Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GK5, Hatchback yang Harga Bekasnya Susah Turun

Secara popularitas Honda Jazz GK5 masih banyak diminati sampai dengan saat ini. Bagi kalian yang tertarik dengan mobil ini, wajib hukumnya mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda Jazz GK5 bekas yang merupakan generasi ketiga dari Honda Jazz ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Diluncurkan di Indonesia pada 2014 menggantikan model sebelumnya yang berkodekan GE8, Jazz GK5 tidak lagi dipasarkan di Indonesia sejak Februari 2021. Posisinya yang menempati segmen hatchbak kompak 5-seater digantikan oleh Honda City Hatchback.

Ketika awal kali meluncur, Jazz GK5 ditawarkan dalam tiga varian, yaitu A, S dan RS sebagai varian flagshipnya. Selang tiga tahun setelah peluncurannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan penyegaran secara minor change terhadap Jazz GK5.

Pada model faceliftnya tersebut, generasi ketiga Jazz di Tanah Air hanya memiliki dua varian saja yang mana tipe S jadi tipe basic atau model paling bawah, dan tipe RS paling atas yang memiliki tampilan lebih sport dengan membawa fitur paling lengkap.

Untuk pasaran harga bekas Honda Jazz GK5 sendiri kini ditawarkan mulai dari Rp160 jutaan. Nah, apabila kalian tertarik membelinya, simak beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GK5

Kelebihan Honda Jazz GK5

1. Desain Disukai Kaula Muda

Honda Jazz GK5

Pensiun dengan reputasi gemilang, secara penampilan Jazz GK5 memiliki daya tarik tersendiri dikalangan masyarakat Tanah Air, khususnya di mata para anak muda. Salah satu daya tarik mobil ini yaitu punya desain sporty yang menjadi kelebihannya.

Mengedepankan konsep agresif, stylish dan gagah yang mendongkrak aura sporty lebih kental, pada tipe flagshipnya dilengkapi dengan tambahan difusser, spoiler, body kit pada bumper depan dan belakang, serta side skirt untuk sisi sampingnya. Pada tipe RS juga sudah mengusung teknologi LED projector dengan mode Auto-leveling yang mana secara secara otomatis akan menyesuaikan ketinggian lampu menyesuaikan kondisi dan juga terdapat DRL LED.

Memiliki tampilan sporty, membuat mobil mudah untuk dilakukan modifikasi dengan berbagai macam aliran. Seperti halnya aliran modifikasi yang kerap dilakukan adalah JDM, Street Racing, OEM Look, Stance, dan USDM.

Biasanya modifikasi tipis-tipisyang dilakukan untuk membuat tampilannya menjadi lebih manis yakni penggantian velg, penambahan body kit, merubah suspensi dengan dipendekan dan membuat menjadi lebih rigid agar semakin stabil, penggantian knalpot, serta upgrage sistem audio.

2. Nyaman, Praktis dan Punya Bagasi Luas

Interior Jazz RS GK5

Memiliki konfigurasi tempat duduk 2+3, secara gaya berkendara GK5 terbilang nyaman. Rasa nyaman yang ditawarkan meliputi posisi duduk berkendara baik pengemudi maupun penumpang hingga performa handling untuk semua varian.

Khusus tipe RS, mobil ini mendapatkan material soft ouch dibeberapa bagian yang menegaskan kesan prestisus pada mobil ini.

Sebagai bentuk kenyamanan berkendara lainnya, tipe RS sudah menggunakan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung format radio, MP3/WMA + USB Port + HDMI Port + AUX Input +Bluetooth + Smartphone Connection yang ditambahkan tweeter. Varian ini juga untuk pengaturan AC sudah menggunakan tampilan digital.

Terasa praktis, untuk menyalakan atau mematikan mesinnya menggunakan tombol start/stop engine yang diletakan di samping pengaturan AC. Memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengaturan, sistem hiburannya tersambung dengan switch audio control steering pada lingkar kemudi.

Pada setirnya tipe RS pabrikan melengkapinya dengan tombol cruise control yang diletakan di seitr. Kehadirannya fitur ini memudahkan pengemudi untuk dapat menjalankan mobil dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur lainnya yang menjadi keunggulan yakni hadirnya paddle shift untuk transmisi matic di varian RS, tilt&telescopic, pengaturan jok pengemudi enam arah, spion dengan pengaturan elektrik, spion yang dapat melipat secara otomatis untuk varian RS, dan smart key serta keyless entry.

Ultra Seat Long Mode

Kepratisan serta kenyamanan lain dari Jazz GK5 yakni joknya yang dilenkapi fitur Ultra Seat. Adapun fitur Ultra Seat yang diaplikasikan terbagi menjadi empat mode pengaturan, yakni; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

Meski secara ukuran terbilang kompak, untuk ruang bagasinya Jazz GK5 terbilang luas. Dengan volume 304 liter, kalian bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak seperti dua koper berukuran besar dan satu dengan ukuran sedang.

Apabila membutuhkan ruang lebih besar untuk menaruh barang, jok belakang dapat dilipat rata dengan lantai dengan memanfaatkan fitur Ulta Seat dengan Long Mode.

3. Fitur Keselamatan Cukup Komplit

Tampilan depan Jazz GK5 tipe S

Keunggulan lain dari Jazz GK5 terletak pada fitur keselamatan. Dari sisi keselamatan mobil ini telah didukung dengan dual SRS airbags, G-CON + ACE, pretensioner with load limiter, isofix & tether, brake override system, ABS, dan EBD.

4. Performa Besar yang Dipadukan Transmisi CVT

Mesin L15A

Seperti generasi sebelumnya, untuk jantung pacu Jazz GK5 dipersenjatai mesin i-VTEC berkodekan L15A 1.497 cc 4-silinder segaris SOHC + DBW, PGM-FI dengan menghasilkan tenaga sebesar 120 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Selain dipadukan transmisi manual 5-percepatan, mobil ini memiliki opsi transmisi otomatis jenis CVT.

Karakter yang dimiliki mesinnya terasa responsif baik putaran bawah maupun atas dengan memberikan rasa jambakan yang terasa kuat ketika menginjak lebih dalam pedal gas dikecepatan tinggi.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini Bedanya Honda Jazz GK5 Bekas Tipe S dan RS

Kekurangan Honda Jazz GK5

1. Suspensi Cenderung Stiff

Bantingan suspensi Jazz GK5 lebih ke arah stiff

Bicara sistem peredam kejut, Jazz GK5 menggunakan MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam pada roda belakang. Untuk karatker bantingan yang dihasilkan seperti Jazz GE8 dengan lebih ke arah stiff.

Suspensinya yang sedikit keras memberikan dampak positif terhadap handlingnya. Dimana untuk handlingnya sendiri terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dengan minim gejala body roll.

Handling yang stabil juga didung dengan ground clearancenya yang rendah yakni di angka 165 mm, namun sedikit menimbulkan rasa khawatir ketika diisi lima orang atau membawa barang dengan jumlah banyak lantaran jarak permukaan kabin dengan permukaan tanah yang semakin dekat.

2. Banyak Mengalami Downgrade

Interior Jazz GK5 tipe S 

Dibandingkan dengan Jazz GE8, Jazz GK5 banyak mengalami downgrade atau pengunatan fitur. Seperti yang bisa dilihat dimana laci tempat penyimpanan barang atau glove box, pada generasi ketiganya hanya disediakan satu saja di bawah dashboard penumpang depan.

Padahal di generasi keduanya, glove box yang disediakan ada dua dengan model bertingkat sehingga memberikan kemudahan kepada setiap penggunannya ketika ingin menyimpan barang di dalam mobil.

Selain itu apabila pada generasi sebelumnya kalian bisa menjumpai adanya cup holder di ujung dashboard, untuk Jazz GK5 fitur ini ditiadakan. Bukan hanya itu, di belakang tuas hand brake juga tidak ada cup holder sehingga cukup disayangkan oleh beberapa.

Kekurangan lain yang sulit diterima para pengguna Honda Jazz GK5 adalah dicopotnya pengaturan AC tanpa heater. Padahal di generasi sebelumnya fitur ini bisa dijumpai di semua variannya.

Jika generasi sebelumnya menggunakan rem cakram pada roda belakang guna memberikan daya cengkram yang lebih baik, kekurangan berikutnya yang ada pada generasi ketiganya yaitu memakai rem tromol untuk bagian belakang.

3. Peredam Kabin Tipis dan Audio Terkesan Murahan

Nuansa kabin

Honda Jazz generasi pertama hingga ketiganya mempunyai kekurangan pada sistem peredam kabin. Yang mana ketika sedang digunakan, suara gesekan permukaan ban dengan aspal serta suara kendaraan lain dari luar terdengar jelas di dalam kabin.

Selain  peredam kabin yang tipis, untuk sistem audionya terkesan murahan dengan menghasilkan suara yang biasa saja.

Kesimpulan

Punya harga bekas yang stabil, beberapa poin mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Jazz GK5 bekas sudah kami ulas secara tuntas. Masih diminati hingga saat ini, secara garis besar generasi ketiga Jazz di Tanah Air memiliki desain yang sporty serta stylish, nyaman, praktis dan punya bagasi luas, fitur keselamatan komplit, performa besar, responsif, terasa halus berkat penggunaan transmisi CVT, serta handling yang baik.

Untuk kekurangannya suspensi terbilang sedikit keras, banyak mengalami penyunatan fitur, dan terakhir peradam kabin yang tipis serta sistem audio biasa saja.

Baca juga: Belum Banyak Tahu, Ini Kekurangan Honda Jazz GK5 yang Sulit Diterima Penggunannya

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Secara popularitas Honda Jazz GK5 masih banyak diminati sampai dengan saat ini. Bagi kalian yang tertarik dengan mobil ini, wajib hukumnya mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda Jazz GK5 bekas yang merupakan generasi ketiga dari Honda Jazz ini sebelum memutuskan untuk membeli. Diluncurkan di Indonesia pada 2014 menggantikan model sebelumnya yang berkodekan GE8, Jazz GK5 tidak lagi dipasarkan di Indonesia sejak Februari 2021. Posisinya yang menempati segmen hatchbak kompak 5-seater digantikan
Wuling Almaz RS Pro Hybrid tercatat sudah diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2023. Jadi saat ini usianya sudah hampir setahun. Mungkin pamornya agak tertutup dengan serbuan SUV Jepang maupun SUV Tiongkok lain yang bertenaga full listrik. Padahal Wuling Almaz RS Pro Hybrid tetap memiliki banyak daya tarik dibanding kompetitornya. Antara lain mobil ini dipasarkan dengan harga cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 400 juta. Harga ini kalau membeli SUV Jepangan, biasanya cuma dapat sebuah compact cr
PT Indomobil National Distributor selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Citroën berkomitmen untuk menyediakan berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia. Bahkan merek mobil asal Perancis ini menambah Citroën Experience Center ke-4 di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan yang merupakan salah satu dari 22 outlet resmi Citroën di Indonesia. "Citroen Experience center adalah tempat yang kita buat untuk bisa melayani Customer sebaik mungkin, dan semaksimal mungkin," ungkap CEO Indomobil Group San
Sangat menarik memang pasar otomotif di Indonesia apalagi kalau kita melihat dari daftar mobil terlaris tiap bulannya. Ternyata, pergeseran posisi yang berhak menyandang predikat mobil terlaris di Indonesia cukup ketat. Kita lihat saja untuk posisi teratas, jika pada beberapa pekan sebelumnya Toyota Kijang Innova memimpin, maka di bulan lalu tahtanya tergeser. Adalah Daihatsu Sigra yang kembali bisa menyandang julukan mobil terlaris di Indonesia. Lantas bukan itu saja yang menarik, sebab pada ur
Toyota Land Cruiser 300 masuk dalam kategori mobil premium yang jadi favorit kaum kaya raya di Indonesia. Tapi, meski harganya di atas Rp2 miliar dan waktu inden cukup lama, Land Cruiser banyak dinanti konsumen di Tanah Air. Hal ini juga disampaikan Chief Marketing Auto2000 Yagimin, yang menurutnya permintaan mobil kelas menengah atas atau luxury mengalami peningkatan permintaan, termasuk model Camry dan bZ4x. Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 di Indonesia Kena Recall, Ini Masal

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion Hyptec HT

Rp 685,00 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion ES

Rp 386,00 Juta

Lihat Mobil
Nissan

Nissan Serena e-POWER

Rp 635,00 Juta

Lihat Mobil
Lexus

Lexus LBX

Rp 895,00 - 942,00 Juta

Lihat Mobil
MG

MG Cyberster

Rp 1,69 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota Hilux Rangga

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta X

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat