Kemunculan Perodua Axia terbaru di Malaysia yang lebih dulu daripada Toyota Agya 2023 dan Daihatsu Ayla 2023 tentu menarik untuk dicermati. Pasalnya Axia merupakan kembaran Ayla-Agya di negara tetangga yang diproduksi oleh Perodua.
Walaupun selama ini tampilan Axia sedikit berbeda dengan Ayla apalagi Agya versi Indonesia, namun secara garis besar bisa sedikit menggambarkan bakal seperti apa Ayla-Agya generasi kedua. Nah yang menarik lagi, jika sisi luarnya masih tertutup kamuflase, maka tidak pada bagian interior Perodua Axia 2023.
Rekan kami di Malaysia melaporkan jika kabin mobil Perodua termurah ini sama sekali tidak tertutup stiker kamuflase. Alhasil, semua detil interiornya bisa terlihat dengan jelas.
Kalau melihat dasbor Perodua Axia 2023, sepintas memang mirip dengan Daihatsu Rocky di Indonesia. Tapi apa benar demikian? Kita coba teliti lebih detil ya.
Di Axia terbaru jelas pada lingkar kemudinya tak pakai logo Daihatsu, namun Perodua. Tapi keseluruhan desainnya terlihat sama dengan Rocky. Termasuk aksen silver dibagian tepi sisi tengahnya, serta bentuk dan posisi tombol-tombol steering switch.
Masih di sisi pengemudi, terlihat juga ada perbedaan di area meter cluster kedua mobil ini. Pada Axia tampak ada lipatan yang lebih tajam, sementara di Rocky lebih landai. Perbedaan lipatan dasbor ini juga terlihat pada bagian penumpang depan. Termasuk bentuk kisi-kisi AC utamanya yang ada di sudut dasbor, terlihat berbeda.
Lalu kalau diperhatikan, dasbor Axia terbaru juga punya garis lengkung, sementara di Rocky garisnya lebih lurus. Namun untuk headunit model floating, dan tombol AC, serta model tuas transmisinya masih sama.
Bedanya karena Axia pakai transmisi D-CVT, maka pilihan gear selectornya ada R, N, D, S, dan B. Sedangkan di Rocky ada opsi shift tronic.
Baca juga: First Drive Daihatsu Ayla 2023 Versi Malaysia, LCGC yang Naik Kelas
Kini kita bandingkan antara dasbor Daihatsu Ayla 2023 versi Malaysia dengan Xenia versi Indonesia. Ternyata perbedaannya jauh lebih banyak ketimbang milik Rocky.
Mulai dari setir misalnya, sepintas terlihat sama, padahal desain tombol klakson dibagian tengah pada Xenia bukan bulat seperti Axia. Kemudian bagian bawah setir yang berwarna silver, pada Xenia juga terlihat lebih tebal.
Yang beda lagi adalah dari meter cluster, karena pada Xenia masih berbentuk analog namun dilengkapi MID dibagian tengahnya. Sementara Axia mirip Rocky sudah full digital. Lantas desain kisi-kisi AC Xenia juga beda dengan Axia maupun Rocky.
Lipatan dasbor di bagian penumpang Xenia juag terlihat tak sama dengan kedua saudaranya. Bahkan ada tambahan aksen di Xenia, beda dengan Axia atau Rocky yang polos serta hanya ditambah warna silver.
Perbedaan lain terlihat ada pada konsol posisi tuas transmisi. Desain transmisinya memang sama dengan Rocky tapi Daihatsu mendesain kompartemen ini seakan menyatu dengan panel AC.
Baca juga: Review All-New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT A.S.A: Pilihan LMPV Paling Masuk Akal
Kemudian tombol Start/Stop Engine di Xenia juga pakai warna merah, bed dengan Rocky atau Axia yang hitam. Terakhir, di Xenia ada slot kecil untuk meletakkan kartu. Ini tidak ada di Axia maupun Rocky.
Jadi, masih sebut dasbor Daihatsu Ayla 2023 bakal sama dengan Rocky dan Xenia?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten