Mitsubishi Colt L300 Euro 4 sudah diluncurkan di Indonesia sejak Juni 2022.
Ini adalah penerus Mitsubishi L300 yang sudah ada di Tanah Air sejak tahun 1981.
Namun seiring berkembangnya teknologi, mobil dengan julukan Elsapek itu sekarang menggunakan mesin diesel berstandar emisi Euro 4.
Baca juga: Mitsubishi Colt L300 Bakal Diproduksi di Indonesia Lagi, Perakitannya Ganggu Xpander?
Mesin dieselnya berkode 4N14 dengan kapasitas silinder 2.268 cc Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger.
Mesin ini diklaim menghasilkan tenaga 99,2 PS di 3.500 rpm dengan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm.
Selain mesin yang tenaganya 40% lebih kuat, luas bak kargo belakang L300 terbaru juga lebih besar 8% dari model sebelumnya.
Baca juga: Modifikasi Mitsubishi L300, Si Jambrong yang Bukan Lagi Losbak Sayur
Bermodal mesin baru dan kapasitas angkut lebih banyak ini, ternyata disukai konsumen yang sudah paham betul bagaimana kemampuan dari Elsapek.
Misalnya pengakuan dari Mardenggan Bagariang yang merupakan seorang pengusaha telur ayam di kawasan Pelalawan, Riau.
Ia menuturkan dengan mesin turbo baru, L300 sanggup meladeni rute perjalanan pengiriman barang dagangannya dari Pekanbaru ke Sumatera Barat.
Kemudian ia juga mengakui kalau mesin Euro 4 di Elsapek bisa meredam guncangan cukup signifikan.
"Total perjalanan tujuh jam di jalan. Bawa telor itu perlu hati hati agar telor tidak pecah dan bikin rugi. Sejauh ini saya pakai L300 yang Euro 4 guncangannya bisa diminimalisir. Belum pernah sampai saat ini telor-telor yang saya bawa pecah selama proses pengiriman," kata Mardenggan.
Kemudian ia juga menyukai muatan L300 yang sekarang lebih banyak sehingga kapasitas angkut juga ikut meningkat.
Hal ini pun juga diamini Hadian Martin yang menggunakan L300 Euro 4 untuk armada angkut pakan ikan di wilayah Riau.
Ia yang juga memiliki L300 model sebelumnya mengakui kalau ada perbedaan tenaga dari mesin Euro 4 yang baru ini.
"Saat ini saya punya tiga pikap. Satu L300 Euro 4, satu lagi L300 Euro 2, dan satu pikap competitor. Jadi saya tahu perbandingannya seperti apa. Rute harian saya itu banyak tanjakannya jadi butuh pikap yang bertenaga. Saya membeli L300 Euro 4 ini karena sejauh ini saya senang sekali dengan kemampuan L300," jelas dia.
Baca juga: Ketahui Penyebab Mesin Mitsubishi L300 Suaranya Kasar, Padahal Baru 100 Ribuan Kilometer
Sementara itu, stigma yang beredar jika mobil diesel Euro 4 akan "rewel" dalam hal perawatan, ternyata diakui oleh kedua penggunananya itu tidak terjadi.
"Untuk bahan bakar sebenarnya tidak ada masalah juga karena sejauh ini saya pakai Dexlite dan itu tidak mengganggu performa mobilnya. Saat ini belum ada masalah yang dikhawatirkan," sebut Mardenggan.
"Perawatan juga lebih mudah, hanya lebih perhatian untuk ganti oli. Saya tetap pakai bahan bakar yang sesuai rekomendasi. Soalnya memang disarankan seperti itu agar performanya terjaga," timpal Hadian.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat