Aksesoris body kit seperti wing atau spoiler kerap digunakan pada mobil keluaran terbaru. Namun banyak orang yang salah kaprah menyebut wing sebagai spoiler begitu juga sebaliknya. Lantas apa sih perbedaan dari kedua aksesoris ini?
Baik wing atau spoiler memiliki fungsi yang hampir mirip, yaitu meningkatkan aspek aerodinamika di sebuah mobil. Kedua aksesoris ini juga bisa membuat mobil makin keren.
Baca juga:
Biar Tak Terpleset Saat Mengerem, Ketahui Cara Kerja Fitur EBD pada Mobil-Mobil Modern Ini
Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya
Stiker Barcode di Kaca Mobil Sebaiknya Dilepas, Bahaya Kalau Sampai Ketauan Orang Lain
Hanya saja, jenis pemakaian dari kedua alat tersebut tentu berbeda. Lebih lanjut, material yang digunakan pun juga tak sama.
Berikut ini perbedaan antara wing dan spoiler yang perlu kamu tahu. Jadi jangan lagi keliru.
Kalian yang sering menonton balap mobil pasti melihat di sisi belakang terdapat body kit wing yang berukuran besar. Ada alasan kenapa wing itu umumnya digunakan pada mobil dengan performa tinggi.
Wing digunakan untuk memenuhi kebutuhan aerodinamika atau mengatur arah angin agar tidak menghambat laju mobil. Tak cuma memberi efek downforce, wing berukuran kecil yang ada di sisi samping mobil juga membantu mengalirkan udara untuk mendinginkan beberapa komponen seperti rem atau radiator dan Intercooler.
Desain pada wing biasanya spesifik dirancang sesuai dengan kebutuhan dari suatu mobil. Itulah mengapa wing di mobil balap bisa memiliki bentuk yang berbeda antara yang satu dengan lainnya walau mobilnya masih satu merek.
Rancangan wing akan disesuaikan dengan lekuk body suatu mobil, untuk menghasilkan suatu aliran udara dari depan ke belakang. Bentuk wing dibuat agak tinggi dan besar agar aliran udara dari depan menekan bagian belakang mobil (downforce).
Efek downforce tersebut bertujuan agar ban semakin mendapatkan traksi atau grip ke aspal. Saat mobil menikung di kecepatan tinggi, wing akan membuat mobil tetap stabil.
Itulah mengapa jika wing dipasang pada mobil yang digunakan untuk harian, dirasa tidak ideal dari fungsinya. Pemakaian untuk berkendara di mobil standar jelas tidak optimal di lalu lintas yang ramai.
Wing biasanya terbuat dari bahan karbon dan bahan fiber agar bobotnya tak terlampau berat. Namun demikian, bentuknya yang besar dan tinggi tentu malah membuat penampilan mobil jadi kurang proporsional.
Untuk mobil standar yang ingin terlihat racy dengan aerodinamika yang oke, pabrikan lantas berinovasi menciptakan spoiler. Desainnya kecil dan ramping sehingga cocok untuk mobil harian.
Spoiler sifatnya lebih universal sebagai perangkat aerodinamika, sehingga bisa digunakan pada mobil yang dipakai untuk harian. Desainnya ringkas dan dirancang juga sebagai body kit untuk mempercantik penampilan mobil.
Spoiler juga berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah dan juga membuang aliran angin pada mobil. Hasilnya bisa mengurangi gaya angkat atau turbulensi yang timbul saat dipacu pada kecepatan tinggi.
Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi.
Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki bagasi belakang seperti hatchback dan MPV, maka spoiler diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang. Adanya spoiler lantas membuat sisi buritan mobil tak terlihat kosong.
Sebagai catatan, pemasangan spoiler harus diimbangi juga dengan pemasangan spoiler di bagian depan dan samping.
Pemasangan spoiler hanya di bagian belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah. Terkadang bisa mengubah haluan mobil ketika melaju kencang.
Spoiler depan biasanya menempel pada bagian bemper, sedangkan spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan berupa side skirt.
Biasanya spoiler bawaan mobil dibuat dengan memakai bahan plastik polyurethane. Jenis bahan tersebut sifatnya ringan dan lentur sehingga bisa digunakan dalam waktu yang panjang.
Sebaliknya, spoiler aftermarket umumnya dibuat dengan menggunakan bahan fiberglass, dan pembuatannya dilakukan secara handmade dengan cetakan.
Untuk material fiberglass usianya tergantung dari kualitas bahan pembuat yang digunakan oleh produsen body kit aftermarket. Untuk bahan yang murah, bisa jadi kualitasnya tidak tahan lama sebagaimana spoiler genuine dari pabrikan mobil.
Melihat dari bentuk dan desainnya, jelas ada perbedaan yang nyata antara spoiler dan wing di sebuah mobil. Dari desainnya tersebut, fungsinya pun jadi ikut berbeda dimana wing jadi perangkat body kit untuk kompetisi sedangkan spoiler untuk pemakaian sehari-hari.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}