4 Hal Merepotkan Berkendara Mobil Setir Kiri di Indonesia Saat Ini, Pernah Mengalami?

Indonesia menganut konfigurasi setir kanan untuk mobil. Namun demikian, ada sebagian kecil mobil khususnya peninggalan sebelum kemerdekaan atau mobil CBU Eropa dan Amerika yang memakai konfigurasi setir kiri. Tentunya ada beberapa kebiasaan yang mesti kita sesuaikan saat mengemudikan mobil setir kiri.

Awal mula Indonesia pakai aturan setir kanan karena peninggalan Inggris selama perang Napoleon dan kebiasaan berlanjut ketika Belanda datang balik menduduki Jawa dan pulau lain akhirnya terus dipakai sampai sekarang.

Mobil setir kiri masih bisa kita jumpai terutama di kalangan penghobi yang masih memakai mobil lawas atau memakai kendaraan bekas militer yang sudah dilepas untuk kalangan sipil. Sebagai contoh yaitu Jeep Willys keluaran di bawah 1945. Mungkin mesinnya sudah ada yang diganti dengan mesin mobil lain, tapi secara konfigurasi setir umumnya masih mempertahankan posisi di sebelah kiri.

"Dalam penggunaan nggak masalah bila jalanya satu arah, tapi dijalan dua arah akan sedikit kendala bila akan menyalip kendaraan didepan kita karena kita tidak bisa melihat mobil dari arah yang berlawanan," tulis Widijo Satmoko dalam forum Quora.

Sebagai gambaran, bila kita mengendarai mobil setir kanan maka untuk menggeser tuas transmisi saat perpindahan gigi memakai tangan kiri. Sementara itu, bila kita mengendarai mobil setir kiri maka perpindahan gigi memakai tangan kanan. Untuk posisi pedal gas, kopling dan rem masih sama untuk setir kiri atau kanan.

Lantas, apa saja hal merepotkan saaat kita mengendarai mobil setir kiri di zaman sekarang? Simak penjelasannnya berikut ini.

1. Nyetir Mobil Setir Kiri Sulit Menjangkau Loket Parkir atau Gerbang Tol

Hal pertama yang cukup menjengkelkan dan pasti merepotkan bila kita sedang mengendarai mobil setir kiri di Indonesia ialah saat harus bayar parkir atau tol. Pasalnya, gardu parkir atau tol ada di sebelah kanan kendaraan. 

Kalau kita sedang berkendara berdua mungkin bisa minta bantuan orang yang duduk di kursi depan sebelah kanan. Hal merepotkan justru terjadi kalau kita sedang berkendara sendiri, kita butuh beranjak dari kursi jok untuk tap e-money. 

Bila sulit bergeser, mau tidak mau kalau mau parkir/bayar tol susah harus keluar mobil dulu. Proses pembayaran jadi agak lama dan pasti bakal membuat antrian untuk kendaraan yang menunggu di belakang.

2. Agak Sulit Menyalip di Jalan Dua Arah

Sudah dijelaskan di atas, hal repot lainnya yaitu ketika berkendara di jalanan dua arah. Saat kita butuh menyalip dan ambil jalur berlawanan maka ruang pandangan tidak leluasa untuk melihat posisi mobil dari arah yangg berlawanan.

Bila berada di tengah kemacetan, kita akan lebih sering melakukan manuver meliuk-liuk kanan kiri untuk memastikan kondisi di depan. Dalam situasi ini lebih mudah jika ada teman di kursi samping.

3. Beda Feeling Saat Ambil Haluan Mobil

Kita yang sudah terbiasa mengemudi di setir kanan pasti akan bingung bila posisi mengemudi setir kiri tapi di Indonesia. Misalnya saja saat akan putar balik di jalan yang macet, akan ambil haluan yang lebih jauh agar sudut sebelah kanan terlihat.

Bila berpapasan di jalan sempit, kita akan cenderung lebih geser ke kiri. Apalagi jika malam hari dengan lampu yang silau, kita akan lebih susah ketika berpapasan di jalan sempit.

4. Tangan Kanan Jadi Lebih Sibuk Untuk Oper Gigi dan Memakai Fitur Mobil

Karena beda sisi, kita tentu saja akan sedikit merasa kaku ketika memindah tuas transmisi. Jika biasanya menggunakan tangan kiri, maka sekarang menggunakan tangan kanan.

Tugasnya bertambah, mulai dari dipakai untuk menggeser tuas transmisi, menyetel AC, radio, dan tombol-tombol minor lainnya. Tangan kiri yang kurang kuat hanya digunakan untuk selalu memegang setir.

Impor dan Produksi Mobil Setir Kiri Sudah Dilarang Untuk Pasar Indonesia

Sejak dekade 70-an impor mobil LHD dilarang, kecuali mobil kedutaan dan operasional asing, atau untuk kejuaraan balap. Sebelumnya mahasiswa dan pekerja Indonesia di luar negeri diperbolehkan membawa pulang kendaraan yang mereka beli di negara-negara pemakai setir kiri. Itulah mengapa kebanyakan unit-unit yang kita lihat itu adalah peninggalan mereka atau eks kedutaan yang dijual kembali. 

Keran impor mobil setir kiri sudah dilarang tapi penggunaan mobil setir kiri masih diperbolehkan. Polisi tidak bisa asal menilangnya selama legalitas surat-suratnya masih lengkap. 

Lebih lanjut, terdapat aturan produksi SNI dimana kendaraan untuk bisa digunakan di Indonesia harus setir kanan. Jadi meski sama-sama produksi dalam negeri, Fortuner setir kiri 4000 cc belum tentu secara legal diizinkan untuk dijual di Indonesia.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil