3 Kelemahan Mazda Biante Bekas yang Harus Diwaspadai, Tidak Semewah Alphard Lawas

Berburu mobil keluarga 7-seater kini begitu banyak opsi yang tersedia, mulai dari mobil baru hingga unit bekas. Salah satu model yang menarik untuk jadi incaran ialah Mazda Biante. Dengan image premium Mazda, kalian harus tahu kelemahan Biante sebagai mobil bekas.

Mazda Biante pertama kali diluncurkan tahun 2012 yang hadir dengan desain dan dimensi yang menarik. Mobil ini berwujud MPV dengan desain boxy, dengan pintu baris keduanya memakai model sliding otomatis. Desainnya sporty dengan banyak garis tegas yang mengalir sesuai bahasa desain Nagare. 

Baca juga:

Kelebihan dan Kelemahan Mazda Biante Bekas, MPV JDM yang Harganya Kini Setara LCGC

Cari MPV Keluarga? Lirik Mazda Biante, MPV Roti Tawar Saingan Voxy yang Mulai Terlupakan

Mazda Biante ini sebenarnya adalah penerus dari E2000 yang pernah populer di penghujung dekade 1990-an. Pada tahun 2008 Mazda merilis Biante untuk Jepang. Awalnbya menggunakan konfigurasi yang sama dengan generasi E2000 (8-seaters, FWD, 2xxx displacement), tetapi dengan platform yang baru. 

Mazda Biante direkomendasikan bagi yang mengincar kenyamanan dan kabin yang lapang. Harga bekasnya kini cukup terjangkau mulai dari Rp130 jutaan untuk tipe standar hingga Rp230jutaan untuk tipe Skyactiv.

Biante disebut sebagai salah satu MPV bekas yang minim keluhan meski saat ini sudah berusia lebih dari 7 tahun. Lantas, apa saja kelemahan dari Mazda Biante bekas yang harus diwaspadai sebelum membeli? Berikut ini uraiannya.

1. Mesin Tenaganya Pas-pasan dan Boros

Mesin Mazda Biante bisa ngelitik karena minum Pertalite.

Mazda Biante versi awal, yaitu keluaran 2012 mesinnya belum menggunakan Skyactiv. Biante masih menggunakan mesin MZR LF-VD DOHC i4 DISI dengan kapasitas 2000 cc. Mesinnya berteknologi DOHC, SV-T (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control) dengan output 150 ps, bertransmisi otomatis 5 percepatan.

Bicara efisiensi bahan bakar, nampaknya Mazda Biante tidak efisien alias boros. Berdasarkan pengujian beberapa media otomotif nasional saat dulu diluncurkan, rute dalam kota diraih di angka 6,5 km/liter, sedangkan rute luar kota 8 km/liter.

Kemudian pada 2013 Mazda Biante mengalami facelift dan mendapat mesin baru dengan teknologi Skyactiv. Mesin PE-VPS berkapasitas 2.000cc empat silinder N/A SkyActiv G mampu menghasilkan tenaga puncak 150 PS dan torsi maksimum 190 Nm. Tenaga diteruskan ke transmisi otomatis 6 pilihan percepatan Skyactiv-Drive.

Biante mampu mencatatkan angka keiritan 13,5 km/liter.

Dengan teknologi Skyactiv membuat efisiensi bahan bakar sedikit lebih rendah dan torsi yang didapatkan di rpm lebih tinggi. Klaim Mazda dulu menyebut bila Biante mampu mencatatkan angka keiritan 13,5 km/liter. Tenaga segitu tidak bisa disebut istimewa dan hanya sekedar pas-pasan bila melihat postur mobil yang bongsor.

Nah, bicara mesin baru dengan Skyactiv ini yang harus diperhatikan ialah tidak ada suara ngelitik. Pasalnya Biante diharuskan menenggak bensin minimal RON 92 alias Pertamax. Hanya saja banyak pemilik yang justru memaksakan penggunaan Pertalite bagi kendaraan mereka.

2. Perpindahan Gigi Tidak Halus/Ngelock

Disarankan ganti oli transmisi setiap 20 ribu kilometer.

Kerusakan ini biasanya terjadi akibat kerusakan modul transmisi, yang disebabkan oleh oli transmisi yang tercampur dengan air. Untuk tindakan pencegahan, disarankan ganti oli transmisi setiap 20 ribu kilometer. Untuk penggantiannya, hanya mengganti oli di bagian carter.

Sebab modul transmisi Biante posisinya terendam oli didalam girboks. Jika sudah rusak, menggantinya perlu satu set dengan valve control, bisa seharga Rp10 Juta-Rp14 Juta. 

3. Mazda Biante Bekas, Fitur Mewahnya Kurang Melimpah

Biante ini tidak memiliki sunroof ataupun sekedar panoramic roof.

Kalian jangan langsung menganggap Biante ini bisa jadi setara Alphard. Pasalnya MPV ini kelasnya seperti Toyota NAV1 alias di bawah Alphard. Untuk itu, fitur yang tersedia pun tidak semewah yang dibayangkan. 

Dikutip dari forum Seraya Motor, Biante ini tidak memiliki sunroof ataupun sekedar panoramic roof. Kemudian, fiturnya juga serba nanggung. 

Biante sudah keyless tetapi gak ada tombol ignition. Selain itu, interiornya minim soft touch karena masih banyak panel plastik kerasnya. Rel kursi juga harus ditutup karpet tambahan supaya tidak terlihat seperti lantai bus.

Biante tidak ada aksen kemewahan di interior Biante seperti panel krom atau wood panel. 

Desain interior dan dashboard Biante cukup kontras dengan eksteriornya, boring, terasa lawas, dan nggak mewah. Tidak ada aksen kemewahan di interior Biante seperti panel krom atau wood panel. 

Untuk ukuran MPV kelas menengah atas, parking brake masih manual yang posisinya di kaki dan bukan yang tombol elektrik, sehingga menganggu kenyamanan berkendara bagi yang tidak terbiasa. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Palisade

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Skema Cicilan Kredit Terbaru Toyota Calya Buat Taksi Online, Angsuran Termurah Hampir Rp4 Jutaan!

Sebagai mobil keluarga terjangkau, per Juli 2023 Toyota Calya (Spesifikasi | Berita) ditawakan mulai dari Rp164,7 juta OTR Jakarta. Menempati segmen Low MPV 7-seater, Calya mendapat penyegeran di sektor tampilan khususnya pada fasad yang membuatnya terlihat semakin mewah. Mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome yang menghadirkan kesan sporty dan elegan, lampunya kini juga menganut New Smoked LED Headlamp. Selain itu untuk velgnya hadir dengan desain baru

6 Mobil Baru di Indonesia Periode Juni 2023, Ada Terios Baru Sampai Mobil Listrik BMW dan Mercedes

Ada sejumlah brand premium yang meluncurkan mobil baru di Indonesia sepanjang Juni 2023. Misalnya BMW yang memperkenalkan Seri 7 generasi terbaru bahkan sudah dirakit di Indonesia. Lantas ada Mercedes-Benz yang kembali merilis EQ terbaru sebagai lini mobil listrik premium mereka. Tapi bukan cuma kelas premium, di segmen menengah juga ada Daihatsu Terios facelift, kemudian Suzuki XL7 yang kini mengikut Ertiga dengan disematkan teknologi Smart Hybrid. Untuk lengkapnya, berikut enam mobil baru di I

Ketahui 5 Mitos Mobil Manual atau Matik yang Sering Diperdebatkan

Mobil manual atau matik, jadi salah satu yang kerap dianggap penting untuk dipilih saat membeli sebuah kendaraan. Hanya saja, dalam beberapa tahun belakang mobil dengan transmisi matik atau otomatis semakin jamak diperjualbelikan jika dibandingkan manual. Namun tak jarang, beberapa pemilik mobil transmisi manual kerap sangat mendewakan ketangguhan mobil dengan tiga pedal. Baca juga: 3 Ciri Transmisi CVT Rusak, Waspadai Sebelum Terlambat dan Ganti Hingga Puluhan Juta Rupiah Sebaliknya, ada juga y

Top 5 Autofun: Launching Toyota C-HR Generasi Kedua Bikin Penasaran

Toyota C-HR di Indonesia namanya tenggelam kalah pamor bila dibandingkan dengan Honda HR-V. Meskipun di sini kurang dapat sambutan positif, tapi kiprah C-HR di belahan bumi Eropa begitu baik. Peluncuran Toyota C-HR di benua biru ternyata turut menyita perhatian pembaca Autofun. Profil tubuh Crossover SUV berwujud coupe masih dipertahankan, hanya saja pada generasi keduanya ini dibuat lebih pendek dan lebih lebar. Selain kabar mengenai peluncuran C-HR, netizen juga penasaran soal alasan kenapa da

Bos Audio Rode Oprek Performa Toyota GR Yaris, Setara McLaren 750S

Sebagai hot-hatch, Toyota GR Yaris disukai para pecinta otomotif di seluruh dunia karena memiliki performa sangat buas. Mobil ini terlahir dari liarnya balapan rally dan kerasnya lintasan off road World Champion Rally (WRC) yang dilegalkan untuk dikendarai di jalan raya. Secara spesifikasi mesin, GR Yaris dibekali jantung pacu G16E-GTS 3-silinder segaris 1.600 cc DOHC Turbocharged yang dapat melecutkan tenaga hingga 261 PS di 6.500 rpm dengan torsi maksimal hingga 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm. Ge

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil