Hyundai i20 diesel gen 1 merupakan satu-satunya hatchback kompak bermesin diesel yang pernah dijual secara resmi di Tanah Air.
Pabrikan asal Negeri Gingseng berlogo ‘H’ miring, Hyundai, melalui PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), meluncurkan i20 di Indonesia pada tahun 2008.
Saat kemunculan pertamanya i20 ditawarkan dalam dua varian, yakni; GL dan XG yang mana keduanya disematkan mesin berbahan bakar bensin.
Tak hanya itu, selang setahun kemudian PT HMI turut meluncurkan i20 CRDi yang diketahui menggunakan mesin diesel.
Bicara varian mesin dieselnya, i20 untuk pasaran harga bekasnya kini di angka Rp90 jutaan.
Punya harga bekas yang cukup menggiurkan, jika kalian penasaran ingin melihat lebih dekat Hyundai i20 diesel, simak terus ulasan berikut.
Kehadiran i20 merupakan suksesor Hyundai Getz, pesaing utama Honda Jazz dan Toyota Yaris.
Dibandingkan Getz, i20 baik bensin maupun diesel memiliki desain lebih membulat yang membuatnya terlihat jauh lebih modern.
Untuk diketahui generasi pertama i20 yang ada di Indonesia merupakan mobil hatchback yang didesain di Rüsselsheim, markas desain Hyundai di benua Eropa dan desain oleh Thomas Bürkle.
Maka dari itu desain khas Eropa pada mobil ini terasa sangat begitu kental.
Juga dipasarkan di India dan beberapa negara di Eropa, jika melihat lebih dekat pada bagian fascia mobil ini tampak sporty sekaligus stylish.
Hal tersebut dapat dilihat dari bagian bumpernya, dimana untuk bumpernya mobil ini disematkan foglamp dengan rumah foglamp yang diibuat lebih condong ke depan.
Sedangkan untuk lampu utamanya memiliki reflektor dengan bentuk oval dan lebar.
Berkat desainnya yang diterima, i20 terlihat seperti mobil balap rally.
Melihat bagian samping, i20 dilengkapi spion elektrik dengan pelipatan otomatis, serta memiliki atap yang terlihat rendah dan dibuat menurun ke belakang.
Dengan desain yang diterima harusnya mobil memiliki tingkat aerodinamika berkendara yang baik.
Oh iya, mobil ini juga memiliki garis tegas pada bagian pinggangnya yang dibuat melengkung pada bagian belakang.
Garis yang diterima membuat mobil ini terlihat stylish, terlebih adanya juga lekukan di bagian bawah pintu.
Beranjak buritannya, desain yang diterima i20 gen 1 ini menurut kami terlihat proper.
Yang mana desain lampu, pintu bagasi serta bumpernya pas, yang menunjukan kesan sporty modern.
Sebagai produk global, i20 diesel menawarkan kenyamanan serta gaya berkendara yang fun to drive.
Pertama-tama untuk tampilan dashboard mobil ini memiliki desain lapang sekaligus juga terlihat dinamis.
Dikombinasikan dengan dua warna, grey dan krem, di bagian center clusternya mobil ini dilengkapi layar MID berukuran kecil yang dapat menyajikan beragam informasi saat berkendara.
Tepat di bawah sistem hiburannya mobil ini disematkan head unit 2din yang mendukung beragam konektivitas modern di zamannya.
Menariknya untuk melakukan penyetelan format pada sistem hiburannya tersebut dapat dikendalikan secara langsung melalui lingkar kemudinya dengan fitur steering remote control.
Selain itu pula untuk sistem pendingin udara atau AC mobil ini memiliki pengaturan arah semburan lengkap berikut dengan heater.
Untuk meter clusternya selain dilengkapi odometer, i20 diesel mendapatkan tachometer.
Agar berkendara terasa lebih nyaman, pada sisi pengemudi juga dilengkapi tilt and telescopic steering yang mana untuk setirnya dapat diatur maju-mundur serta tinggi-rendah menyesuaikan kebutuhan.
Mobil ini pun memiliki laci penyimpanan terbuka maupun tertutup dengan jumlah cukup banyak yang tersebar mulai dari depan hingga belakang entah di bagian samping maupun consol tengahnya.
Mengenai fitur unggulan lainnya, mobil ini berhasil mendapatkan power window, serta power steering elektrik yang dinamai Motor Driven Power Steering (MDPS).
Sebagai informaasi tambahan ruang kabinnya mobil ini cukup lega untuk sekelas hatchback kompak.
Dimana setiap barisnya juga mendapatkan headrest dengan pengaturan adjustable.
Mengenai ruang bagasi, mobil ini memiliki volume cukup besar dengan tambahan tonneau yang dapat menjaga privasi barang bawaan.
Baca juga: Begini Teaser Hyundai All New i20 N, Hatchback Imut dengan DNA Rally
Menyoal keselamatan berkendara i20 diesel terbilang moderat, tidak banyak juga tidak sedikit.
Meski begitu mobil ini dalam uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP berhasil meraih lima bintang, atau nilai sempurna.
Dari segi keselamatan sendiri untuk fitur yang disematkan antara lain hanya seatbelt, airbags system serta pengreman Antilock Brake System (ABS) generasi terbaru dengan fitur Electronic Brake force Distribution (EBD) di semua roda serta Electronic Stability Program (ESP).
Oh iya, untuk sistem pengeremannya sudah menggunakan cakram di keempat roda.
Hyundai i20 diesel dibekali mesin diesel 1.396 cc CRDi (Common Rail Direct Injection) 4-silinder segaris turbocharger.
Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 90 PS di 4.000 rpm dengan torsi puncak 224 Nm pada 1.750~2.750 rpm.
Pasar Tanah Air mesin diesel yang digunakan disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan, yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.
I20 diesel gen 1 yang dipasarkan di Indonesia terbilang irit dari segi penggunaan bahan bakar.
Disebutkan Hyundai saat generasi pertama i20 diesel diluncurkan, untuk konsumsi bahan bakarnya disebutkan bahwa mobil ini dapat menempuh jarak hingga 25 km per liter.
Tak hanya itu, i20 juga disebut-sebut aman menggunakan solar dengan kandungan sulfur tinggi sejenis biosolar meski sudah mengusung teknologi common rail pada sistem pembakarannya.
Konsumsi bahan bakar yang irit serta harga biosolar yang murah, maka untuk biaya operasionalnya jadi lebih hemat.
Punya harga di bawah Rp100 juta, Hyundai i20 diesel gen 1 di zamannya bukan cuma memiliki desain yang terlihat sporty dan dinamis, namun juga kenyamanan berkendara serta fitur yang tergolong komplit.
Seperti yang bisa dilihat didalamnya terdapat tilt&telescopic steering, audio switch control, MID, pengaturan AC lengkap, serta kabin luas.
Dari segi keselamatan pun dilengkapi ABS, EBD, ESP serta rem cakram di semua roda.
Berbekal mesin diesel turbocharger 1.4L, untuk konsumsi BBM-nya terbilang irit yang mana tembus hingga 25 km/liter, serta aman menggunakan solar dengan kandungan sulfur tinggi.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai i10 Bekas, City Car yang Cuma Rp60 Jutaan
Spesifikasi Dimensi | ||
---|---|---|
Keterangan | Hyundai i20 Diesel Gen 1 | |
Panjang | 3.940 mm | |
Lebar | 1.710 mm | |
Tinggi | 1.490 mm | |
Wheelbase | 2.525 mm |
Spesifikasi Mesin | ||
---|---|---|
Keterangan | Hyundai i20 Diesel Gen 1 | |
Tipe | 1.4 CRDi Diesel | |
Kapasitas | 1.396 cc 4-silinder segaris turbocharger | |
Tenaga | 90 PS @4.000 rpm | |
Torsi | 224 Nm @1.750~2.750 rpm | |
Transmisi | Manual 5-percepatan | |
Bahan bakar | Solar | |
Konsumsi bahan bakar | 25 km/liter |
Spesifikasi Keselamatan dan Keamanan | ||
---|---|---|
Hyundai i20 Diesel Gen 1 | ||
Antilock Brake System (ABS) | ||
Electronic Brake force Distribution (EBD) | ||
Electronic Stability Program (ESP) | ||
Rem carkam semua roda | ||
Airbags System | ||
Tilt&telescopic Steering | ||
Immobilizer | ||
Alarm System |
Spesifikasi Velg dan Ban | ||
---|---|---|
Keterangan | Hyundai i20 Diesel Gen 1 | |
Velg | Alloy 16 inci | |
Ban | 205/50/R16 |
Spesifikasi Suspensi | ||
---|---|---|
Keterangan | Hyundai i20 Diesel Gen 1 | |
Depan | Mac Pherson Strut | |
Belakang | Torsion Beam |
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}