Test Drive Mitsubishi Xforce, Ada 4 Hal yang Bikin Penasaran dan Wajib Diketahui

Mitsubishi Xforce jadi produk baru yang kini sudah terpesan lebih dari 4.000 unit dan siap bersaing dengan sederet mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Kompak di Tanah Air. 

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI melepas acara media Test Drive Mitsubishi Xforce di Yogyakarta

Ya, ketiga kota ini rupanya sengaja dipilih, karena jalanan yang dilalui cukup mewakili kondisi medan di Indonesia, dimana kontur jalanan ada aspal mulus, bergelombang, bebatuan, berpasir, jalan sempit, hingga tanjakan dan turunan cukup curam.

Oia, dalam pengujian kali ini, Autofun turut jadi bagian dari rombongan Media Test Dirve yang menjajal bagaimana rasa berada di balik kemudi dan kabin Mitsubishi Xforce khususnya tipe paling atas, Ultimate. Berikut ulasannya:

Baca juga: Punya Tampang Macho, Mitsubishi XForce Bikin Kaum Hawa Jatuh Cinta

1. Performa Mitsubsihi Xforce 

Perjalanan Media Test Drive Mitsubishi Xforce dilakukan di Yogyakarta, Solo dan Semarang

Hal pertama yang harus dan wajib diulas adalah bagaimana performa dari Xforce.

Seperti diketahui, Xforce mengusung jantung pacu berkode 4A91, yang dipasang mesin DOHC, 16 valve, berkapasitas 1.5 liter, yang menyemburkan daya 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. 

Lalu bagaimana performa mobil ini jika diajak ngebut?

Hal pertama saat berada di balik kemudi, tentu mengatur posisi stir yang tepat, baik tilt maupun telescopic agar nyaman ketika mengemudi. 

Mesin Mitsubishi Xforce

Sejurus kemudian mesin dinyalakan hanya dengan menekan tombol start/ stop, transmisi dipindahkan ke D, dan pedal gas diinjak, handling mobil ini memang terasa ringan berkat penggunaan Electric Power Steering yang tepat saat penyetingan.

Terlebih lagi, saat dibawa melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km per jam, tak ada kendala berarti pada mobil ini, seperti terasa goyang. 

Usut punya usut, kenyamanan berkendara Xforce tak lepas dari keberadaan fitur Active Yaw Control (AYC) yang sanggup meningkatkan performa saat bermanuver, dan juga adanya Active Stability Control (ASC) sehingga bisa mendeteksi oversteer atau understeer. 

Mitsubishi Xforce menuju Semarang

Oia, Mitsubishi Xforce juga memiliki empat mode berkendara, yaitu Normal, Wet, Gravel dan MUD. Hanya saja, karena jalanannya didominasi aspal, Autofun cukup mengaktifkan mode normal. 

Mitsubishi Xforce juga sudah dilengkapi sistem Continuous Variable Transmission (CVT),  dimana saat ingin melakukan perpindahan gigi transmisi, rasanya sangat halus dan minim hentakan. 

Alhasil saat berakselerasi, pengemudi akan sangat mudah memacu mobil, karena CVT yang disetel memang sangat responsif. 

Mitsubishi Xforce melakukan perjalanan dengan kondisi jalan yang berbeda-beda 

Tapi perlu dicatat, mobil SUV kompak ini ternyata punya fitur DS yang posisinya menempel di tuas transmisi. 

Berkat fitur DS yang diaktifkan dengan cara bagian tombol dipencet, maka akselerasi Xforce jadi cekatan, sehingga mobil jadi terasa enteng, karena sekali injak pedal gas mobil langsung ngacir.

Hebatnya lagi, saat melintasi jalanan menanjak dan berkelok jadi semakin lincah, sedangkan ketika turunan maka Engine Brake akan aktif.

Tampak belakang Mitsubishi Xforce

Perlu diketahui, penggunaan fitur DS kemungkinan akan sangat berguna saat Anda ingin menyalip mobil yang di depan. 

Pasalnya, jika fitur DS terus-terusan dipakai, maka secara otomatis konsumsi bahan bakar akan lebih terkuras.

Kendati begitu, meski tidak menggunakan fitur DS, mobil ini akan tetap sanggup melibas berbagai kondisi jalan.

2. Melintas jalanan bergelombang dan berliku

Mitsubishi Xforce saat melintasi ke arah Gunung Kidul, Yogyakarta

Saat pertama Xforce resmi diluncurkan dan diperbolehkan untuk menjajalnya, ada yang menyebutkan bahwa pada bagian suspensi terasa keras.

Lantas apakah benar sekeras yang disebut?

Berdasarkan pengujian dilakukan Autofun dan beberapa media yang turut ikut dalam acara tersebut, maka karakter suspensi MacPherson Strut Type, Independent Axle pada bagian depan dan Torsion Beam tidak 100 persen benar. 

Ya, ketika mobil diajak melaju pelan dan beberapa jalan berlubang, mungkin akan terasa sedikit keras.

Mitsubishi Xforce

Namun perlu digaris bawahi, saat mobil dipacu lebih cepat, seperti saat mengeksplorasi jalan berkelok dan bergelombang menuju daerah Gunung Kidul, tepatnya kawasan wisata Goa Pindul.

Anggapan suspensi keras ternyata buyar. Sebaliknya mobil yang dilengkapi penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD) ini sanggup memberikan rasa nyaman di kabin meski mobil melesat kencang melintasi jalur berkelok dan bergelombang.

Meski memiliki Ground Clearance cukup tinggi yaitu 222 mm, saat duduk dibalik kemudi, kita tetap sanggup bermanuver dan berakselerasi dengan baik.

Jalan berliku saat sesi test dirve Mitsubishi Xforce

Demikian juga saat melaju kondisi jalan raya maupun tol dari Yogyakarta menuju Semarang dengan kecepatan di atas 100 km per jam, jika melewati permukaan jalan kriting, suspensi memberikan ayunan tidak sekeras yang dipikirkan. 

Body roll Xforce juga tidak membuat mobil jadi ngampul-ngampul atau limbung, bahkan berbagai guncangan dapat direduksi dengan baik, dan tetap stabil serta mulus. 

Settingan suspensi yang diklaim cocok untuk kondisi jalanan di kawasan Asia Tenggara, diselaraskan dengan velg berukuran 18 inci yang dibalut ban berprofile 225/50.

Belum lagi jok Xforce selain terkesan mewah, rasanya juga empuk, sehingga menambah nyaman saat duduk dibangku pengemudi maupun penumpang.

3. Manjakan pengemudi dan penumpang

Tampilan desain kabin Mitsubishi Xforce

Selama perjalanan Yogyakarta, Solo, sampai ke Semarang, tentu saja rasa bosan bisa melanda.

Namun dengan Xforce, rasa bosan bisa terobati berkat adanya Audio System Dynamic Sound Yamaha Premium.

Audio dari produk Yamaha ini dibenamkan delapan speaker, dengan tweeter di pilar A pada kedua sisi, Woofer di pintu depan, dan Speaker Coaxial dua arah di pintu belakang.

Baca juga: Ini Alasan Mitsubishi Xforce Belum Ada Panoramic Sunroof, Bukan Cuma Soal Efisiensi BBM

Dilengkapi Audio System Dynamic Sound Yamaha Premium, yang dapat mengeluarkan  empat tipe suara berbeda yaitu Signature, Lively, PowerFul dan Relaxing.

Menariknya, kualitas suara bisa disesuaikan dengan kecepatan kendaraan, dan alunan lagu yang diputar tergolong jernih minim gangguan dari suara mesin maupun kondisi di luar kabin.

Posisi suara yang dikeluarkan melalui speaker Yamaha ini bisa disesuaikan, seperti cukup di bagian depan saja, belakang, atau pengemudi.

Selain itu, suara yang dihasilkan dari sistem audio ini sangat mengasyikan, karena nada lagu yang diputar bisa didengar melalui empat tipe suara berbeda yaitu Signature, Lively, PowerFul dan Relaxing.

Oia, sistem audio canggih ini bisa diatur melalui head unit dengan ukuran 12.3 inch, yang bisa terkoneksi melalui Smartphone Link Display Audio, Connected Car Service, dan lainnya.

Dilengkapi konsol boks yang berfungsi fungsi sebagai pendingin minuman selama perjalanan.

Selain fitur audio, hal menyenangkan dari Mitsubishi Xforce yaitu banyaknya ruang penyimpanan yang ada di berbagai sudut di kabin. 

Tapi yang paling unik adalah keberadaan konsol boks di tengah jok depan, yang tak hanya dapat dijadikan sebagai sandaran tangan, tetapi juga memiliki fungsi menjaga minuman jadi tetap dingin selama perjalanan.

AC dilengkapi nanoE™X yang merupakan teknologi penghambat bakteri dan virus

Tak sampai disitu, AC Mitsubishi Xforce juga sudah sangat canggih, karena selain pengaturan temperatur dual zone, AC mobil ini sudah dilengkapi teknologi penghambat bakteri dan virus, yaitu nanoE™X, sehingga menghadirkan udara kabin yang bersih dan segar.

4. Punya banyak fitur menarik 

Selain yang sudah disebutkan di atas, Xforce faktanya punya banyak fitur unik dan menarik, satu diantaranya adalah Driving Score.

Fitur ini dapat merekam cara berkendara pengemudi yang ideal berkat skor yang dicantumkan, baik dari segi akselerasi, steering, maupun saat melakukan pengereman. 

Punya empat mode berkendara

Meski fitur ini sifatnya hiburan, secara tidak langsung pengemudi jadi ingin menjadi sopir yang baik. 

Tapi tidak hanya itu, beberapa fitur lainnya yang disematkan pada mobil ini seperti seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Avionics, Auto Light Control, Rain Sensor, Power Tailgate dan Kick Sensor.

Selain itu ada juga Cruise Control, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), Blind Sport Warning (BSW) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). 

Kesimpulan

Saat berada di kawasan Candi Prambanan

Secara performa Mitsubishi Xforce memang sudah cukup menarik karena mobil ini sangat responsif meski tak menggunakan fitur pendorong seperti DS. 

Suspensi yang sempat bilang keras, ternyata akan sangat berguna ketika berada di jalanan bergelombang, dan berliku.

Jika diakumulasikan untuk mobil seharga Rp382,500.000-Rp419.100.000 sudah siap bersaing untuk menghadapi Honda HR-V, Hyundai Creta, atau Toyota Yaris Cross.

Hanya saja catatan kecil yang perlu mendapatkan perhatian adalah beberapa fiturnya ternyata masih ada yang kurang lengkap, seperti tak ada panoramic sunroof, knop kunci terkesan jadul, kemudian untuk mengatur jok belum elektrik karena masih diputar.

Nah, gimana tertarik beli Mitsubishi Xforce?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xforce

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Yang Bikin Beda XForce dari Yaris Cross, Creta dan HR V!

First Drive Mitsubishi XForce | Enak Di Mata, Enak Juga Dibawa?

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Pendatang Baru, Siap Jadi Pengganggu! | First Look Mitsubishi Xforce

Kelebihan dan kekurangan Opel Blazer adalah sesuatu yang harus Anda ketahui tentang mobil ini sebelum membelinya mengingat harga bekasnya sudah sangat terjangkau. Bagaimana tidak, dengan bandrol tak sampai Rp50 juta, Anda sudah mendapatkan sebuah SUV berdarah Amerika dengan tampilan gagah yang masih layak hingga saat ini. Ya, hegemoni kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air mulai bisa dirasakan di era 90-an. Pada saat itu juga, tahun 1996 General Motors Buana Indonesia (GMBI) memperke
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pernah menjadi salah satu varian tipe dari Ertiga yang dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. Salah satu mobil keluarga terlaris di Indonesia Suzuki memang cukup banyak menghadirkan varian Ertiga. Salah satunya yang pernah dihadirkan adalah Ertiga dengan dapur pacu diesel. Kerennya, Ertiga diesel ini juga mengusung sistem mild hybrid. Mobil yang masuk kategori low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali diluncurkan ke pasaran pada Februari 201
Toyota Avanza G Gen 1 menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia di masanya, bahkan sampai terdapat sebutan kalau bukan tipe G, berarti bukan Avanza. Kalau mau melihat sedikit kilas balik sejarahnya, pertama kali Toyota Avanza diluncurkan pada Desember 2003 dan baru mulai diproduksi Januari 2004. Avanza dibangun menggunakan platform U-IMV yang artinya Under IMV alias posisinya di bawah platform IMV. Sebagaimana kita ketahui, platform IMV dipakai untuk Toyota Kijang Innova (Spe
Honda e:N1 EV 2024 secara resmi mulai diproduksi oleh Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd di pabrik perakitan yang berlokasi di Rojana Industrial Park, Prachin Buri. Unit pertama hasil produksi mobil listrik ini juga sekaligus menandai untuk pertama kalinya Honda memproduksi mobil listrik di Thailand namun dengan tetap memperhatikan standar global dari pabrikan Jepang tersebut. "Hal ini menunjukkan keyakinan bahwa Honda masih menganggap penting bisnis di Thailand, serta sekaligus memberikan nil
PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut nama Toyota Hilux Rangga 2024 untuk produk terbarunya di segmen kendaraan komersil jenis single cab muatan ringan, yang merupakan versi produksi dari Rangga Concept. Diinformasikan bahwa mobil ini bakal diluncurkan secara resmi pada awal tahun depan. Jelang peluncurannya, Hilux Rangga kembali tertangkap kamera baru-baru ini sedang berada di kawasan BSD, Tangerang - Banten. Dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle) sama sep

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xforce
Lihat