Honda HR-V Hybrid 2024 diprediksi akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini tercium dari adanya Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di situs Samsat PKB Jakarta beberapa waktu lalu.
Namun rupanya, teka teki mengenai akan seperti apa sosok Honda HR-V Hybrid 2024 berteknologi e:HEV itu sudah mulai bisa diprediksi. Pasalnya, Honda Thailand baru saja memperkenalkan New Honda HR-V e:HEV 2024 yang rencananya akan rilis di Thailand Motor Expo 2024 pada 28 November.
Pihak Honda Thailand mengumumkan ada tiga varian Honda HR-V e:HEV di negara itu, yakni tipe E, EL dan RS. Adapun untuk harganya belum diumumkan, namun pihak otoritas sudah memberikan spli harga Honda HR-V e:HEV 2024 tersebut yang akan lebih murah dari model sebelumnya.
Yakni untuk tipe E akan dihargai kisaran 890 ribu Baht (Rp 414 jutaan). Kemudian untuk tipe EL harganya 1 juta Baht (Rp 465 jutaan), dan tipe RS 1,1 juta Baht (Rp 512 jutaan). Sebagai informasi, untuk model HR-V e:HEV sebelumnya di negara tersebut juga dipasarkan dalam 3 varian, yakni E, EL, dan RS.
Nah seperti apa sosok Honda HR-V Hybrid 2024 yang sudah ada di Thailand, dan mungkin akan masuk juga Indonesia? yuk kita kupas lebih detil sebelum mobil ini benar-benar tiba ke Tanah Air.
Baca juga: Honda HR-V Hybrid Sudah Bersiap Masuk Indonesia, Segini Perkiraan Harganya
Varian terendah dari HR-V e:HEV versi Negeri Gajah Putih itu adalah tipe EL. Sementara kalau melihat sosoknya, tentu kita akan teringat pada wujud fisik dari HR-V tipe S dan SE yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).
Meski begitu identik, namun karena ini adalah model Honda HR-V facelift, maka pabrikan yang berpusat di Jepang itu tetap memberikan beberapa hal baru pada mobil baru Honda berjenis SUV Crossover ini.
Pada fascia depan misalnya terlihat ada perubahan untuk tipe E. Antara lain di area grill, yang sebelumnya berupa 9 bilah garis horizontal, diubah menjadi lebih kecil dan hanya terdiri dari 7 bilah garis. Kemudian di bagian atas gril ini terdapat aksen Black Gloss untuk menghubungkan antara kedua lampu utama.
Adapun lampu depan mobil ini terlihat tidak mengalami perubahan. Desainnya lebih runcing namun tetap pakai teknologi LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL). Lantas lekukan bemper depan juga masih dipertahankan, termasuk proporsi dua lampu kabin berjenis LED yang ada di sudut kiri dan kanan bemper tersebut.
Lanjut ke samping, untuk varian HR-V e:HEV EL di Thailand masih terlihat identik dengan HR-V bermesin konvensional tipe E CVT dan SE CVT yang dijual di Indonesia. Ini terlihat dari desain velg yang terpasang, desain wheel arc dengan finishing black matte, sampai ke siluet bodi hingga ke pilar C masih senada.
Sedikit perubahan terlihat pada area belakang utamanya di lampu stop. Kini desain LED di abgain dalamnya dibuat garis, meski secara bentuk cover rear combination lamp ini tetap sama. Di luar itu, kalian tetap akan menemukan lekuk bokong HR-V e:HEV yang sama dengan model HR-V yang saat ini sudah dijual oleh HPM.
Lanjut ke bagian kabin, pada Honda HR-V Hybrid 2024 ini terlihat juga masih mempertahankan bentuk yang sama dengan model HR-V versi Indonesia. Mulai dari style dasbor, lekukan jok, hingga ke garis desain trim pintu.
Meski begitu ada beberapa tambahan fitur yang terlihat, seperti head unit 8 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay maupun Android Auto. Lantas ada tambahan soket charger Type C, wireless charger, serta jok pengemudi memiliki pengaturan elektrik 8 arah. Tak ketinggalan pada bagian vanity mirror juga sudah ditambahkan kaca beserta lampu.
Baca juga: Akio Toyoda Nyetir Sendiri dan Puji Honda HR-V Hybrid, Wah Ada Apa?
Kalau dibandingkan antara HR-V e:HEV EL dengan HR-V tipe S dan SE di Indonesia perubahannya tak terlalu banyak, maka tidak dengan varian RS. Rupanya Honda HR-V Hybrid RS ini mengalami revisi yang cukup signifikan.
Mulai dari bagian depan, kalian akan melihat desain gril yang berubah, baik secara desain maupun ukuran yang mengecil dan lebih menyiku. Kemudian untuk lampu utamanya juha dibentuk lebih runcing, walau tetap menggunakan teknologi LED Projector yang terintegrasi LED DRL.
Walau demikian, garis desain bemper tetap dipertahankan, termasuk adanya aksen garis merah pada bagian air dam, serta desain under spoiler dan penempatan dua foglamp pada sisi kiri dan kanan bemper.
Perbedaan selanjutnya bisa kalian lihat dari desain velg, yang untuk tipe RS di Thailand pakai kombinasi warna hitam dengan aksen silver. Sementara di HR-V RS Turbo versi Indonesia desain velgnya double 5-spoke yang semuanya di kelir hitam.
Lantas untuk HR-V Hybrid tipe RS terbaru ini juga sudah menggunakan opsi warna two tone dengan bagian atap hitam. Termasuk juga cover spion yang keduanya di cat Black Gloss. Namun lagi-lagi, layout bodi, wheel arch, hingga desain kaca jendela, semuanya masih tak berubah.
Untuk tampilan belakang, sama seperti tipe EL, Honda HR-V e:HEV RS ini hadir dengan desain lampu yang baru, dengan penekanan pada model garis horizontal dan menggunakan teknologi LED. Sedangkan untuk bagian lain seperti lekukan pintu bagasi, spoiler atap, sampai bemper, semuanya masih sama dengan HR-V RS Turbo di Tanah Air.
Kemudian dari segi fitur unggulan, HR-V e:HEV ini besar kemungkinan mengambil basis dari HR-V tipe RS 1.5 Turbo yang sudah ada sebelumnya. Jadi teknologi seperti Remote Engine Start, head unit 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, meter cluster 7 inci, dan juga panoramic glass roof sudah ada.
Lantas fitur Honda SENSING juga kemungkinan besar akan disertakan pada varian hybrid HR-V. Fitur ini antara lain terdiri dari:
Tak ketinggalan juga akan ada perangkat keselamatan lain berupa Honda LaneWatch, 6 airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Brake Override System, dan Emergency Stop Signal (ESS).
Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Baru di Harga Rp 300 Jutaan, Bisa Dapat Veloz Sampai HR-V
Sosok Honda HR-V e:HEV sebenarnya sudah ada di Thailand sejak November 2021. Bahkan disana ada juga varian RS sebagai model flagship. Secara fisik pun tak banyak yang berbeda dari All New HR-V yang dirilis di Indonesia.
Urusan mesin pun kami perkirakan tidak berubah dibanding HR-V e:HEv sebelumnya di Thailand. Yaitu menggunakan mesin 1.5-liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4 silinder, 16 katup.
Disandingkan dengan transmisi otomatis E-CVT, mesin ini menghasilkan 105 PS pada 6.000 - 6.400 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.500 - 5.000 rpm. Mesin ini kemudian dikombinasikan motor listrik sehingga memberikan tenaga maksimum 131 PS dengan torsi 253 Nm.
Sistem e:HEV hadir dengan 3 mode berkendara, dimulai dari EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, dan Engine Drive Mode. Pada saat yang sama, pengemudi juga dapat memilih dari 3 jenis Drive Mode: ECON Mode, Normal Mode dan Sport Mode.
Honda mengklaim konsumsi BBM HR-V hybrid menawarkan penghematan sampai 25,6 km/l dan emisi CO2 hanya 94 g/km. Jauh lebih irit BBM dibanding versi mesin biasa dan yang 1.5L Turbo.
Perbandingan Spesifikasi Honda HR-V | ||
---|---|---|
1.5L RS Turbo | e:HEV RS CVT | |
Dimensi | ||
Panjang | 4.385 mm | |
Lebar | 1.790 mm | |
Tinggi | 1.590 mm | |
Jarak sumbu roda | 2.610 mm | |
Jarak ke tanah | 190 mm | |
Ukuran roda | 225/50 R18 | |
Mesin | ||
Tipe mesin | 1.5L Turbo DOHC VTEC + DBW | 1.5L DOHC i-VTEC |
Kapasitas silinder | 1.498 cc | 1.498 cc |
Jumlah silinder | 4 | 4 |
Tipe baterai | Lithium-ion | |
Daya maksimum | 177 PS @6.000 rpm | 106 PS @6.000 - 6.400 rpm |
Torsi makismum | 240 Nm @1.700 - 4.500 rpm | 127 Nm @4.500 - 5.000 rpm |
Daya motor listrik | 131 PS @4.000 - 8.000 rpm | |
Torsi motor listrik | 253 Nm @0 - 3.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | Otomatis CVT |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut with Stabilizer | |
Suspensi belakang | H-Shape Torsion Beam | |
Rem depan | Ventilated Disc | |
Rem belakang | Disc |
Baca juga: Intip Modifikasi Honda HR-V dan Accord Hybrid Mugen di Bangkok Auto Salon 2024
Lantas berapa kira-kira harga Honda HR-V e:HEV ketika nnti dipasarkan di Indonesia? Jika kita melihat data NJKB tersebut, maka terpampang jelas kalau Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk HR-V hybrid tipe CVT saja sebesar Rp 328 juta, sementara untuk yang tipe e:HEV RS CVT sebesar Rp 372 juta.
Jika kita bandingkan dengan NJKB Honda HR-V 1.5 Turbo RS CVT, maka disitu tertulis Rp 395 juta. Namun mengacu pada situs resmi Honda Indonesia, harga Honda HR-V tipe RS Turbo per September 2024 sudah di angka Rp 540,3 juta. Itu berarti ada selisih sekitar Rp 145 juta.
Jika selisih harga tadi kita asumsikan merupakan biaya untuk berbagai pajak dan juga biaya distribusi hingga keuntungan dealer, maka jika kita konversi ke tipe HR-V e:HEV, maka kemungkinan besar harga Honda HR-V Hybrid RS CVT nantinya bisa menyentuh Rp 517 jutaan.
Namun prediksi kami adalah, HR-V tipe 1.5L Turbo ini akan dihapuskan oleh HPM, diganti dengan tipe e:HEV RS. Sementara selisih harganya tidak akan jauh dari banderol HR-V RS Turbo saat ini, yaitu di kisaran Rp 550 - Rp 570 juta.
Benarkah demikian? Lagi-lagi kita tunggu kabar resmi dari HPM.