First Drive Esemka Bima 1.3 2023: Bikin Jantung Dag Dig Dug!

Pertama kalinya PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) ikut serta meramaikan gelaran otomotif IIMS 2023. Selain memajang pick up andalan Esemka Bima (Spesifikasi | Berita) 1.3, lewat ajang tersebut pihaknya juga memperkenalkan prototipe Esemka Bima EV yang terdiri dari varian minivan dan blind van.

Untuk diketahui Bima EV merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri yang dilengkapi baterai listrik Terany Lithium 49,1 kWh bertegangan 350,4 V. Baterai yang digunakan dapat menempuh jarak hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Kembali ke Esemka Bima 1.3, mobil niaga muatan ringan ini bukan cuma sekedar di pajang. Melalui gelaran ini pihaknya juga menyediakan satu unit tes drive yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk mengetahui bagaimana impresi berkendara dari Bima 1.3.

Melihat adanya kesempatan tersebut, kami penasaran dan ingin tahu bagaimana rasa berkendara dari mobil ini. Namun sayang, pada sesi tes drive kali ini kami hanya bisa melakukan pengujian secara singkat mengingat trek yang disediakan sangatlah terbatas. Ingin tahu bagaimana rasanya berkendara menggunakan mobil yang diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah ini? Simak terus ulasan berikut.

Baca juga: Bos Esemka Minta Stop Dihubung-hubungkan Dengan Jokowi, Ini Alasannya

Esemka Bima 1.3 Cukup Ergonomis

Pandangan mengemudi luas, Esemka Bima 1.3 ergonomis

Ketika berada di hadapan lingkar kemudi, kesan yang pertama kali kami rasakan bahwa mobil ini terasa cukup ergonomis. Mulai dari posisi setir yang pas, tombol fitur yang diletakan mengelompok dan berdekatan dengan pengemudi.

Mengenai bentuk dashboard, mobil ini dibuat lapang dan rata yang membuat pandangan mengemudi terasa luas. Pada center cluster terdapat sistem hiburan yang mendukung konektivitas radio serta USB. Tepat dibawahnya disematkan kotak laci penyimpanan terbuka serta AC dengan pengaturan beberapa arah semburan.

Bukan cuma itu, mobil ini pun dibekali lighter serta asbak yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh koin. Untuk tuas transmisi diletakan di antara pengemudi dan penumpang. Tepat di depan tuas transmisi terdapat dua buah cup holder, serta tambahan satu cup holder lain di belakang tuas hand brake.

Panel instrument Esemka Bima 1.3

Mengenai fitur yang ada pada panel instrument, selain speedometer dan tachometer, Bima 1.3 memperoleh layar MID dengan tampilan monokrom yang dapat menampilkan informasi seperti waktu, jarak tempuh, suhu, serta ketersediaan BBM.

Namun hal yang cukup disayangkan dari mobil ini ialah posisi pedal kopling, rem dan gas yang tidak sejajar dengan setir atau sedikit bergeser ke arah kiri. Hal ini dikarenakan gundukan spakbor yang cukup besar di dalam kabin.

Putar Balik Sedikit Rumit

Radius putar Esemka Bima 1.3 besar

Secara panjang keseluruhan Esemka Bima 1.3 mencapai 4.930 mm dengan panjang bak 2.970 mm. Memiliki total panjang hampir 5 meter, ketika melakukan U turn atau putar balik kami harus melakukan dua kali gerakan.

Baca juga: Bikin Heboh IIMS 2023, Mobil Listrik Esemka Bima EV Harganya Masih Setara Toyota Innova Zenix

Dengan radius putar yang besar, rasanya mobil ini sedikit menyulitkan pengemudi saat melewati jalan sempit serta melakukan putar balik di jalan kecil.

Putaran Bawah Responsif, Daya Pengereman Bima 1.3 Payah

Mesin 1.298 cc Esemka Bima 1.3

Esemka Bima 1.3 dibekali mesin injeksi, DOHC 16 valve 5-silinder segaris berkapasitas 1.298 cc dengan menghasilkan tenaga 85 PS serta torsi maksimal sebesar 105 Nm. Yang kami rasakan ketika mengemudikan mobil ini pada putaran bawahnya terasa cukup responsif. Untuk perindahan gigi, Bima 1.3 juga terasa halus mulai dari 1 hingga 3.

Hasilkan tenaga responsif pada putaran bawah, untuk daya pengereman unit tes drive dari Bima 1.3 yang disediakan, kami merasakan bahwa sistem kerja rem tidak dapat bekerja secara maksimal. Ketika melakukan akselerasi cepat dan melakukan pengereman secara tiba-tiba, untuk remnya terasa nyeplos dan dalam.

Pedal rem Esemka Bima 1.3 terasa dalam

Guna memperoleh deselerasi atau mengurangi laju kendaraan lebih cepat, kami harus mengocok pedal rem beberapa kali. Namun ketika berjalan secara perlahan dan menginjak rem, pedal kembali terasa normal. “Remnya memang begitu mas, harus ada penyesuaian dan terasa dalam,” ujar petugas di lapangan setelah mengakhiri sesi test drive.

Kesimpulan

Setelah melakukan first drive singkat Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023, dapat disimpulkan bahwa dari segi posisi berkendara mobil ini terasa ergonomis. Bantingan yang dihasilkan pun terbilang baik untuk sekelas pick up muatan ringan.

Selain itu mobil ini juga memiliki karakter yang responsif pada puataran bawah. Namun yang perlu diperhatikan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi selaku industri perakitan Bima 1.3 yakni memperbaiki sistem pengeremannya yang menurut kami kurang dapat bekerja secara maksimal.

Baca juga: Esemka Bima Vs Wuling Formo Max, Siapa yang Paling Unggul?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

ESEMKA BIMA

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
ESEMKA BIMA
Lihat