5 Keunggulan Chevrolet Spin yang Tidak Dimiliki Avanza, Ertiga Dkk

Keunggulan Chevrolet Spin yang membuatnya banyak diminati antara lain kelengkapan fitur serta punya opsi mesin diesel, disaat rival-rivalnya tidak punya hal itu.

Padahal ketika muncul di Indonesia, Chevrolet harus menghadapi duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sedang jaya-jayanya.

Chevrolet Spin pertama kali diluncurkan oleh PT General Motors Indonesia (GMI) di Tanah Air pada kuartal pertama 2013.

Sebagai Low MPV 7-seater, saat itu Spin dihadapi dengan beberapa pesaing terberatnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Spin diproduksi di pabrik Pondok Ungu, Bekasi

Namun sayang, nasib mobil keluarga asal Negeri Paman Sam tersebut tak seberuntung beberapa kompetitor terdekatnya.

Tercatat PT GMI hanya mampu mempertahankan Chevrolet Spin selama tiga tahun di pasar otomotif Tanah Air.

Sebagai mobil keluarga, harga bekas Chevrolet Spin saat ini jauh berada di bawah pesaingnya.

Ditawarkan mulai dari Rp80 juta untuk harga bekasnya, Spin sendiri memiliki sejumlah keunggulan yang tidak banyak dimiliki rivalnya.

Baca juga: Pernah Jadi SUV Terbuas, Ketahui 5 Kekurangan Chevrolet Trailblazer

1. Chevrolet Spin Punya Fitur Jempolan

Interior Chevrole Spin

Mayoritas mobil Amerika memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan Jepangan, begitupun pada Chevrolet Spin ini.

Seperti yang dapat dilihat di bagian luar, mobil ini sudah dilengkapi fitur follow me home serta pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi.

Lainnya, Spin dibekali spion elektrik dengan pelipatan otomatis, wiper belakang dan defogger di beberapa tipenya.

Melihat bagian dalam, di beberapa varian dibekali head unit 2din dengan konektivitas CD, MP3, USB, AUX/IN, dan juga bluetooth.

Pada varian Activ, pabrikan melengkapinya dengan audio switch control yang memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan beberapa pengaturan.

Tidak dimiliki pesaingnya, untuk panel instrument Spin sudah menggunakan tampilan digital yang tampak begitu modern sekaligus informatif.

Baca juga: Selain Mesin Ini Bedanya Chevrolet Spin 1.2L dan 1.5L, Harganya Sudah di Bawah Rp100 Juta

Penumpang baris ketiga dilengkapi AC yang menempel pada plafon

Jika kebanyakan pesaingnya memiliki double blower yang diletakan antara baris pertama dan kedua, untuk Spin setiap barisnya mendapatkan kisi-kisi AC yang menempel rata dengan plafon.

Menariknya, mobil ini memiliki jok dengan pengaturan adjustable untuk pengemudi sehingga dapat mengatur posisi duduk yang nyaman,

Untuk diketahui Spin juga sudah dibekali dengan tilt steering, power window di semua jendela, EPS dan 32 laci penyimpanan barang.

Perlu diketahui juga untuk joknya mobil ini memiliki busa tebal yang terasa nyaman ketika digunakan.

Tak hanya itu, untuk peredam kabinnya juga tebal sehingga dapat meredam suara bising  dari luar.

2. Bodi Tebal

Tampilan belakang Spin

Untuk plat bodi Chevrolet Spin lebih tebal dibandingkan pesaingnya, dengan begitu bodinya tidak mudah penyok ketika mengalami benturan.

Selain plat bodi yang tebal, mobil ini memiliki kesan tangguh dan berotot berkat perpaduan antara garis tegas serta lekukan yang diterimanya.

3. Fitur Keselamatan Lengkap di Zamannya

Tampilan depan Chevrolet Spin

Bicara keselamatan berkendara, keunggulan Chevrolet Spin juga ada di sisi ini karena telah mendapatkan ABS, EBD dan BA.

Bukan hanya itu, ada pula fitur lainnya yakni; dual SRS airbags, pedestrian protection, crumple zone, dan side impact protection beam.

Mengenai keamanan berkendaranya sudah dilengkapi foldable key dengan immobilizer dan theft deterent.

Baca juga: Pakai Basis yang Sama, Mending Pilih Wuling Confero atau Chevrolet Spin?

4. Punya Banyak Pilihan Mesin

Mesin bensin 1.5 Spin

Disinilah keunggulan Chevrolet Spin yang cukup signifikan dibanding rival-rivalnya.

Jika pesaingnya paling banyak hanya memiliki dua opsi mesin bensin, Chevrolet Spin hadir dengan tiga pilihan mesin, yakni 1.2 dan 1.5 bensin, kemudian 1.3 diesel.

Baik mesin bensin 1.2 maupun 1.5 sama-sama mengusung 4-silinder segaris DOHC 16 valve dual VVT-i dengan teknologi multi point fuel injection.

Untuk performa yang dihasilkan, jantung pacu berkapasitas 1.299 cc dapat meletupkan tenaga 86 PS di 5.600 rpm dan torsi 115 Nm pada 4.000 rpm.

Selanjutnya mesin dengan kapasitas 1.485 cc yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 142 Nm pada 3.800 rpm.

Lantas bagaimana dengan varian diesel?

Jantung pacu 4-silinder segaris common rail direct injection with turbocharger berkubikasi 1.248 cc yang dibenamkan mampu menghasilkan tenaga 75 PS di 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada putaran 1.750 rpm.

5. Gunakan Transmisi Matic 6-Percepatan

Transmisi matic Spin

Kebanyakan pesaingnya menggunakan transmisi matic 4-percepatan torque converter serta CVT, Chevrolet Spin justru dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan tiptronic yang terasa repsonsif khusus untuk mesin bensin 1.5.

Mengusung teknologi tiptronic, pengemudi dapat mengatur naik turunnya gigi secara manual sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Oh iya, selain matic, Spin juga hadir dengan transmisi manual 5-percepatan yang bisa dijumpai di mesin bensin 1.2 dan 1.5, serta 1.3 diesel.

Baca juga: Harga Rp 100 Jutaan, Simak Kelebihan Chevrolet Spin Diesel Yang Lebih Layak Dipilih Dari Toyota Calya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max MB

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

CARSOME Ubah Stigma Mobil Bekas, Jual Beli Semakin Tenang dan Terpercaya

Sekitar 5 tahun lalu, mungkin masih banyak orang yang ragu saat membeli mobil bekas. Mereka takut tertipu karena awam dengan dunia otomotif. Namun kehadiran CARSOME di Indonesia mengubah stigma yang melekat pada mobil bekas selama ini. Dahulu membeli mobil bekas hanya dilihat dari tampilan luar, dalam dan test drive beberapa jam saja. Ketika mobil incaran terlihat mulus bodinya, terlihat terawat bagian interiornya, dan dicoba hanya sebentar masih terasa enak, langsung dicap sebagai mobil bekas b

8 Keunggulan Daihatsu Xenia Dibanding Toyota Avanza yang Sering Tidak Terlihat

Keunggulan Daihatsu Xenia dibanding Toyota Avanza terkadang tidak terlihat secara jelas oleh banyak calon konsumennya. Hal tersebut lantaran Xenia kerap dianggap opsi kedua setelah Avanza ketika hendak memilih mobil keluarga dengan harga relatif terjangkau. Ya, pasar mobil keluarga di Indonesia memang selalu kompetitif, namun di segmen Low MPV selalu ada dua pemain utama yang telah lama bersaing: Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini sebanarnya menggunakan platform yang serupa dan sa

Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Honda Jazz GE8 Tipe A dan S

Honda Jazz GE8 atau generasi kedua Jazz di Tanah Air untuk kondisi bekasnya hingga saat ini masih banyak diburu. Berbeda saat pertama kali meluncur pada 2008, Jazz ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan RS. Pada versi penyegaran yang diluncurkan pada April 2013, genersi kedua Jazz di Indonesia hadir dalam tiga varian, A, S dan RS. Sekedar informasi, saat itu Jazz A dibandrol Rp191 juta dan Rp205,5 juta untuk varian S. Mengenai pasaran harga bekasnya, kini Jazz lansiran 2013 diniagakan mulai da

5 Risiko Parkir Mobil di Luar Rumah Beserta Cara Pencegahannya

Parkir mobil di luar rumah kerap kali menimbulkan keributan dengan tetangga atau pengguna jalan yang lain. Sebab tak jarang, oknum-oknum yang parkir sembarang ini tidak memperdulikan posisi kendaraannya dimana terparkir. Mengingat kadang kala, mereka parkir dengan posisi mobil menjorok ke tengah jalan, atau tak mempedulikan mobil yang terparkir ada di sudut persimpangan jalan yang pada akhirnya membuat kendaraan lain tak bisa lewat. Kalau sudah begini, maka ujung-ujungnya saling caci maki, hingg

Dealer Ford di Indonesia Bakal Kembali Makin Banyak

Ford melalui Agen Pemegang Resminya, RMA Indonesia dipastikan akan menambah jaringan penjualan atau dealer Ford di Indonesia. Ya, setelah undur diri di kancah otomotif nasional pada tahun 2016, maka pada Maret 2022 Ford kembali dan memilih RMA Indonesia untuk menggerakan bisnis. Kabar terbaru, RMA Indonesia mengumumkan kerjasama strategisnya dengan PT Trijaya Auto Mandiri, untuk mendirikan dealer resmi Ford di Jakarta Barat. Baca juga: Ford Ranger PHEV Bakal Dirilis, Bisa Jadi Genset Berjalan Me

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil