Pasaran harga bekas Ford Fiesta kini ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan, jauh lebih murah dibanding harga barunya dulu.
Fiesta pertama kali diperkenalkan Ford Motor Indonesia (FMI) pada 2009 silam sebagai hatchback berpenampilan sporty yang berhadapan langsung dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.
Sebagai informasi, Fiesta yang beredar pertama kali di Tanah Air merupakan generasi ketujuh yang diproduksi global.
Untuk pasar Indonesia, saat diluncurkan pertama kali Fiesta hadir dalam tiga pilihan mesin, yakni 1.400 cc, 1.600 cc dan 1.000 cc turbo (Fiesta Ecoboost).
Berkat kecanggihan, desain menarik, durabilitas tinggi, performa buas serta handling yang stabil, pada tahun 2013 hatchback kompak ini sempat menyabet penghargaan 'Best Small Hatchback of the Year' dalam ajang 'Editor's Pick Awards 2013'.
Tak sedikit orang kepincut Ford Fiesta bekas lantaran memiliki beragam keunggulan.
Lantas alasan apa masyarakat Indonesia lebih memilih Fiesta bekas ketimbang hatchback kompak lain sekelasnya?
Baca juga: Ford Fiesta Tamat Mulai Tahun Depan, Digantikan Oleh Crossover Listrik
Ford Fiesta yang masuk pertama kali di Indonesia ini secara bentuk terlihat begitu proper, sporty dan juga aerodinamis.
Memiliki bentuk berbeda dari hatchback pada umumnya, mobil ini disematkannya banyak garis tegas meruncing serta mempunyai atap rendah.
Menampilkan kesan modern sekaligus tingkat kearodinamisan berkendara, di beberapa bagian bodynya mobil ini dibuat sedikit membulat.
Beranjak ke bagian interior, Ford Fiesta menyuguhkan rasa berkendara yang aman, nyaman dan terasa ergonomis.
Karenanya desain interior yang dimiliki mobil ini dibuat lapang dengan bentuk dashboard lebar dan menurun.
Lainnya kabin mobil ini pun terasa luas dengan dimensi melebar, jok empuk yang dibuat mengikuti lekukan badan serta posisi duduk yang ergonomis.
Ditambah joknya juga memiliki pengaturan tinggi rendah di bagian pengemudi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Bahkan mobil ini memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Seperti yang bisa dijumpai, Fiesta telah disematkan fitur voice command.
Fitur perintah suara ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan beberapa fitur seperti; mengaktifkan sistem infotaiment, merubah channel radio dan track lagu.
Canggihnya fitur tersebut juga dapat mengkoneksikan ponsel dengan head unit melalui jaringan bluetooth, untuk dapat digunakan menelefon maupun menyetel playlist lagu melalui hand phone.
Selain fitur canggih serta kabin yang luas, untuk material yang digunakan mobil ini juga memiliki build quality jempolan.
Selain menggunakan bahan material berkualitas, kabin luas dan jok yang empuk, kelebihan lainnya yang dimiliki Fiesta yakni ada pada peredam kabinnya.
Disampaikan beberapa pemiliknya melalui foru, mobil ini mempunyai kekedapan kabin yang baik dibandingkan pesaingnya.
Selain mendukung fitur voice command, untuk sistem audionya Fiesta memiliki kualitas yang sangat baik.
Karenanya sistem audionya didukung dengan head unit 2din yang dilengkapi prosesor dengan menghasilkan kejernihan suara tingkat atas.
Baca juga: Lahir dari Rahim yang Sama, Ford Fiesta Lebih Menarik dari Mazda2?
Keunggulan yang dimiliki Fiesta lainnya terletak pada fitur keselamatan.
Seperti diketahui bahwa mobil ini sudah disematkan hill launch assist, rear parking sensors, dual airbags, dan rem cakram di semua roda.
Ada pula ABS dan EBD jadi fitur keselamatan standar yang dapat mencegah mobil tergelincir saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.
Lainnya mobil ini juga memperoleh smart keyless entry yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci pintu tanpa harus menekan tombol remot atau memutar anak kunci.
Sedangkan untuk fitur unggulannya mobil ini sudah dilengkapi rain sensing wipers, auto lamp, spion elektrik dengan pelipatan otomatis, dan beberapa lainnya yang tidak bisa kalian jumpai di rivalnya. ?
Ford Fiesta kerap digunakan balapan di ajang rally. Dengan digunakannya dalam ajang balapan tersebut membuktikan bahwa mobil ini memiliki performa serta berkendara yang baik.
Tak sedikit pemiliknya pun menuliskan bahwa dari segi berkendara mobil ini terasa lincah, gesit, serta mempunyai handling yang terbilang impresif ketika diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi
Disampaikan sebelumnya, generasi pertama Fiesta yang dijual di Indonesia ditawarkan dalam tiga pilihan mesin bensin, yakni 1.400 cc, 1.600 cc dan 1.000 cc turbo (Fiesta Ecoboost).
Dari tiga mesin yang dijajakan, disebutkan bahwa mesin Fiesta Ecoboost lah yang memiliki performa paling buas.
Menurut spesifikasi, mesin Ecoboost ini merupakan mesin 3 silinder pertama Ford yang dirancang dan dikembangkan di Jerman dan Inggris.
Meski menggunakan turbocharge dengan ukuran kecil, teknologi yang dimiliki sanggup melecutkan performa tinggi.
Dan menariknya mesin tersebut memiliki split-cooling atau pendinginan mesin menggunakan dua jalur yang memungkinkan mesin dapat mengelola suhu secara baik.
Efek yang dihasilkan mesinnya tersebut mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat dingin, hemat bahan bakar, serta menghasilkan emisi yang lebih rendah.
Mengenai performa yang dihasilkan, menurut data mesin 1.000 cc Turbocharger Ecoboost 3-silinder segaris yang digunakan sanggup mengeluarkan daya hingga 124 HP dengan torsi maksimal di putaran 170 Nm yang dipadukan mengguakan transmisi manual dan otomatis DCT.
Sedangkan untuk mesin 1.400 cc yang disematkan mampu meletupkan tenaga 112 HP dengan torsi maksimum 128 Nm.
Kemudian versi mesin 1.600 cc-nya mampu memperileh daya 120 HP dan torsi maksimum 152 Nm.
Berbeda dengan varian 1.000 cc Turbocharger Ecoboost dan 1.600 cc yang versi maticnya menggunakan DCT, pada model 1.400 cc-nya Fiesta dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter.
Seperti diketahui transmisi torque converter atau matic konvensional ini lebih mudah dari segi perawatan serta tangguh dengan masa pakai panjang.
Kebanyakan mobil dengan transmisi torque converter jarang mengalami kendala yang serius meski mobil kerap digunakan untuk membawa beban berat.
Alasan lain Fiesta menjadi incaran yakni konsumsi BBM yang irit khususnya pada varian 1.000 cc Ecoboost.
Disebutkan bahwa pemakaian dalam kotanya mobil ini sanggup berjalan sejauh 13-14 km/liter dan 19-21 km/liter untuk penggunaan luar kota.
Sedangkan versi 1.400 cc dan 1.600 cc rata-rata pemakaian bahan bakarnya di angka 9-11 km/liter dan 14-16 km/liter ketika mobil dibawa berpergian ke luar kota.
Tak sedikit orang beranggapan bahwa ketersedian spare part Fiesta langka di pasaran.
Hal ini lah yang menjadikan alasan mengapa jarang orang minat terhadap mobil ini dan lebih memilih Jazz maupun Yaris.
Padahal jika kalian tahu untuk suku cadang jenis fast moving di pasaran mobil ini masih mudah dijumpai seperti filter oli, filter udara, kampas rem dan beberapa lainnya.
Bahkan dari segi harga pun tegolong masih terjangkau meski sedikit lebih mahal dari mobil Jepangan sekelasnya.
Baca juga: Kepincut Ford Fiesta Bekas? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membelinya
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}