Mengadu kemampuan Isuzu MU-X 2021 vs Mitsubishi Pajero 2020

Bersaing dalam memperebutkan konsumen di pasar Sport Utility Vehicle (SUV), Isuzu MU-X 2021 yang baru saja di luncurkan harus menantang Mitsubishi Pajero 2020 sebagai penguasa pasar saat ini. Isuzu All New MU-X  2021 hadir dengan tampilan impresif, namun tentu kita harus menguji demi memastikan keunggulannya.

Setelah peluncuran secara resmi yang dilakukan di Thailand, rekan kami dari www.autofun.co.th berkesempatan langsung menguji setelah mendapatkan undangan dari Isuzu Thailand. Memang tidak banyak pengujian yang dapat dilakukan, namun paling tidak dapat mengetahui banyak tentang Isuzu MU-X 2021 dan membandingkan dengan Mitsubishi Pajero 2020.

Kehadiran Ladder Frame unggulan dari Isuzu, tentu misi utama adalah mengembalikan All New MU-X ke peringkat pertama dalam penjualan Thailand yang masuk dalam segmen Passenger pickup vehicle (PPV). Untuk saat ini, Isuzu MU-X harus menghadapi Mitsubishi Pajero dan pesaing lainnya yang semakin gencar melakukan promosi. Hingga bulan ke Sembilan di tahun 2020, Isuzu MU-X harus puas berada diurutan ketiga.

Hal ini mungkin disebabkan, Isuzu MU-X cukup terlambat dalam meluncurkan produk terbarunya. Tetapi berbeda dengan pesaingnya yang cukup bersemangat menghadirkan produk baru dan melakukan berbagai promosi.

Penampilan Isuzu MU-X 2021 Utamakan Kemewahan Premium

Kesan pertama melihat Isuzu MU-X 2021,  mobil ini merupakan evolusi dari Isuzu D-Max baru (Isuzu D-Max), namun dengan penyempurnaan detail bodi agar terlihat lebih mewah dan premium pada eksteriornya. Namun interiornya fokus pada penambahan banyak perlengkapan agar mobil lebih menarik untuk digunakan.

Saat itu D-Max Mobil terlihat sporty, kuat, tangguh untuk fokus pada persaingan searah dengan kompetitornya secara jelas. Namun saat berkembang menjadi MU-X Sepertinya Isuzu sedang berusaha merobek mobil premium yang diunggulkan di persaingan sengit perang SUV tersebut.

Desain gril 3D yang menawan,  posisi lampu depan dengan garis lampu LED memainkan pola yang indah. Begitu pula dengan komposisi fog lamp yang memberikan kesan gagah. Bagian body pun membesar dengan dimensi terbesar dikelasnya. Ditambah lagi dengan penggunaan pelek berukuran 20 inci yang memiliki motif mirip bunga, membuat mobil ini lebih mewah daripada tangguh.

Bagian belakang mobil memberikan suasana SUV berukuran besar yang mengedepankan desain pintu belakang yang bulat dan mengembang membuat Isuzu MU-X 2021 layak disandingkan untuk bersaing melawan Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner.

Desain yang mewah dari Isuzu MU-X 2021, jika dilihat sekilas paling mirip dengan Ford Everest (Ford Everest). Namun disain pada Isuzu MU-X lebih halus dan elegan. Pastinya, tampilan dari Isuzu MU-X 2021 sebagai pesaing Mitsubitshi pajero 2020 merupakan disain yang mewah dan tentunya menaarik perhatian siapa pun. Bisa dikatakan, tim disain Isuzu MU-X 2021 berhasil dengan melakukan disain.

Interior Isuzu MU-X 2021 Mengutamakan Fitur

Mengambil dasar dari Isuzu D-Max, sebenarnya kabin Isuzu MU-X 2021 tidak berbeda dengan Isuzu D-Max V-Cross. Hal tersebut dapat dilihat dari posisi jok dan tata letak di dalam kabin. Begitu pula dengan posisi pengemudi yang tidak mengalami sentuhan seperti D-Max. Cara termudah menegtahui perbedaanya tentu dengan mengendarainya.

Namun, sebenarnya kabin Isuzu MU-X 2021 telah mengalami ubahan secara detail yang membuatnya lebih mewah. Hal pertama adalah memilih warna emas sampanye untuk menghiasi kabin, membuat tampilan mobil lebih mahal. Warna emas tersebut sangat cocok terpadu dengan jok berwarna coklat. Suasana kabin Isuzu MU-X 2021 serasa lebih hangat sehingga sangat nayam digunakan untuk keluarga.

Walau pun konsol depan tidak berubah seperti milik D-Max, namun dibuat lebih besar sehingga menyesuaikan posisi duduk. Tempat penyimpanan bagain atas telah diganti dengan kompartemen CD. Sedangkan di dekat tuas persneling terdapat rem tangan elektrik dengan sistem Auto Hold. Mungkin ini pertama kalinya diadopsi Isuzu. Sedangkan desain lainnya pada desain keseluruhan tidak berbeda.

Ketujuh kursi diposisikan sedikit lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses keluar maupun masuk kabin lebih mudah. Visibilitas para penumpang pun sangat baik. Namun untuk menambah ruang kaki atau leg room, sepertinya jok Isuzu MU-X 2021 pesaing Mitusbishi Pajero sedikit dipapras. Hasilnya leg room cukup luas, begitu pula bagi penumpang di baris ketiga.

Kabin Isuzu MU-X 2021, benar-benar dirancang untuk dapat digunakan hingga tujuh orang. Untuk kursi baris kedua di tengah dapat ditarik keluar dari sandaran tangan tersembunyi tempat tempat cangkir berada. Sementara kursi baris ketiga memiliki cup holder dengan kompartemen penyimpanan untuk kedua penumpang. Urusan pendingin udara, sistem AC berjalan melalui atap mobil.

Area bagasi penyimpanan memiliki ruang sangat besar. Terdapat kompartemen penyimpanan kecil di bagian belakang karena posisi ban cadangan  berada di bawah mobil seperti versi Isuzu MU-X sebelumnya. Jok ketiga bisa dilipat dengan rata sehingga makin menambah ruang penyimpanan di bagasi.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, tidak adanya sunroof pada Isuzu MU-X 2021, padahal Mitsubishi Pajero maupun Toyota fortuner telah menyediakan fitur tersebut. Mungkin karena cukup sulit memasang yang disebabkan sistem AC berada di bagian atap, Namun kenapa Mitsubishi Pajero 2020 maupun Toyota Fortuner dapat melakukannya?

Mesin dan sistem keamanan Isuzu MU-X 2021

Mesin Isuzu MU-X 2021, tersedia dalam dua varian, yakni mesin diesel 4 silinder 1.9 liter Ddi Blue Power turbocharged yang menghasilkan tenaga maksimum 150 Ps pada 3.600 rpm dengan torsi maksimum 350 Nm pada 1.800 - 2.600. Rpm. Mesin ini dianggap model berkapasitas lebih kecil dari Isuzu MU-X sebelumnya dan tentunya mengikuti tren saat ini.

Untuk tipe mesin lain dari Isuzu MU-X 2021 adalah mesin diesel Commonrail Direct Injection 4 silinder dengan turbocharger VGS sirip variabel. Dan intercooler 3.0 liter dengan tenaga maksimal 190 Ps pada 3.600 rpm, dengan torsi maksimal 450 Nm pada 1.600 - 2.600 rpm.

Powertrain tersedia sebagai transmisi manual pada versi mesin kecil. Tetapi juga tersedia dalam transmisi otomatis 6 percepatan. Hampir seluruh varian menggunakan sistem gerak 2WD. Namun hanya varian tertinggi dari Isuzu MU-X 2021 yang hanya tersedia dalam 4WD.

Terlepas dari tampilan yang mengedepankan kemewahan, Isuzu MU-X 2021 telah meningkatkan performa berkendara off-road.  Dengan menggunakan suspensi coil spring dengan peredam kejut gas 4 roda. Pada suspensi depan dengan double wishbone, sedangkan suspensi belakang 5-link dengan penyempurnaan baru. Tentunya suspensi ini dapat meredam jalan kasar dan medan off road.

Khusus pada varian tertinggi pada Isuzu All-New MU-X telah mengadopsi sistem keamanan yang berfokus untuk mencegah terjadinya kecelakaan yakni ADAS (Advanced Driver Assistance Systems). Dengan menggunakan dua kamera pintar yang lebih akurat dibanding 1 kamera. Sistem kerjanya dengan mendeteksi secara dini objek di depan melalu 2 radar dan 8 sensor di sekitar Isuzu MU-X 2021.

ADAS pada Isuzu MU-X 2021 terbilang istimewa dengan pengaturan secara manual untuk mengatur batas kecepatan. Dengan sistem ini, maka Isuzu MU-X 2021 dapat pengunci kecepatan untuk menjaga jarak dari kendaraan di depan, sistem stop and go otomatis, menghentikan Isuzu MU-X 2021  dan otomatis mengikuti kendaraan di depan. Sistem peringatan saat Isuzu MU-X 2021 meninggalkan jalur hingga sistem deteksi kebutaan atau blind spot.

Sistem peringatan tabrakan depan pada Isuzu MU-X 2021 bekerja dengan sistem bantuan rem darurat otomatis dengan memanfaatkan sistem anti-throttle ketika terdapat penghalang di depan. Sistem peringatan lalu lintas belakang saat memutar kendaraan. Dan secara darurat dapat berhenti secara otomatis ketika terdapat kecelakaan. Yang tidak kalah penting di Isuzu MU-X 2021 adalah 6 airbag sebagai pelindung benturan.

Hasil Menguji Isuzu MU-X 2021

Dalam pengujian Isuzu MU-X 2021 yang dilakukan oleh www.autofun.co.th, sebenarnya waktunya sangat singkat hanya 2  hingga lap di Bridgestone Test Track. Dengan area yang telah jelas dalam pengujian, sebenarnya tidak dapat merasakan langsung kemampuan dari Isuzu MU-X 2021. Test Drive ini hanya seperti tambahan informasi setelah peluncuran Isuzu MU-X 2021.

Namun yang pasti Isuzu MU-X 2021 hadir dengan beragam teknologi sebagai fokus utamanya. Namun tidak melupakan unsur keselamatan bagi konsumen. Tentu langkah ini setelah fokus pada penghematan bahan bakar.

Dengan disain bodi yang mewah dan besar membuat tampilan Isuzu MU-X 2021 makin terlihat premium untuk bersaing melawan Mitsubishi Pajero maupun Toyota Fortuner. Begitu pula dengan bagian interior dari Isuzu MU-X 2021, selain kombinasi warna dan material, menambah kesan mewah dan premium pada Isuzu MU-X 2021. Penggantian rem tangan menjadi model elektrik dengan tombol berhenti otomatis menambah kesan bagi Isuzu MU-X 2021.

Dalam pengujian Isuzu MU-X 2021 menggunakan varian tertinggi yakni MU-X Ultimate 3.0 A / T 4x4. Karakter mesin dari Isuzu sangat kental terasa saat memulai menyalakan mobil melalui tombol start/stop. Tentu penggemar Isuzu telah memahami karakter mesin ini.

Yang lebih mencengangkan pada Isuzu MU-X 2021 adalah ketajaman lingkar kemudi yang diatur dengan sempurna agar sesuai dengan bobot kendaraan. Saat diajak manuver ke kiri – kanan, mobil tidak menunjukan gejala limbung. Fitur pengingat melintasi jalur pun bekerja dengan baik sebagai andaan Isuzu MU-X 2021.

Menggeser bobot Isuzu MU-X 2021 bagian depan, belakang dan kiri maupun kanan selama test drive menunjukan hasil sangat baik.  Tentu berkat telah mengadopsi beberapa stabilisasi karena Isuzu MU-X 2021 sangat tinggi, tetapi memang tidak sesuai harapan. Dan Isuzu MU-X 2021 memiliki mobilitas dalam berkendara yang baik dibandingkan dengan ukuran mobilnya

Sistem rem memberikan respon yang baik. Jika ingin memperlambat mobil dengan kecepatan sedang cukup menakan sedikit pedal saja sehingga Isuzu MU-X 2021 akan melambat. Tetapi jika sudah rem darurat dengan tekanan gas yang parah, Isuzu MU-X 2021 akan sedikit terangkat pada bagian belakangnya. Hal tersebut dapat dilihat dari pengujian sistem rem otomatis.

Penyerapan suspensi pada body Isuzu MU-X 2021 lebih baik dari yang diharapkan. Dampaknya mobil mulus dan cocok untuk semua jalan. Dan mendukung perubahan jalur secara mendadak.

Untuk suara yang masuk dalam kabin Isuzu MU-X 2021, ternyata cukup senyap. Suara yang paling terdengar keras adalah ketika pedal gas Isuzu MU-X 2021 dibejek habis hingga mesin meraung.

Ubahan Isuzu MU-X 2021 demi menyenangkan konsumen

Dengan berbagai fitur berteknologi yang telah disematkan pada Isuzu MU-X 2021, tak bisa diupungkiri ini adalah langkah Isuzu untuk memberikan kenyamanan dan menyenangkan konsumen mereka.

Memang berbagai hal yang diubah demi mengikuti perkembangan zaman. Namun pastinya Isuzu MU-X 2021 tetap mempertahankan fitur lama seperti colokan listrik, selain port USB. Tanpa disadari, cukup banyak para eksekutif yang kerap melakukan pekerjaan di dalam mobil. Dan jujur, saya juga sangat menyukai fitur ini.

Atau Isuzu MU-X 2021 masih mempertahankan instalasi pemutar CD yang tetap disediakan. Padahal sistem hiburan telah mendukung Wi-Fi, Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk performa mesin, sebenarnya harapan adalah menyesuaikan bodi gagah dan mewah. Tetapi respon mesin masih kurang agresif sehingga dirasakan kurang mumpuni.

Namun pastinya, saya sangat penasaran dengan menunggu kehadiran Isuzu MU-X 2021 di Indonesia sebagai pesaing Mitsubishi Pajero maupun Toyota Fortuner di pasar SUV. Keinginan menguji langsung Isuzu MU-X 2021 di berbagai medan dengan suasana keindahan Indonesia menjadi hal yang utama.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai w...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu MU-X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

All New 2021 Isuzu MU X!

ALL-NEW 2021 ISUZU MU-X, INTERIOR, EXTERIOR DETAILS

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu MU-X
Lihat