PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ikut mengawal perjalanan para pemudik dengan menghadirkan program Posko Lebaran 2023. Mitsubishi membangun 12 Posko Siaga di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera, serta 40 bengkel siaga yang tetap buka 24 jam selama 15-30 April 2023.
Nah, dengan Mitsubishi rajin membuat posko setiap moment Lebaran maupun libur akhir tahun, apakah hal ini efektif, mengingat untuk membuat pembangun posko dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dengan fasiltas lengkap mulai dari ruang ber-AC, kursi pijat, makanan dan minuman yang diberikan secara gratis?
Baca juga: Ini Daftar 12 Posko Siaga dan 40 Bengkel Mitsubishi yang Buka Saat Lebaran 2023
Menanggapi hal tersebut, Director of After Sales Division MMKSI Eiichiro Hamazaki menyadari untuk pembangunan posko Mitsubishi Indonesia banyak membutuhkan biaya investasi.
"Sebenarnya ini efektif, setiap tahun input konsumen yang datang ke kami sangat positif. Tujuan kami adalah menyediakan pelayanan yang cocok buat konsumen yang melakukan perjalanan mudik. Ini adalah program layanan kami yang tulus buat konsumen," ungkap Hamazaki saat ditemui di posko siaga Mitsubishi di Rest Area Cikampek KM 57 A, akhir pekan lalu.
Baca juga: Mitsubishi Indonesia Belum Mau Jual Mobil Kecil Buat Rival Agya-Ayla, Ini Alasannya
Hamazaki sendiri tak menampik, meski sudah mengucurkan banyak biaya untuk membuat posko mudik lebaran, namun dengan cara ini Mitsubishi Indonesia mendapatkan branding lebih baik.
"Apa yang kami lakukan selama empat tahun di sini dan mengurusi after sales. Awalnya after sales hanya sekedar branding, tidak terlalu besar, karena kami hanya memberikan dukungan sparepart. Sekarang kami ingin memberikan layanan branding yang lebih baik, jadi konsumen lebih banyak yang tahu soal aftersales Mitsubishi," ujarnya.
Dengan keberadaan posko siaga yang ditawarkan Mitsubishi, maka hal ini bisa memberikan pengalaman baru buat konsumen. Hal ini juga diakui Deputy Group Head Aftersales Strategy PT MMKSI Adam Rahman.
Baca juga: Mitsubishi Sudah Siapkan Nama untuk XFC Concept Versi Produksi, Resmi Dijual di GIIAS 2023?
Adam menyatakan, keberadaan posko siaga yang digelar setiap tahun sangat bermanfaat bagi konsumen, tidak hanya beristirahat namun juga melakukan pengecekan mobil kesayangan.
"Mereka beristirahat sekaligus untuk pengecekkan ringan seperti ban dan oli. Tidak terlalu berat. Jika ada hal yang berat biasanya kita akan lihat permasalahannya dan baru bisa simpulkan perlu dibawa ke dealer atau diberesin di tempat," ucapnya
Adam juga menuturkan, secara rasio fasilitas posko siaga lebih banyak untuk tempat beristirahat. Sedangkan karena banyak konsumen ingin melakukan mudik Lebaran, hal tersebut juga berimbas meningkatnya aktivitas di bengkel resmi Mitsubishi, dimana kunjungan pemilik mobil untuk servis resmi dari 60.000 per bulan menjadi 70.000 per bulan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta