Tidak berhenti sampai di Ertiga dan Grand Vitara, tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan akan menghadirkan mobil baru dengan menggendong teknologi mild hybrid yang diprediksi kuat merupakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hyrbid 2023.
“Teknologi mild hybrid, atau SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) merupakan langkah awal yang baik dalam memperkenalkan teknologi elektrifikasi kepada masyarakat Indonesia secara lebih masif. Jika sebelumnya kita punya Ertiga dan Grand Vitara saja, rencanaya di tahun ini kita juga memperkenalkan produk hybrid yang lain. Modelnya apa dan kapan, tunggu saja informasi lebih lanjut dari kami,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS baru-baru ini kepada wartawan.
Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Buatan Indonesia Akan Mendarat di Filipina Tahun Ini
Fokus memperkuat lini produksi SUV dan meningkatkan penjualan domestik, baginya untuk tahap awal dalam pengenalan mobil listrik di Tanah Air yaitu menghadirkan mobil dengan harga yang terjangkau, tingkat perawatan mudah, dan tingkat adaptasi produk.
“Setiap negara punya karakteristik yang berbeda. Setiap merek juga biasanya mempunyai arah yang sama secara global (mobil listrik). Kedepannya baik itu mild, strong hybrid aupun BEV, tentunya kami sudah mempunyai planning,“ ucapnya.
Bermain di segmen Low SUV 7-seater berhadapan secara langsung dengan Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan juga Mitsubishi Xpander Cross, pada dasarnya Suzuki XL7 dibangun menggunakan platform yang sama persis dipakai oleh Ertiga Hybrid. Dengan begitu bukan langkah yang sulit apabila Suzuki menciptakan XL7 Hybrid dan meluncurkannya pada tahun ini.
Baca juga: Mudik Lebaran Mau Pakai Suzuki Ertiga atau XL7 Baru, Cukup Siapin Duit Segini
Jika benar SIS meluncurkan XL7 Hybrid tahun ini, kemungkinan besar mesin dan teknologi yang dibawanya sama seperti yang disematkan pada Ertiga Hybrid.
Pada Ertiga Hybrid, teknologi mild hybrid atau yang dinamakan SHVS mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berdaya 6 Ah 12V.
ISG sendiri merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.Teknologi yang tersematkan tersebut akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti.
Saat berhenti di lampu merah atau kemacetan dalam kondisi mesin mati, AC, radio, maupun sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan. Hal tersebut yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit dan tentunya lebih ramah lingkungan.
Sebagai informasi, Ertiga Hybrid dengan teknologi SHVS dipadukan jantung pacu K15B berkapasitas 1.500 cc 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection yang dapat meletupkan tenaga hingga 104,7 PS di 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta