Keunggulan Chevrolet Spin yang membuatnya banyak diminati antara lain kelengkapan fitur serta punya opsi mesin diesel, disaat rival-rivalnya tidak punya hal itu.
Padahal ketika muncul di Indonesia, Chevrolet harus menghadapi duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sedang jaya-jayanya.
Chevrolet Spin pertama kali diluncurkan oleh PT General Motors Indonesia (GMI) di Tanah Air pada kuartal pertama 2013.
Sebagai Low MPV 7-seater, saat itu Spin dihadapi dengan beberapa pesaing terberatnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.
Namun sayang, nasib mobil keluarga asal Negeri Paman Sam tersebut tak seberuntung beberapa kompetitor terdekatnya.
Tercatat PT GMI hanya mampu mempertahankan Chevrolet Spin selama tiga tahun di pasar otomotif Tanah Air.
Sebagai mobil keluarga, harga bekas Chevrolet Spin saat ini jauh berada di bawah pesaingnya.
Ditawarkan mulai dari Rp80 juta untuk harga bekasnya, Spin sendiri memiliki sejumlah keunggulan yang tidak banyak dimiliki rivalnya.
Baca juga: Pernah Jadi SUV Terbuas, Ketahui 5 Kekurangan Chevrolet Trailblazer
Mayoritas mobil Amerika memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan Jepangan, begitupun pada Chevrolet Spin ini.
Seperti yang dapat dilihat di bagian luar, mobil ini sudah dilengkapi fitur follow me home serta pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi.
Lainnya, Spin dibekali spion elektrik dengan pelipatan otomatis, wiper belakang dan defogger di beberapa tipenya.
Melihat bagian dalam, di beberapa varian dibekali head unit 2din dengan konektivitas CD, MP3, USB, AUX/IN, dan juga bluetooth.
Pada varian Activ, pabrikan melengkapinya dengan audio switch control yang memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan beberapa pengaturan.
Tidak dimiliki pesaingnya, untuk panel instrument Spin sudah menggunakan tampilan digital yang tampak begitu modern sekaligus informatif.
Baca juga: Selain Mesin Ini Bedanya Chevrolet Spin 1.2L dan 1.5L, Harganya Sudah di Bawah Rp100 Juta
Jika kebanyakan pesaingnya memiliki double blower yang diletakan antara baris pertama dan kedua, untuk Spin setiap barisnya mendapatkan kisi-kisi AC yang menempel rata dengan plafon.
Menariknya, mobil ini memiliki jok dengan pengaturan adjustable untuk pengemudi sehingga dapat mengatur posisi duduk yang nyaman,
Untuk diketahui Spin juga sudah dibekali dengan tilt steering, power window di semua jendela, EPS dan 32 laci penyimpanan barang.
Perlu diketahui juga untuk joknya mobil ini memiliki busa tebal yang terasa nyaman ketika digunakan.
Tak hanya itu, untuk peredam kabinnya juga tebal sehingga dapat meredam suara bising dari luar.
Untuk plat bodi Chevrolet Spin lebih tebal dibandingkan pesaingnya, dengan begitu bodinya tidak mudah penyok ketika mengalami benturan.
Selain plat bodi yang tebal, mobil ini memiliki kesan tangguh dan berotot berkat perpaduan antara garis tegas serta lekukan yang diterimanya.
Bicara keselamatan berkendara, keunggulan Chevrolet Spin juga ada di sisi ini karena telah mendapatkan ABS, EBD dan BA.
Bukan hanya itu, ada pula fitur lainnya yakni; dual SRS airbags, pedestrian protection, crumple zone, dan side impact protection beam.
Mengenai keamanan berkendaranya sudah dilengkapi foldable key dengan immobilizer dan theft deterent.
Baca juga: Pakai Basis yang Sama, Mending Pilih Wuling Confero atau Chevrolet Spin?
Disinilah keunggulan Chevrolet Spin yang cukup signifikan dibanding rival-rivalnya.
Jika pesaingnya paling banyak hanya memiliki dua opsi mesin bensin, Chevrolet Spin hadir dengan tiga pilihan mesin, yakni 1.2 dan 1.5 bensin, kemudian 1.3 diesel.
Baik mesin bensin 1.2 maupun 1.5 sama-sama mengusung 4-silinder segaris DOHC 16 valve dual VVT-i dengan teknologi multi point fuel injection.
Untuk performa yang dihasilkan, jantung pacu berkapasitas 1.299 cc dapat meletupkan tenaga 86 PS di 5.600 rpm dan torsi 115 Nm pada 4.000 rpm.
Selanjutnya mesin dengan kapasitas 1.485 cc yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 142 Nm pada 3.800 rpm.
Lantas bagaimana dengan varian diesel?
Jantung pacu 4-silinder segaris common rail direct injection with turbocharger berkubikasi 1.248 cc yang dibenamkan mampu menghasilkan tenaga 75 PS di 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada putaran 1.750 rpm.
Kebanyakan pesaingnya menggunakan transmisi matic 4-percepatan torque converter serta CVT, Chevrolet Spin justru dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan tiptronic yang terasa repsonsif khusus untuk mesin bensin 1.5.
Mengusung teknologi tiptronic, pengemudi dapat mengatur naik turunnya gigi secara manual sesuai dengan kebutuhan berkendara.
Oh iya, selain matic, Spin juga hadir dengan transmisi manual 5-percepatan yang bisa dijumpai di mesin bensin 1.2 dan 1.5, serta 1.3 diesel.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}