat pintu keluar.
Sebelumnya, segmen bodi sleeper bus dipelopori oleh karoseri Laksana lewat Legacy SR2 Suites Class di tahun 2019 silam. Kemudian diikuti bodi dari Adi Putro yang berjuluk Jetbus 3 Dream Coach.
Baca Juga: Daihatsu Gran Max Versi Toyota Bakal Hadir di Thailand, Juga Pakai Mesin 1.5L 2NR-VE
Penumpang bus jurusan Banda Aceh-Medan dikenal sebagai penggemar sasis premium. Di sana armada yang digunakan rata-rata dari pabrikan Eropa, seperti Scania, Volvo hingga Mercedes-Benz.
Nah, untuk itu PO Harapan Indah mengandalkan sasis Mercedes-Benz O500RS 1836 yang merupakan rakitan pabrik di Wanaherang, Indonesia. Bus yang kerap disebut 'OSOOR' itu memiliki keluaran tenaga hingga 360 PS dan sanggup mengangkut beban hinga 18 ton.
Panjangnya bisa dioptimalkan hingga 12,8 meter. Sedangkan penunjang kenyamanannya berupa suspensi udara tipe wide yang punya kemampuan angkut lebih baik.
Ciri khas yang kerap terlihat di bus-bus dengan sasis Mercedes-Benz O500RS 1836 adalah pintunya yang terletak di bagian tengah. Ini karena posisi salah satu peranti penting di bus tersebut kurang memungkinkan untuk dipasang pintu di bagian belakang.
Ini juga terlihat pada bus berkelir putih dengan livery merah andalan PO Harapan Indah tersebut.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta