Keliling Kota Sejauh 157,3 Km, Biaya Daya Listrik Neta V Tidak Sampai Setengahnya Konsumsi Bensin LCGC

PT Neta Auto Indonesia luncurkan Neta V di Tanah Air melalui ajang GIIAS 2023. Sebagai mobil listrik pertama Neta yang menempati segmen crossover, Neta V diniagakan Rp379 juta OTR Jakarta.

Usung konsep minimalis dengan teknologi modern yang memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, mobil ini memiliki eksterior maupun interior yang terlihat stylish, simpel dan modern. Terlihat seperti mobil masa depan, Neta V memiliki panel isntrument berukuran 12 inci dengan desain minimalis yang sangat informatif. 

Selain itu, pada center cluster mobil ini disematkan head unit layar sentuh model floating dengan tampilan potrait berukuran 14,6 inci yang mendukung konektivitas smartphone baik Android Auto maupun Apple CarPlay.

Bukan cuma itu saja, melalui sistem hiburannya pengguna dapat menjalankan beragam fitur, seperti; menghidupkan serta mengatur sistem pendingin udara, mengetahui status kendaraan, menyalakan lampu, mengatur tinggi rendahnya lampu, bahkan hingga mematikan sistem kelistrikan, dan masih banyak lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ, untuk sistem pendingin udara mobil ini dilengkapi teknologi N95 pada filternya yang mampu menyaring bakteri serta udara tidak baik di dalam kabin.

Baca juga: 5 Hal Menarik Neta V, Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta!

Penggunaan Daya Listrik Neta V Tidak Sampai Setengah Harga Bensin Seliter Untuk LCGC

Pengecasan Neta V di SPKLU

Berdasakan spesifikasi yang tercantum di atas kertas, Neta V dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di depan dengan menghasilkan tenaga sebesar 70 kW (95 PS) serta torsi 150 Nm. Untuk menggerakan motor listrik, daya yang diterima mendapat asupan listrik dari baterai Lithium-ion (LFP) berkapasitas 40,7 kWh.

Menurut pengetesan CLTC, dalam kondisi baterai terisi penuh mobil ini dapat berjalan sejauh 401 km.

Untuk mengetahui berapa biaya pemakaian daya listrik Neta V, baru-baru ini Autofun Indonesia melakukan pengetesan berkendara di dalam kota dalam kondisi lalu lintas cukup padat. Sebelum berkendara, rekan kami memastikan kondisi baterai terisi penuh yang selanjutnya melakukan reset trip meter.

Biaya pengecasan Neta V

Dengan menerapkan gaya berkendara sehari-hari serta mengaktifkan mode regeneratif paling tinggi guna menghemat listrik, jarak yang ditempuh berdasarkan trip meter pengetesan kali ini sejauh 157,3 km. Jarak tempuh yang dilalui menyisakan baterai 56%, dengan begitu perjalanan menghabiskan daya listrik sejumlah 44%.

Dalam kondisi baterai tersisa 56%, rekan kami melakukan pengecasan di SPKLU guna menghitung berapa biaya yang dihabiskan. Setelah menunggu selama 57 menit untuk membuat baterai kembali terisi penuh, dengan menggunakan arus DC bertegangan 60 kW, total daya yang dibeli sebesar 19,7 kWh.

Untuk biaya yang dikeluarkan sebesar Rp50.312 berikut dengan biaya PPJ beserta biaya admin. Jika dihitung, biaya yang dihabiskan per kilometer yaitu 50.312 : 157,3 = 320. Jadi, biaya listrik per kilometer hanya Rp320.

Bila dibandingkan dengan LCGC yang rata-rata konsumsi bensinnya 20 km/liter, maka Neta V ini hanya membutuhkan biaya sekitar Rp6.400 untuk menempuh jarak 20 kilometer. Artinya, biaya perjalanan mobil listrik tidak sampai setengah dari harga bensin RON 92 di bulan Oktober 2023 di kisaran Rp15.000-Rp15.500. 

Baca juga: Neta V Langsung Banjir Pesanan Selama GIIAS 2023

Neta V Dilengkapi Dua Mode Berkendara

Guna menyesuaikan gaya berkendara yang diinginkan, mobil ini dilengkapi dengan dua Mode yaitu; Normal dan Sport yang disebut Athletic. Fitur regenerative braking yang digunakan memiliki beberapa pengaturan hingga fitur one pedal untuk melakukan pengisian daya baterai dengan memanfaatkan energi kinetik dari proses pengereman.

Hal menarik yang dimiliki mobil ini, pabrikan melengkapinya dengan sistem quick charging yang mana untuk pengisian dari kondisi 30% hingga 80% hanya membutuhkan 30 menit. Sedangkan dengan memanfaatkan home charger arus AC, dari kondisi 0 hingga 100% memerlukan 8 jam.

Fitur Keselamatan Cukup Komplit

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini disematkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), Cruise Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Hill Start Assist (HSA).

Lainnya terdapat Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Parking Brake (EPB), Hill Descent Control (HDC), HEPT 3.0 Battery Temprature Management System, dual SRS airbags, seatbelt reminder, sensor parkir dan kamera belakang. Dari segi keamanan berkendara dilengkapi immobilizer system, alarm system dan keyless entry.

Baca juga: First Drive Neta V: Mobil Listrik Murah Tapi Bukan Murahan

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Neta S

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Setelah meluncurkan versi 5 penumpang pada Juli 2022, Maruti Suzuki disebut-sebut akan menghadirkan Suzuki Grand Vitara versi Long 7-seater di India pada Oktober 2024 mendatang. Di Negeri Hindustan, Grand Vitara 7-seater ini akan diberi nama Suzuki Grand Vitara XL dan dibangun berdasarkan platform Global C sama seperti versi standarnya. Namun kabar yang beredar, jarak sumbu rodanya bakal dibuat lebih panjang sama seperti yang dilakukan terhadap Jimny 5 pintu. Digosipkan akan ketambahan nama "XL"
Keunggulan Chevrolet Spin yang membuatnya banyak diminati antara lain kelengkapan fitur serta punya opsi mesin diesel, disaat rival-rivalnya tidak punya hal itu. Padahal ketika muncul di Indonesia, Chevrolet harus menghadapi duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sedang jaya-jayanya. Chevrolet Spin pertama kali diluncurkan oleh PT General Motors Indonesia (GMI) di Tanah Air pada kuartal pertama 2013. Sebagai Low MPV 7-seater, saat itu Spin dihadapi dengan beberapa pesaing terberatnya seperti
Mobil listrik Neta V akhirnya secara resmi diluncurkan oleh PT Neta Auto Indonesia selaku agen pemegang merek Neta di Tanah Air. Dalam peluncurannya, harga Neta V ini sama seperti yang diumumkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Augustus 2023 lalu yaitu Rp379 juta. Menurut Managing Director PT NETA Auto Indonesia, Jason Ding, sejak diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023 hingga saat ini setidaknya mobil ini telah mencatatkan lebih dari 200 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).
Sekitar 5 tahun lalu, mungkin masih banyak orang yang ragu saat membeli mobil bekas. Mereka takut tertipu karena awam dengan dunia otomotif. Namun kehadiran CARSOME di Indonesia mengubah stigma yang melekat pada mobil bekas selama ini. Dahulu membeli mobil bekas hanya dilihat dari tampilan luar, dalam dan test drive beberapa jam saja. Ketika mobil incaran terlihat mulus bodinya, terlihat terawat bagian interiornya, dan dicoba hanya sebentar masih terasa enak, langsung dicap sebagai mobil bekas b
Keunggulan Daihatsu Xenia dibanding Toyota Avanza terkadang tidak terlihat secara jelas oleh banyak calon konsumennya. Hal tersebut lantaran Xenia kerap dianggap opsi kedua setelah Avanza ketika hendak memilih mobil keluarga dengan harga relatif terjangkau. Ya, pasar mobil keluarga di Indonesia memang selalu kompetitif, namun di segmen Low MPV selalu ada dua pemain utama yang telah lama bersaing: Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini sebanarnya menggunakan platform yang serupa dan sa

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Neta S
Lihat