Memasuki era 4.0 menuntut segala aktivitas bisa dilakukan secara virtual, termasuk mencari informasi seputar mobil baru. Untuk melayani konsumen secara digital, PT Honda Prospect Motor dan PT Telkom Indonesia Tbk berkolaborasi untuk mengembangkan Honda MetaWorld.
Ini berupa platform dunia virtual (metaverse) dimana penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Honda MetaWorld yang diperkenalkan di tahun 2023 ini menampilkan konsep kota Honda dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi di metaNesia pada tahun 2022 lalu.
Baca juga:
Cristiano Ronaldo Gabung Al Nassr, Gajinya Bisa Beli Honda BR-V Tiap 1 Jam
Terlihat Mirip, Honda WR-V 2023 Punya Karakter Berbeda dengan All New BR-V
Brio Satya dan BR-V, Mobil Honda Paling Banyak Dibeli di Indonesia
Layaknya pengalaman berkunjung ke dealer di dunia nyata, Honda MetaWorld kini menyediakan lebih banyak area yang bisa dieksplorasi para pengunjungnya termasuk Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area. Pengunjung juga dapat mengendarai mobil terbaru Honda WR-V secara virtual.
"Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama dari kalangan Gen Z. Sebagian besar yang menggunakan metaverse anak-anak muda, terutama Gen Z usia 9-24 tahun. Kita bisa melihat segmen ini merupakan suatu porsi yang terbesar dan ini untuk 10 tahun ke depan segmen potensial untuk industri dan otomotif di indonesia," ujar Yulian Karfili selaku Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor.
Kalangan Gen Z ini sebut Karfili dilihatnya sebagai salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan di masa depan. PT HPM sejauh ini telah memiliki Honda Brio yang ditujukan untuk konsumen pembeli mobil pertama.
"Terlihat dari data penjualan mobil Honda di Indonesia tahun 2021 hingga 2022, dimana Honda Brio terus menjadi model Honda dengan penjualan tertinggi yang mencapai sekitar 50% dari total penjualan Honda. Sebanyak 70% dari total konsumen Brio merupakan pembeli mobil pertama," beber Karfili.
Kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. Honda juga berencana untuk menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi.
"Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda, dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse. Untuk metaNesia ini bisa dinikmati di device standar, seperti android dan PC," tambah David Cuh Sihotang selaku Product Manager Telkom Indonesia.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta