Tata belum tamat! Ya meskipun sudah lama tak terdengar kabarnya, namun Tata Motors rupanya masih tetap eksis di Indonesia. Ini terbukti dari beberapa waktu lalu yang merilis pick up Tata Intra V20.
PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menghadirkan dua varian Tata Intra V20, yakni yang V20 tanpa AC seharga Rp159 juta dan V20 AC dihargai Rp169 juta. Namun untuk mesinnya, kedua varian ini pakai sumber tenaga serupa.
Yaitu mesin diesel 1.4-liter 4 silinder dengan Commonrail Turbocharger dan Intercooler. Tenaganya diklaim bisa mencapai 72 PS di 4.000 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada 1.800-3.000 rpm. Keduanya juga pakai sistem penggerak roda belakang (RWD) dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.
Tentunya Tata Intra tidak sendirian di segmen pick up ringan ini. Sebab ada juga penguasanya yaitu Suzuki Carry Pick Up dan Daihatsu Gran Max Pick Up (PU). Tapi diantara ketiga pick up ini, mana yang bisa menghasilkan cuan paling banyak?
Baca juga: Pick Up Diesel Terjangkau Tata Intra V20 Bisa Tenggak Bio Solar, Tapi...
Dari segi ukuran tubuh Tata Intra V20 terlihat paling besar dibanding Gran Max PU atau Carry PU. Pick up CBU India itu punya panjang 4.282 mm, lebar 1.639 mm dan tinggi 1.918 mm. Wheelbasenya sendiri mencapai 2.250 mm dengan ground clearance 170 mm.
Perbandingan Dimensi | |||
---|---|---|---|
Tata Intra V20 | Suzuki Carry | Daihatsu Gran Max | |
Panjang | 4.282 mm | 4.195 mm | 4.195 mm |
Lebar | 1.639 mm | 1.675 mm (Flat Deck) | 1.665 mm (STD) |
1.765 mm (Wide Deck) | 1.675 mm (3 Way) | ||
Tinggi | 1.918 mm | 1.870 mm (Flat Deck) | 1.880 mm (STD) |
1.910 mm (Wide Deck) | 1.920 mm (3 Way) | ||
Jarak sumbu roda | 2.250 mm | 2.207 mm | 1.650 mm |
Jarak ke tanah | 170 mm | N/A | 190 mm |
Ukuran ban | 165 R14 LT 8PR | 165/80 R13 | 175/R14C |
Mengenai ukuran kargonya, Intra mempunyai panjang 2.450 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 400 mm. Bak Intra V20 juga lebih tinggi dibandingkan Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry dan juga DFSK Super Cab sehingga mampu dimuati barang lebih banyak.
Tapi satu hal yang perlu diketahui, kargo Tata Intra belum menganut model 3-way yang dapat dibuka dari tiga arah, belakang, samping kanan dan kiri. Bak model 3-way sendiri berguna untuk memudahkan penggunanya saat menaikan atau menurunkan barang.
Perbandingan Dimensi Bak Kargo | |||
---|---|---|---|
Tata Intra V20 | Suzuki Carry | Daihatsu Gran Max | |
Panjang | 2.450 mm | 2.505 mm | 2.350 mm |
Lebar | 1.540 mm | 1.665 mm (Flat Deck) | 1.585 mm |
1.745 mm (Wide Deck) | |||
Tinggi | 400 mm | 360 mm (Flat Deck) | 300 mm (STD) |
425 mm (Wide Deck) | 360 (3 Way) | ||
Daya angkut | +/- 1.000 kg | +/- 1.000 kg | > 1.000 kg |
Baca juga: Losbak Diesel Termurah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tata Intra V20
Kini kita bandingkan soal mesinnya. Daripada Carry dan Gran Max, Tata Intra adalah light pick up yang bermesin diesel turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72 PS dengan torsi 140 Nm. Mobil ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian diarahkan ke penggerak roda belakang.
Adapun Suzuki Carry Pickup menggunakan mesin bensin K15B-C 1.5 liter bertenaga 97 PS dengan torsi 135 Nm. Sementara Daihatsu membenamkan dua versi mesin untuk Gran Max PU. Ada yang pakai mesin K3-DE 1.3 liter 88 PS dengan torsi 115 Nm. Lantas ada pula Gran Max 1.5 yang pakai mesin 2NR-VE bertenaga 97 PS dengan torsi 134 Nm.
Perbandingan Mesin | ||||
---|---|---|---|---|
Tata Intra V20 | Suzuki Carry | Daihatsu Gran Max | ||
Tipe mesin | 1.4L diesel common rail turbocharger intercooler | 1.5L K15B-C | 1.3L K3-DE DOHC | 1.5L 2NR-VE DOHC Dual VVT-i |
Isi silinder | 1.396 cc | 1.462 cc | 1.298 cc | 1.496 cc |
Daya maksimum | 72 PS / 4.000 rpm | 97 PS / 5.600 rpm | 88 PS / 6.000 rpm | 97 PS / 6.000 rpm |
Torsi maksimum | 140 Nm / 1.800-3.000 rpm | 135 Nm / 4.400 rpm | 115 Nm / 4.400 rpm | 134 Nm / 4.400 rpm |
Kalau melihat data ini maka mesin Tata Intra ternyata yang paling kecil tenaganya, namun punya torsi terbesar. Itu khas mesin diesel yang memang besar di torsi.
Tentu ini jadi poin tambahan mengingat dengan torsi besar maka akselerasi mobil bisa lebih cekatan apalagi kalau membawa banyak muatan.
Sekarang waktunya membandingkan terkait banderol dari ketiga mobil ini. Untuk harga Tata Intra V20 ternyata masih lebih murah dari harga Suzuki Carry pickup. Tapi harga Intra sedikit lebih mahal dari harga Daihatsu Gran Max PU.
Perbandingan Harga | |||||
---|---|---|---|---|---|
Tata Intra V20 | Suzuki Carry | Daihatsu Gran Max | |||
Tipe | Harga | Tipe | Harga | Tipe | Harga |
Intra V20 | Rp159.000.000 | Flat Deck | Rp161.600.000 | 1.3 STD | Rp151.500.000 |
Intra V20 AC | Rp169.000.000 | Wide Deck | Rp162.600.000 | 1.3 3 Way | Rp151.500.000 |
Flat Deck PS | Rp170.200.000 | 1.5 STD | Rp157.500.000 | ||
Wide Deck PS | Rp171.200.000 | 1.5 3 Way | Rp157.500.000 | ||
1.5 PS AC | Rp164.600.000 |
Jika melihat spesifikasi teknisnya, Tata Intra V20 dan V20 AC memang menarik. Pasalnya dengan harga terjangkau, ia punya ukuran bak bisa menampung lebih banyak muatan. Selain itu torsi mesin dieselnya juga lebih besar.
Namun kalau bicara kendaraan niaga, tentu banyak hal yang patut dipertimbangkan. Termasuk keberadaan jaringan purna jual. Disini Tata harus pasrah mengingat dealer resmi Tata Motors tak sebanyak Suzuki atau Daihatsu. Jadi pilih yang mana?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta