Saat ini DFSK Gelora E jadi satu-satunya mobil niaga di Tanah Air yang mengusung teknologi elektrifikasi. Sebagai mobil listrik murni, dari segi perawatan tentunya Gelora E lebih mudah dibandingkan mobil niaga apapun yang masih menggendong mesin berjeniskan Internal Combustion Engine (ICE).
Namun begitu pemilik atau pengguna juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan sejumlah komponen agar kondisinya tetap optimal.
"DFSK Gelora E sebagai kendaraan listrik juga tetap membutuhkan pengecekan kondisi dan perawatan berkala," ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, melalui keterangan resminya.
Dan berikut adalah 5 cara yang wajib dilakukan untuk perawatan mobil listrik khususnya DFSK Gelora E.
Baca juga: Esemka Bima EV Vs DFSK Gelora E, Siapa yang Paling Unggul dari Segi Spesifikasi?
Walaupun tidak menggunakan mesin dengan sistem ruang bakar, mobil listrik khususnya DFSK Gelora E masing mempunyai radiator. Untuk itu kalian diwajibkan melakukan pengecekan setiap 60.000 kilometer sekali.
Fungsi radiator pada mobil ini tak lain untuk mendinginkan kerja baterai dan motor listrik supaya suhunya tetap stabil.
Pemilik mobil listrik juga diharuskan membaca buku manual kendaraan. Di sini terdapat seluruh informasi teknis yang terkait dengan kendaraan dimiliki.
Bisa dibilang kendaraan listrik adalah arang baru buat mayoritas pengguna. Mungkin saja ada aspek-aspek penting yang belum diketahui, dan semua informasi tersebut ada di buku manual.
Baca juga: Mobil Listrik Niaga Termurah, Biaya Service DFSK Gelora E Bikin Tercengang
Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, DFSK Gelora E telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara atau yang kita kenal dengan sebutan AC.
Meski tidak berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan, perawatan AC pada mobil listrik juga wajib dilakukan. Salah satunya mengganti filter AC secara berkala apabila hembusan udara yang keluar sudah tidak lagi segar.
Selain menjaga udara di kabin tetap segar, penggantian filter AC secara teratur juga dapat menjaga kesehatan setiap penggunanya.
Untuk membuatnya berjalan, putaran yang dihasilkan motor listrik pada DFSK Gelora E selanjutnya diteruskan ke penggerak roda belakang. Sebelum sampai di roda, putaran lebih dulu sampai di gardan (differential).
Di dalam gardan terdapat berbagai macam komponen seperti gear, bearing serta bahan metal lainnya yang membutuhkan pelumas supaya tidak mudah aus. Untuk periode oli gardan sendiri dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan pemakaian.
Jika mengalami kesulitan untuk mengecek semua kondisi komponen tersebut, kalian bisa mengunjungi bengkel resmi. Service sebaiknya dilakukan saat mobil menginjak pemakaian kelipatan 10.000 kilometer.
Sekedar informasi, untuk biaya perawatan berkala 1 tahun / 20.000 kilometer DFSK Gelora E hanya cukup mengeluarkan uang Rp280.554. Selanjutnya perawatan berkala 3 tahun / 50.000 kilometer cukup menyiapkan uang Rp1.034.575.
Baca juga: Gak Sampai Rp50 Ribu, DFSK Gelora E Buatan Lokal Tempuh Perjalanan Jakarta-Bandung Tanpa Ribet
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Daihatsu ROCKY X 1.2
13.726 km
1,5 tahun
Banten
2017 Toyota AVANZA G 1.3
8.485 km
6,5 tahun
Jakarta
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2019 Nissan LIVINA VL 1.5
15.599 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten