Mobil Suzuki dengan Teknologi SHVS Memberikan Beragam Keuntungan Bagi Pengguna

Teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang tersematkan pada beberapa lini produk mobil Suzuki di Tanah Air membawa beragam keuntungan bagi penggunanya.

Ikut serta dalam memeriahkan ajang GIIAS 2024 melalui booth Suzuki Indonesia yang berlokasi di Hall 8C ICE BSD, Tangerang, Banten, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan tiga produk andalannya dengan mengusung teknologi SHVS, yakni; Suzuki Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dan Grand Vitara Hybrid.

Sebagai informasi, ketiganya mengusung sistem Mild Hybrid. Teknologi ini mampu menciptakan kendaraan Suzuki yang lebih efisien sekaligus ramah lingkungan dengan penggunaan BBM lebih hemat 5-10%.

Untuk diketahui bahwasannya SHVS merupakan sistem hibrida ringan yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan generator starter terintegrasi dan baterai lithium-ion.

Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dan meminimalisirnya saat tidak diperlukan, memberikan efisiensi sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

SHVS ini penggabungan antara mesin pembakaran internal dengan generator starter terintegrasi (ISG) dengan baterai lithium-ion.

ISG berfungsi ganda sebagai alternator sekaligus motor listrik, yang dapat memberikan dukungan tenaga pada momen tertentu guna membantu pergerakan crankshaft supaya lebih enteng dalam putarannya.

ISG merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Disisi lain, baterai lithium-ion berfungsi untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh ISG dan digunakan saat mesin membutuhkan dukungan tenaga. Dengan begitu teknologi SHVS dirancang untuk bekerja secara optimal dalam berbagai kondisi.

Seperti contoh dalam kondisi berhenti, sistem ini secara otomatis mematikan mesin, namun sistem kelistrikan tetap menyala. Ini adalah salah satu cara kerja SHVS mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Selain itu, teknologi SHVS juga memiliki fitur regenerasi pengereman. Ketika kendaran melakukan deselerasi, ISG berfungsi sebagai generator dan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Energi ini kemudian disimpan dalam baterai lithium-ion. Hal ini membantu mengisi ulang baterai dan mengurangi beban pada mesin.

Baca juga: Suzuki eVX Concept Calon Mobil Listrik Pertama Buat Indonesia, Muncul Tahun Depan?

Teknologi SHVS Mild Hybrid pada Mobil Suzuki Lebih Mudah dan Murah dari Segi Perawatan

Baterai dan speedometer XL7 Hybrid

Dibandingkan dengan mobil hybrid pada umumnya, teknologi SHVS berjeniskan Mild Hybrid pada kendaraan roda empat Suzuki di Tanah Air memiliki tingkat elektrifikasi yang lebih rendah.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, motor listrik pada kendaraan ini berperan sebagai motor starter-generator dan tidak dapat menggerakkan kendaraan sendiri.

Dengan begitu tidak ada mode listrik murni, dan baterainya lebih kecil sehingga lebih ringkas dan mudah dari segi perawatan.

Pada mobil yang menggunakan teknologi strong hybrid, turut menggunakan motor listrik sehingga memiliki perawatan dan perbaikan lebih mahal apabila mengalami kerusakan.

Sementara mild hybrid hanya mengandalkan altenator dengan ISG yang memberikan bantuan ke mesin konvensional untuk membantu pergerakan mesin akan lebih mudah.

Keuntungan lain teknologi Mild Hybrid pada mobil Suzuki yakni memiliki bobot yang lebih ringan terutama dalam hal perawatan serta biaya lebih murah karena menggunakan baterai lebih kecil dan aki konvensional dengan harga yang terjangkau.  

Untuk perawatannya pemilik hanya perlu memantau kondisi aki secara berkala dan sistem pendinginan mesin.

Suzuki Ertiga Hybrid Pakai Baterai Lebih Besar

Suzuki Ertiga Hybrid di GIIAS 2024

Jika pada model sebelumnya menggunakan baterai 12V dengan 6Ah, kini Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan baterai 12V dengan 10Ah seperti yang digunakan pada XL7 Hybrid.

Penggunaan baterai dengan spesifikasi lebih besar, secara teknis akan membuat mobil semakin hemat dari segi penggunaan bahan bakar.

Mobil ini dibekali mesin bensin dengan K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection berkapasitas 1.462 cc. Di atas kertas jantung pacu yang digunakan sanggup meletupkan tenaga 104,7 PS di 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm puncak pada putaran 4.400 rpm.

Mesin dengan durabilitas tinggi yang digunakan dikawinkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Tidak seperti para pesaing terdekatnya yang sudah menggunakan teknologi CVT, transmisi matic yang digunakan Ertiga Hybrid mengandalkan teknologi konvensional torque converter. Transmisi jenis ini lebih tangguh serta secara perawatan lebih mudah dan murah.

Baca juga: Harga Suzuki Ignis Bekas Sekarang Cuma Segini, Enak Dipakai Harian dan Liburan

Suzuki XL7 Hybrid Hadir dengan Membawa Beragam Kecanggihan

Suzuki XL7 Hybrid di GIIAS 2024

kini Suzuki XL7 Hybrid khususnya tipe Alpha dilengkapi Smart E-Mirror dengan teknologi touchcreen. Dengan begitu saat melakukan pengaturan fitur yang ada didalamnya terasa lebih mudah. 

Sebagai pengganti spion tengah, Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera baik tengah dan di belakang.

Keunggulan lainnya spion dengan Smart E-Mirror pada mobil ini bisa difungsikan sebagai alat perekam atau yang dinamakan dashcam. Dengan begitu pemilik tidak perlu lagi menambahkan dashcam apabila ingin merekam segala kejadian di luar secara real time.

Khusus tipe Beta MT dan Alpha MT, kedua varian ini dibekali Gear Shift Indicator (GSI) pada panel instrument yang dapat menampilkan angka transmisi saat sedang digunakan. Lainnya, pusat informasi berkendara mendapatkan MID (Multi Information Display) dengan tampilan anyar yang tampak begitu modern dan informatif.

Seperti Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dengan teknolgi SHVS mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12V dengan kuat arus 10Ah.

Sistem SHVS yang ada pada Suzuki XL7 Hybrid dipadukan dengan mesin K15B. Jantung pacu ini sama seperti yang ada pada model sebelumnya atau yang juga digunakan oleh Ertiga Hybrid.

Memiliki kapasitas 1.462 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris DOHC VVT multi-point injection, secara teknis dapat melecutkan tenaga sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Pada varian manual, mobil ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan, dan 4-percepatan torque converter untuk model maticnya.

Suzuki Grand Vitara Pakai Mesin K15C dengan Baterai 12V 6Ah

Suzuki Grand Vitara Hybird

Suzuki Grand Vitara Hybrid untuk pasar Tanah Air ditawarkan varian GL dan GX. SUV kompak 5-seater ini dipersenjatai mesin K15C 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC berteknologi multi-point injection Dual Jet dengan tenaga 103,06 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Mesinnya disandingkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Teknologi SHVS pada mobil ini mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dengan Lithium Ion Battery berdaya 12V 6Ah untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG, yang digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga.

Sebagai informasi, Grand Vitara Hybrid berhasil dilengkapi 6 airbags yang tersebar di depan, samping atau pilar dan jendela.  Untuk seatbelt sudah dilengkapi teknologi Pretensioner dan Force Limiter di bagian depan.

Pada sistem pengeremannya, mobil in menggunakan rem cakram di semua roda dengan tambahan fitur ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Bukan cuma itu, fitur keselamatan lain yang ada di mobil ini diantaranya; ESP (Electronic Stability Program), ISOFIX, Hill Hold Control, kamera 360 derajat, rear parking camera serta parking sensor yang memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil.

Untuk keamanan berkendara, kedua model mendapatkan security alarm dan immobilizer yang meminimalisir tindakan pencurian.

Baca juga: Setelah S-Presso, Suzuki Cappuccino Terbaru Segera Dirilis

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Modifikasi tidak hanya dilakukan mobil penumpang dengan ukuran kompak, karena truk juga dapat dilakukan dengan tampilan nyentrik. Ya, bertepatan dengan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024, terdapat sosok truk yang sudah dimodifikasi dengan tampang menarik. Satu diantaranya adalah truk Fuso Canter milik Agus Jeblok sekaligus anggota Canter Mania Indonesia Community yang sengaja hadir atas undangan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk mengikuti Komunitas Cant
New Kia Seltos 2024 resmi masuk ke Indonesia dan diumumkan saat hari pertama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Sejak debut di Korea Selatan (Korsel) sejak Juni 2022 lalu, SUV asal Negeri Gangnam ini memang terlihat membawa cukup banyak perubahan dibanding model terdahulunya. "Kami dengan bangga meluncurkan The New Kia Seltos yang kini hadir dengan desain lebih fresh dan sporty, serta dilengkapi dengan berbagai fitur modern," kata Ario Soerjo, Marketing & Developmen
Bertepatan dengan gelaran ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan brand baru yang disebut T-OPT. T-OPT adalah brand untuk spare part yang sengaja dibuat oleh Toyota yang memiliki kualitas terpercaya dan harga terjangkau sesuai dengan taglinenya. Brand T-OPT berbeda dengan Toyota Genuine Parts alias suku cadang resmi, sehingga produk ini akan ditawarkan kepada bengkel-bengkel umum bukan resmi dari dealer Toyota. Baca juga: Meluncur
Mitsubishi Fuso eCanter diluncurkan melalui ajang GIIAS 2024, sekaligus sebagai truk listrik pertama yang dijual secara resmi di Indonesia. Kehadiran Fuso eCanter membuktikan komitmen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam berkontribusi pada lingkungan tanpa harus mengorbankan kinerja kendaraan niaga untuk mendukung operasional bisnis. Kendaraan niaga listrik jenis Light Truck, Fuso eCanter menawarkan solusi transportasi yang ramah lingkungan. "Tanpa emisi gas buang, Fuso eCanter membant
Teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang tersematkan pada beberapa lini produk mobil Suzuki di Tanah Air membawa beragam keuntungan bagi penggunanya. Ikut serta dalam memeriahkan ajang GIIAS 2024 melalui booth Suzuki Indonesia yang berlokasi di Hall 8C ICE BSD, Tangerang, Banten, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan tiga produk andalannya dengan mengusung teknologi SHVS, yakni; Suzuki Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dan Grand Vitara Hybrid. Sebagai informasi, ketiganya mengusung sis

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta X

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    XL7 vs WR-V
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    XL7 vs Alvez
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
Suzuki XL7
Lihat