Harga Bekas Renault Duster Gak Sampai Rp100 Juta, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Beli

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Renault Duster bekas yang wajib kalian perhatikan, mengingat mobil ini kondisi sekennya sudah di bawah Rp100 juta.

Meluncur pertama kali di Indonesia pada 2013, Duster diimpor langsung secara utuh dari India.

Mobil dengan brand Eropa ini merupakan bentuk hasil kerja sama antara Dacia dengan Renault.

Dengan begitu tak heran apabila di beberapa negara, mobil dengan bentuk yang sama tersebut memiliki nama Dacia Duster.

Mengisi ceruk SUV kompak, Renault Duster memiliki kapasitas daya tampung 5 orang.

Memiliki bentuk yang kompak, mobil ini bukan cuma cocok digunakan di kota besar, namun juga di daerah yang memiliki kontur jalan menanjak dan menurun.

Terlebih saat Indomobil selaku distributor Renault Indonesia saat itu, menghadirkan Duster 4x4 melalui gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, yang membuatnya terasa lebih tangguh ketika diajak melewati jalan berkontur.

Tetapi dibalik ketangguhannya itu, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan Renault Duster bekas yang wajib kalian perhatikan kalau mau membeli unit second hand-nya

Baca juga: 5 Hal Menarik Renault Kwid Climber, Mobil Eropa Cuma Rp200 Jutaan

Keunggulan Renault Duster Bekas, Harganya Makin Menarik!

Tampilan depan Renault Duster

Mengusung tagline" Drive Without Limit", Duster memiliki beberapa keunggulan lain.

Salah satunya yakni ground clearance setinggi 210 mm, dengan memiliki kemampuan melewati genangan air setinggi 400 mm.

Di dalam, mobil ini sudah dilengkapi sistem hiburan double din, bahkan dengan layar sentuh untuk varian teratasnya.

Sistem hiburannya pada tipe teratasnya tersebut dinamai media nav (nerve-centre), yang dapat menampilkan maps berkat adanya fitur navigasi.

Menariknya, pada setir sudah dilengkapi tombol, pengaturan yang salah satunya merupakan cruise control, dan di balik lingkar kemudinya terdapat tuas yang terhubung langsung dengan sistem hiburan guna melakukan pengaturan secara lebih ringkas.

Interior Duster

Untuk meter clusternya Duster dilengkapi layar MID dengan latar monokrom di sebelah kanan, yang dapat menampilkan beragam informasi seputar kendaraan secara lebih aktual.

Membawa kesan mewah, ring yang ada pada meter clusternya tersebut dilengkapi lampu iluminasi berwarna putih yang menyala saat lampu utama dihidupkan.

Duster juga membawa kenyamanan berkendara khas mobil Eropa.

Dikatakan beberapa pemilik bahwa joknya menawarkan posisi duduk nyaman berkat lekukan serta material yang digunakan.

Bahkan jok pengemudinya dilengkapi dengan pengaturan 8 arah, yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Selain itu pandangan mengemudi ke depan pun terasa luas dan terasa ergonomis, berkat memiliki beberapa laci penyimpanan terbuka dan tertutup yang begitu ringkas.

Memiliki kapasitas daya tampung 5 orang, mobil ini memiliki posisi duduk nyaman di setiap barisnya berkat head room dan leg room yang dibuat berjarak.

Terlebih joknya dibekali head rest dengan pengaturan adjustable yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jok baris kedua

Ketika sedangan berpergian, mobil ini mampu menampung barang dengan jumlah cukup banyak.

Pasalnya Duster memiliki bagasi yang cukup luas dengan panjang mencapai 96 cm, lebar 105 cm, tinggi 52 cm.

Berkat ukuran yang dimiliki, secara total keseluruhan kapasitas bagasinya sebesar 529,1 liter.

Apabila ruang bagasi dianggap kurang, mobil ini dilengkapi roof rail yang bisa dimanfaatkan ketika ingin menambah roof box maupun roof rack, supaya bisa membawa barang dengan jumlah lebih banyak.

Mengenai fitur unggulan lainnya, mobil ini berhasil mendapatkan power window di semua kaca, ECO mode, spion dengan pengaturan elektrik, Electronic Power Steering (EPS), AC dengan pengaturan lengkap berikut heater, serta arm rest di baris kedua.

Untuk keselamatan berkendara, Renault Duster sudah memperoleh ABS, EBD dan Brake Assist, dual SRS airbag, sensor parkir, dan Electronic Stability Program (ESP), yang berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil.

Tak ketinggalan ada pula Hill Start Assist (HSA), yang berfungsi untuk mencegah mundurnya mobil ketika ingin kembali menjalankan mobil dalam kondisi diam ditanjakan.

Membawa kenyamanan khas mobil Eropa, untuk bantingan suspensinya mobil ini terasa lembut namun jauh dari kesan limbung.

Untuk sistem peredam kejutnya menggunakan jenis MacPherson strut coil spring di depan dan Trailing arm & double acting shockbreaker di belakang.

Pada varian 4x4 memakai jenis MacPherson strut coil spring with anti roll bar di depan serta Multilink with double acting shockbreaker dengan anti roll bar pada bagian belakang.

Keunggulan Renault Duster lainnya ada pada jantung pacu dibalik bonet mobil ini.

Mesin K9K Duster

Seperti diketahui mobil ini dibekali mesin diesel berkapasitas 1.461 cc 4-silinder segaris dengan imbuhan turbocharger guna mendongkrak tenaga secara lebih maksimal.

Di atas kertas, mesin dengan K9K berbekal teknologi dCi (diesel Common-rail injection) tersebut dapat memeras tenaga sebesar 110 PS di 4.000 rpm dan torsi 245 Nm pada 1.750 rpm.

Mesin dengan suara lebih halus dibandingkan mesin diesel pada umumnya tersebut dipadukan transmisi manual 5-percepatan untuk varian 4x2, dan manual 6-percepatan.

Bicara varian 4x4, mobil dengan sistem penggerak part-time tersebut untuk pengaturannya sangat mudah.

Menggunakan model knob putar, pengemudi dapat mengaktifkan penggerak single shaft maupun double shaft secara mudah.   

Mesin diesel yang digunakan sangat irit dari segi penggunaan bahan bakar.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh pihak Renault di India, pihaknya mengklaim bahwa varian 4x2 dapat menempuh jarak sejauh 19,64 km/liter, dan 19,72 km/liter untuk model 4x4.

Baca juga: Mobil Listrik Renault Megane E-Tech Meluncur di Indonesia, Lebih Canggih dari Kia EV6 dan bZ4X

Kekurangan Renault Duster Bekas

1. Desain Kurang Diminati Masyarakat Indonesia

Tampilan belakang Duster

Secara bentuk Renault Duster khas desain mobil Negeri Vrindavan yang terlihat kaku.

Terlihat pada tampilan eksteriornya mobil ini terlihat kurang begitu proper antara lekukan garis serta bentuk yang diterima.

Penggunaan velgnya pun kurang terlihat proposional dengan bentuk bodi.

Menurut sebagian orang secara desain keseluruhan tidak ‘nyambung’ antara tampilan depan, samping dan belakang.

2. Hanya Tersedia Transmisi Manual

Tuas transmisi manual Duster

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Duster hanya menawarkan transmisi manual 5-percepatan dan manual 6-percepatan untuk varian 4x4.

Kekurangan daripada transmisi manualnya yakni terasa keras ketika pedal kopling diinjak.

Pedal kopling terasa keras ketika diinjak tentunya dapat mengurangi kenyamanan berkendara telebih saat terjebak di kemacetan.

3. Bengkel Resmi Terbatas

Renault Maxindo Pecenongan

Terakhir kekurangan Renault Duster yakni jaringan bengkel resmi yang terbatas.

Tercatat menurut sistus resmi Renault Indonesia, saat ini hanya terdapat 15 diler resmi sekaligus sebagai bengkel resmi, yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Selain bengkel resmi yang sedikit, untuk spare part mobil ini juga sulit dijumpai di pasaran.

Kesimpulan

Harga bekas di bawah Rp100 juta, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan Renault Duster bekas yang wajib jadi pertimbangan.

Poin plus moil ini diantaranya memiliki bantingan yang empuk, stabil, fitur cukup lengkap, serta kabin luas untuk sebuah SUV kompak 5-seater.

Jarang ada di kelasnya, mobil ini juga sudah menggunakan sistem penggerak 4x4 part-time yang bisa digunakan untuk menakhlukan berbagai medan ekstrim.

Berbekal mesin diesel 1.5L turbocharger, untuk konsumsi BBM-nya terbilang irit.

Terlebih dikatakan beberapa pemiliknya bahwa mobil ini masih aman mengkonsumsi solar dengan kualitas rendah.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya Duster mempunyai kekurangan pada desainnya yang kurang diminati masyarakat Indonesia, hanya tersedia transmisi manual, pijakan kopling keras, serta bengkel resmi terbatas dan spare part yang sulit didapatkan.

Baca juga: Harga Bekas Renault Triber Lebih Murah dari Toyota Calya, Apakah Layak Digunakan Sebagai Mobil Keluarga?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Renault Duster

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Review Renault Duster 4X4 Untuk Misi Kemanusiaan

Renault Duster Baru, Penggerak Daya Ada Di Sini

Fitur Mobil Dijual di Autofun kini sudah bisa diakses baik melalui desktop maupun tampilan mobile di www.autofun.co.id Yap! Autofun sebagai situs terlengkap soal mobil dan motor, kini bukan hanya menyajikan Berita Terkini, Review, sampai Tips dan Trik seputar otomotif di Indonesia maupun dunia. Ada fitur baru di website ini yang dinamakan Mobil Dijual Autofun, yang bisa kalian akses melalui Autofun.co.id atau aplikasi mobile Autofun. Saat tiba di halaman depan web Autofun, kalian tinggal klik ta
BMW Indonesia memperkenalkan teknologi BMW Connected Drive melalui aplikasi My BMW yang bisa diunduh ke ponsel setiap pemilik kendaraan asal Jerman ini. Aplikasi mobile tersebut nantinya bisa berfungsi mengontrol kendaraan dengan mengakses beberapa fiturnya, sehingga pemilik mobil dapat memantau kendaraannya dari jarak jauh. Aplikasi My BMW ini pun sudah tersedia di kendaraan BMW terbaru dengan NIK 2024, termasuk sedan BMW 330i M Sport Pro dan BMW 320i M Sport. "BMW memiliki komitmen terhadap di
Kelebihan dan kekurangan Honda BR-V gen 1 jadi pembahasan yang menarik untuk diulas, mengingat mobil ini bisa jadi polihan kalau kalian mencari kendaraan keluarga dengan kategori mobil bekas Rp 150 jutaan. Sebagai Low SUV pabrikan otomotif Jepang berlogokan ‘H’ tegak pesaing Toyota Rush dan Daihatsu Terios, BR-V gen 1 pertama kali diperkenalkan di Tanah Air melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Versi SUV Honda Mobilio ini sempat mendapat update pada sisi fitur
Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris pada April 2024 dengan catatan wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer mencapai 3.740 unit. Dengan raihan ini, Daihatsu Sigra mempertahankan posisi puncak mobil terlaris sejak awal Januari 2024 yang tercatat laku 5.659 unit, lalu Februari sebanyak 5.543 unit, dan Maret 5.674 unit. Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), meski Sigra jadi mobil terlaris, namun penjualan otomotif pada April 2024 ternyata paling renda
Mobil mogok didorong mungkin hal yang lumrah kalian temui ketika ada kendaraan mengalami masalah di jalan. Biasanya mobil mogok didorong untuk memindahkan posisi kendaraan itu ke tempat yang lebih aman supaya tidak menghalangi kendaraan lain dan mengganggu lalu lintas. Selain didorong, mobil yang mengalami masalah di jalan, umumnya akan di derek ke bengkel terdekat guna dilakukan perbaikan. Namun ternyata perlakuan seperti itu sebaiknya jangan diterapkan pada kendaraan elektrifikasi seperti mobi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Renault Duster
    Rp 279,00 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Duster vs XL7
  • Renault Duster
    Rp 279,00 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Duster vs Rush
  • Renault Duster
    Rp 279,00 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    Duster vs WR-V
  • Renault Duster
    Rp 279,00 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Duster vs Raize
  • Renault Duster
    Rp 279,00 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Duster vs Terios
Renault Duster
Lihat