5 Kekurangan Toyota Yaris Lele yang Bikin Gagal Dilirik Calon Pembeli

Inilah beberapa kekurangan Toyota Yaris Lele yang dianggap jadi hambatan mobil ini tidak bisa selaris generasi sebelumnya.

Yaris Lele, begitu sebutan dari Toyota Yaris generasi ketiga di Indonesia ini yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2013.

Sebenarnya ada perbedaan antara Yaris generasi ketiga versi Indonesia dengan Yaris Gen 3 versi global yang juga dipasarkan di Jepang.

Hal ini karena setelah kesuksesan Yaris generasi kedua yang mendapat julukan Yaris Bakpao, PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya enggan membaya versi global dari Yaris Gen 3.

Pilihannya malah mengambil basis dari Toyota Vios generasi ketiga yang juga dipasarkan di China dan Thailand dengan nama Yaris Sedan.

Baca juga: Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele?

Disebut Lele karena punya desian bemper depan mirip muka ikan air tawar tersebut

Resmi diluncurkan dan dijual umum pada Maret 2014, Toyota Yaris Lele ini diproduksi secara CKD oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hingga tahun 2018, di pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Seperti kita ketahui, sejak pertama kali muncul, Yaris memang diposisikan untuk berhadapan secara langsung dengan Honda Jazz.

Untuk pasaran harga bekas Yaris lele saat ini ditawarkan mulai dari Rp150 jutaan tergantung tahun, tipe dan kondisi.

Menempati segmen hatchback perkotaan, Yaris lele bukan cuma cocok digunakan sebagai kendaraan sehari-hari tetapi juga nyaman dipakai berpergian bersama keluarga di akhir pekan.

Jika artikel sebelumnya kami pernah membahas keunggulan mobil ini, pada ulasan ini kami ingin mengulas beberapa kekurangannya.

Lantas apa saja kekurangan Toyota Yaris Lele? Supaya tidak penasaran, simak beberapa poin di bawah ini.

Spesifikasi Toyota Yaris Lele
Dimensi
Panjang 4.115 mm
Lebar 1.700 mm
Tinggi 1.475 mm
Jarak sumbu roda 2.550 mm
Jarak ke tanah 139 mm
Ukuran roda 185/60 R15 (tipe E)
  195/50 R16 (tipe G dan TRD)
Kapasitas tangki BBM 42 liter
Mesin
Tipe mesin 1NZ-FE DOHC 16 Valve VVT-i
Isi silinder 1.497 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 109 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 141 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5 percepatan
  Otomatis 4 percepatan
Sasis
Sistem kemudi Rack & Pinion with EPS
Suspensi depan MacPherson Strut with coil spring and stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beamwith coil spring and stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
  Disc (tipe TRD)

Baca juga: 5 Hal Menarik Toyota Yaris Lele, Bukan Terlaris Tapi Hatchback Terluas di Kelasnya

1. Kekurangan Toyota Yaris Lele Ada di Suspensinya

Suspensi cukup keras dibanding rival-rivalnya

Dibandingkan dengan kompetitonya, ketika melewati jalan berkontur dengan aspal berbatu atau berlubang, bantingan yang dihasilkan Toyota Yaris lele terasa lebih keras.

Tentu karakter stiff yang dihasilkan mengurangi rasa nyaman berkendara terlebih saat mobil digunakan berpergian bersama keluarga ke luar kota.

Sebagai informasi, untuk suspensi mobil ini di bagian depan menggunakan Independent MacPherson Strut dan Torsion Beam di roda belakangnya.

Oh iya, selain menghasilkan bantingan yang terbilang kaku, gejala body roll masih bisa dirasakan ketika memacu mobil dalam kecepatan tinggi dengan sedikit melakukan manuver.

Cukup unik, karena biasanya suspensi yang keras akan diimbangi kenikmatan bermanuver mobil yang jauh lebih cekatan, tapi itu tidak terlalu berlaku di Yaris Lele.

Baca juga: 5 Alasan Toyota Yaris Bakpao Lebih Diminati Ketimbang Yaris Lele

2. Toyota Yaris Lele Lemah di Rack Steer dan Bushing

Perhatikan komponen suspensi kalau mau membeli unit bekasnya

Kekurangan berikutnya yang menjadi ciri khas Toyota Yaris yakni rack steer dan bushing di bagian roda depannya.

Kerusakan yang menimpa rack steer serta bushing terjadi karena pemakaian yang kurang hati-hati di saat melewati jalan keriting serta usia pakai.

Selan dua bagian tersebut, timbulnya kerusakan di bagian kaki-kaki depan juga disebabkan karet ball joint pecah, karet support rusak, karet tie rod yang jebol, dan intermediate shaft steering.

Jika Anda henda membeli unit bekasnya, perhatikan dengan teliti komponen suspensi dari mobil ini.

Apabila telah terlihat ada kebocoran oli, kemudian tie rod dan long tie rod oblak, serta muncul bunyi-bunyi mengganggu ketika melewati speed bums atau polisi tidur, maka bisa dipastikan perlu perbaikan pada suspensi mobil tersebut.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Lele yang Perlu Diketahui, City Car Kompak Rp170 Jutaan

3. Peredam Kabin Tipis

Pasang peredam tambahan bisa membantu kekedapan kabin dari suara bising di luar

Mengurangi rasa nyaman dalam berkendara, Toyota Yaris lele memiliki peredam kabinnya yang tipis.

Peredam kabin yang tipis tidak mampu menyerap getaran maupun suara asing dari luar, sehingga di dalam kabinnya kedua faktor tersebut masih bisa dirasakan.

Guna mengatasi hal tersebut kalian bisa menambahkan peredam kabin yang banyak tersedia di toko aksesoris mobil.

Baca juga: Bosan Sama Honda Jazz dan Toyota Yaris? Ini Pilihan Mobil Hatchback Bekas Anti Mainstream

4. Kualitas Interior Toyota Yaris Lele Terkesan Murahan

Panel trim pintu dan dasbor mayoritas plastik keras bukan soft touch

Secara penglihatan, interior mobil ini terlihat mewah berkat desain serta pola jahitan benang di beberapa bagian.

Namun jika dilihat dan disentuh secara langsung, material plastik yang digunakan terkesan murahan.

Untuk teksturnya, dashboard maupun door trimnya Yaris menggunakan plastik tipis dengan permukaan kasar.

Material seperti ini memang ada plus dan minusnya, keuntungannya mudah dibersihkan jika terkena noda.

Tetapi apabila dasbor sering terpapar sinar matahari dengan cukup lama, maka bisa membuat warnanya memudar atau bahkan muncul permukaan yang renggang sehingga nantinya malah timbul bunyi-bunyi mengganggu pada saat mobil melaju.

Baca juga: Harga Bekas Mulai Rp60 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Bakpao 

5. Radius Putar Besar dan Ground Clearance

Radius putarnya tidak ringkas

Bicara dimensi, Toyota Yaris gen 2 memiliki panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi mencapai 1.475 mm. 

Untuk wheelbasnya lebih panjang 110 mm dari generasi sebelumnya yang menyuguhkan keleluasan pada ruang kabinnya.

Hanya saja untuk gorund clearancenya mobil ini terbilang rendah, yakni 149 mm.

Memiliki jarak permukaan tanah dengan kabinnya yang rendah, tentu menimbulkan rasa was-was penggunanya ketika sedang membawa penumpang full.

Selain ground clearance yang rendah, kekurangan lainnya yang ada pada mobil ini yaitu radius putarnya yang besar.

Di atas kertas, radius putarnya berada di 5,7 meter sehingga sedikit menyulitkan penggunanya ketika hendak putar balik, bermanuver di dalam kota, maupun memarkirkan kendaraan di tempat sempit.

Untuk radius putar, pada generasi ketiganya yang memiliki julukan Yaris joker telah diperkecil menjadi 5,1 meter sehingga terasa lincah dan lebih mudah ketika diajak bermanuver.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Yaris Lele Menggoda, Seberapa Murah Cicilan Bulanannya?

Kesimpulan

Toyota Yaris Lele, meskipun dikenal sebagai mobil yang handal, tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli.

Pertama, suspensinya dikritik karena terlalu keras, memberikan pengalaman berkendara yang kurang nyaman terutama di jalan yang tidak rata.

Suara bising di dalam kabin juga menjadi sorotan negatif, mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Tidak hanya dari segi performa, tapi juga dari sisi estetika, Toyota Yaris Lele menunjukkan beberapa kelemahan.

Material interior dianggap terlihat murahan, mengurangi kesan premium yang diharapkan dari sebuah mobil Toyota.

Terakhir, radius putar dan ground clearance yang terbatas dapat menjadi kendala, terutama dalam manuver di perkotaan atau melewati medan yang tidak rata.

Kekurangan Toyota Yaris Lele:

  • Suspensi keras
  • Rack steer gampang bermasalah
  • Suara bising di kabin
  • Material interior terlihat murahan
  • Radius putar dan ground clearance
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Yaris

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

2021 Toyota Yaris Hybrid Review: Perfect City Car Desagned for Urban Life

SOSOK TOYOTA GR YARIS 2021 ! DI THAILAND HARGANYA 1M LEBIH , MASUK KE INDONESIA JADI BERAPA NIH ??

Honda Brio merupakan salah satu produk terlaris PT. Honda Prospect Motor (HPM) pada setiap bulannya. Kalau melihat kilas balik kehadiran Brio di Indonesia, mobil mungil belogo H tegak itu pertama kali diperkenalkan HPM pada Agustsu 2012. Ketika pertama kali hadir, Brio didatangkan secara utuh dari Thailand dan menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.300 cc. Namun tepat setahun berikutnya, Brio mulai dirakit lokal di pabrik HPM yang berada di Karawang, Jawa Barat, tetapi mesinnya berubah jadi 1.2
Biaya pembuatan SIM A sebenarnya tidak semahal yang dipikirkan apalagi seperti ditawarkan para calo. Ya, saat ini memang masih ada yang beranggapan biaya membuat SIM atau Surat Izin Mengemudi untuk mobil, motor atau truk dan bus sangat mahal. Namun sebelum mengetahui berapa budget untuk biaya pembuatan SIM A, B, C, atau D, maka Autofun akan mengulas terlebih dahulu seluk beluk soal SIM. Baca juga: Asyik.. Polisi Izinkan Latihan Terlebih Dahulu Sebelum Ujian Praktik Bikin SIM Baru Dasar Hukum SIM
Mobil irit BBM tidak melulu LCGC dan city car, jenis LMPV juga hemat bahan bakar berkat teknologi yang diusungnya. Meski irit BBM, mobil jenis ini umumnya memiliki performa tinggi serta nyaman digunakan. Tak heran jika mobil LMPV masih menjadi andalan bagi sebagian besar keluarga Indonesia, yang memiliki penghasilan atau budget pas-pasan. Selain digunakan sebagai kendaraan keluarga, mobil jenis LMPV yang irit BBM ini kerap dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan bisnis. Mulai dari kendaraan operas
Toyota Kijang Kapsul diesel dihadirkan sebagai pesaing Isuzu Panther, menemani varian Toyota Kijang yang bermesin bensin. Mobil ini pertama kali dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 1997 sebagai Toyota Kijang generasi keempat. Dinamai Kijang Kapsul, lantaran bentuk bodi eksterior Kijang gen 4 tersebut hadir serba membulat seperti kapsul. Rancang bangunnya benar-benar berbeda dibanding Toyota Kijang Gen 3 yang dikenal dengan nama Kijang Super atau Kijang Grand. Selain ubahan bod
Memahami kelemahan sebuah mobiladalah hal yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya, terlebih untuk mobil bekas. Mengingat usia pakai, kendaraan-kendaraan ini tentu mulai muncul berbagai "penyakit", apalagi kita tidak mengetahui bagaimana karakter berkendara dan perawatan yang dilakuakn pemilik sebelumnya. Mungkin mobil tersebut masih punya sosok yang menarik, seperti Suzuki Grand Escudo yang tetap terlihat gagah hingga kini. Atau mobil bekas ini harganya sudha jauh lebih terjangkau dibanding s

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Yaris
Lihat