5 Komponen Penting yang Sebaiknya Segera Diganti Saat Baru Beli Mobil BMW Bekas, Apakah Itu?

Berburu mobil tua bangka alias motuba ada seninya tersendiri, karena kita bisa mendapat mobil impian masa muda dengan harga yang kini relatif terjangkau. Salah satu motuba yang cukup digemari masyarakat ialah dari brand BMW. Dengan status sebagai mobil Jerman, BMW bekas tetaplah menyajikan aura kemewahan serta performa sporty walau sudah cukup berumur.

Saat kalian memutuskan beli motuba BMW, entah E36, E46, E34, atau E39, dengan seri mesin M43, M50 atau M52 tentu harus ada beberapa komponen yang perlu segera diganti. Tujuannya agar performa mobilnya tetap prima. Namun, ada kesalahkaprahan di sebagian kalangan pengguna BMW untuk penggantian fast moving tersebut.

Baca juga: 

Bahkan di beberapa tanyangan Youtube akan menyarankan hal-hal umum seperti penggantian oli mesin, cairan pendingin mesin, minyak rem, filter udara dan filter kabin. Padahal bukan itu semua komponen vital yang perlu segera mendapat perhatian dari pemilik BMW.

Ada beberapa komponen sistem pendinginan yang cukup vital di BMW, dan mungkin perlu diganti menyesuaikan kondisi iklim di Indonesia yang cukup panas. Dengan begini, suhu kerja mesin bisa tetap adem walau kita gunakan berkendara di tengah kemacetan siang hari. 

Lantas apa saja komponen yang perlu mendapat perhatian pertama kali dari kalian yang baru main BMW? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengganti Tutup Radiator Mobil BMW Bekas dengan Tekanan yang Lebih Kecil

Banyak yang tidak menyadari kalau di BMW lawas memakai tutup radiator dengan tekanan besar, yaitu 200 kPa. Dengan tekanan yang besar, tidak sesuai dengan suhu Indonesia yang cukup panas. 

Dalam situasi kerja mesin di suhu tinggi, membuat selang radiator mobil Anda keburu pecah dan cairan pendingin bocor sebelum tutup radiator melepaskan tekanan air. Untuk itu, disarankan mengganti tutup radiator dengan ukuran 140 kPa bila bawaannya masih 200 kPa. 

Angka tekanan yang lebih rendah ini dapat membuat selang radiator dan reservoir jadi lebih awet. Ini karena tekanan dari air radiator yang begitu panas langsung terbuang melalui tutup radiator tersebut. Dampaknya usia selang dan expansion tank radiator usianya bisa bertahan antara 10-15 tahun.

2. Ganti Thermostat 

Masih seputar sistem pendingin mesin, kali ini bagian yang perlu diganti dari sebuah mobil BMW bekas era 90an akhir hingga 2000an awal ialah thermostatnya. Thermostat adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mobil yang berfungsi mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin. 

Dengan kata lain, thermostat berperan sebagai sakelar pada sistem pendinginan mobil. Pada saat yang dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses pendinginan mesin. Jangan sampai, thermostat ini macet membuka sirkulasi air sehingga menyebabkan overheat.

Penggantian thermostat perlu dilakukan setiap 5-7 tahun sekali. Lagipula, harga thermostat BMW juga tidak terlalu mahal dan banyak tersedia di marketplace. Sebagai contoh, Thermostat 88 derajat Celcius untuk BMW E36 mesin M50 dan M52 merek Mahle seharga Rp207 ribuan.

3. Ganti Engine Oil Cooler di Mobil BMW Bekas

Sistem pendinginan jadi komponen vital dari sebuah BMW lawas. Oil Cooler juga jadi bagian yang perlu diperhatikan bila kalian baru saja membeli BMW bekas tahun 90an atau 2000an.

Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi mendinginkan suhu oli yang bersikrulasi dalam mesin. Bila komponen ini rusak, dampaknya membuat oli mesin jadi tercampur dengan cairan radiator. Ini karena ada seal maupun paking yang rembes akibat suhu mesin terlalu tinggi. 

4. Ganti Fan Belt Sebelum Putus

Fan Belt atau juga disebut sebagai serpentine belt berfungsi untuk menghubungkan beberapa komponen seperti alternator, AC, dan lainnya. Adapun sumber putaran fan belt itu berasal dari putaran mesin yang dihasilkan oleh crankshaft piston.

Komponen fan belt menjadi hal yang krusial, sehingga pengguna harus dalam kondisi prima dan bagus. Jika komponen ini tidak berfungsi, maka beberapa fitur seperti AC tidak dapat bekerja.

Untuk perawatan serpentine belt, menurutnya cukup dibersihkan menggunakan cairan khusus atau degreaser. Usia pakai fan belt berkisar 30.000 sampai 40.000 Km.Tanda-tanda fan belt yang sudah waktunya diganti bisa dilihat dari berbagai cara.

Cara paling mudahnya, ada suara aneh seperti berdecit saat mobil dihidupkan di pagi hari. Suara ini muncul karena gesekan dengan pulley dan fan belt belum mengalami pemuaian. Lebih lanjut, kondisi fan belt yang tidak layak bisa kita lihat dari permukaannya yang kering dan mulai muncul garis retak-retak. 

5. Ganti ATF Cooler Agar Kinerja Matic Tetap Responsif

Bagi kalian yang membeli mobil BMW bekas dengan transmisi otomatis, alangkah baiknya mempersiapkan anggaran untuk mengganti ATF cooler. Fungsi komponen ini bertujuan supaya transmisi tidak overheat atau setidaknya tidak terlalu panas. 

Sebagaimana diketahui, sistem kerja di transmisi otomatis konvensional memanfaatkan sirkulasi hidrolik oli transmisi. Kerja yang cukup berat membuat oli tersebut jadi cepat panas. Dengan ATF Cooler yang bekerja dengan baik membuat suhu transmisi bisa stabil dan juga transmisi lebih awet.


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

BMW 3 Series Sedan

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

BMW SERI 3 2021 SPESIFIKASI INTERIOR & EKSTERIOR

Berita Terbaru

Muncul Model Baru, Harga Bekas Honda CR-V Gen 5 Lebih Murah dari Toyota Innova Venturer

Generasi keenam Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) baru-baru ini diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) melalui perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mengenai harganya, line up terbaru Honda di segmen Medium SUV tersebut diniagakan Rp739,9 juta untuk varian 1.5 Turbo, dan Rp799,9 juta tipe 2.0 RS e:HEV. Jika kalian menginkan CR-V baru namun memiliki budget tidak sampai setengahnya, mungkin CR-V generasi lima bisa menjadi pilihan yang menarik. Bagaimana tidak, untu

Tampang Luarnya Mirip, Ini Bedanya Hyundai Stargazer X Prime dan Style

Hyundai Stargazer X (Spesifikasi | Berita) hadir dalam dua varian, yakni Style dan Prime. Sebagai varian paling bawah, Style dibandrol Rp325,6 juta sedangkan tipe Prime diniagakan Rp336,2 juta OTR Jakarta. Memiliki selisih harga mencapai Rp10,6 juta, secara tampilan eksterior keduanya terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat di bagian depan sama-sama disematkan disematkan hood pada kap mesin serta bumper yang dibuat lebih kekar dengan penambahan under guard. Selain itu, baik varian Style maupun

Perdana Menteri Malaysia Sebut Indonesia Bagian Penting Perkembangan EV di ASEAN

Malaysia menjadi salah satu negara yang mendapatkan durian runtuh, setelah perusahaan mobil listrik Tesla memutuskan untuk melakukan investasi di negara tersebut. Alih-alih Indonesia yang awalnya gercep melakukan lobi-lobi langsung ke Amerika Serikat bertemu bos Tesla, Elon Musk, ternyata hasilnya nihil. Indonesia ditikung Malaysia. Namun begitu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tidak ambil pusing. Bahkan dalam wawancara eksklusif dengan Martin Soong dari CNBC, Anwar justru enggan menyingg

Jadi Paket Mobil Listrik Murah, Seres E1 Dipesan Lebih dari 600 Unit Selama GIIAS 2023

Kehadiran Seres E1 di gelaran otomotif GIIAS 2023 kemarin menambah daftar nama mobil listrik perkotaan dengan harga jual terjangkau. Bagaimana tidak, pesaing Wuling Air ev (Spesifikasi | Berita) ini dibandrol Rp219 juta untuk Type L dan Rp189 juta pada Type B. Memiliki harga yang terjangkau, selama 11 hari pameran mulai dari 10-20 Agustus 2023, E1 mendapat respon yang sangat positif dari para pengunjung. Hal ini dibuktikan dari ratusan surat pemesanan kendaraan (SPK) yang berhasil dikumpulkan. T

Mitsubishi Pajero Sport Terbaru Sedang Dipersiapkan, Begini Prediksinya

Mitsubishi Pajero Sport 2025 kabarnya akan menjadi generasi terbaru ANPS (All New Pajero Sport) yang menggunakan platform dan mesin dari Triton 2024. Namun informasi yang beredar, Pajero Sport terbaru ini baru akan diperkenalkan satu setengah tahun kemudian setelah Triton, yang berarti momen ini akan terjadi pada pertengahan 2025. Baca juga: 5 Fakta Menarik Mitsubishi Pajero Sport 2023, Tidak Cuma Andalkan Sunroof Doang! Nah meski masih jauh, tetapi media otomotif Australia, Drive, memuat gambar

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

BMW 3 Series Sedan
Lihat