Honda HR-V Hybrid berteknologi e:HEV sepertinya sedang dipersiapkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Hal ini terlihat dari keberadaan SUV bermesin hibrida itu pada data Samsat Jakarta.
Pada laman Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di situs Samsat PKB Jakarta, memang tidak terpampang jelas nama Honda HR-V e:HEV. Tapi ada dua kode Type kendaraan yang terlihat belum lama masuk dalam daftar NJKB tersebut.
Yaitu RV58 CVT ZZ, dan RV58 RS CVT ZZ. Sepertinya kedua kode tipe kendaraan ini mengarah pada model Honda HR-V. Sebab kalau melihat data kode RV58, mengarah pada model HR-V. Sementara kode "RS" menunjukkan varian HR-V RS. Lalu untuk kode "CVT" mengartikan jenis transmisi yang terpasang.
Adapun kode "ZZ" mengarah pada model hybrid yang digunakan Honda. Sebab kode yang sama juga terlihat di CR-V e:HEV dan Accord e:HEV. Misalnya untuk CR-V RS e:HEV, pada data NJKB tersebut tertulis pula kode ZZ di akhirannya, yaitu RS58 RS CVT ZZ. Adapun untuk CR-V Turbo hanya berkode RS38 T CVT. Kemudian pada Accord e:HEV, Honda juga memberikan kode ZZ, yakni CY26 RS CVT ZZ.
Jadi sepertinya dua kode misterius di data NJKB Samsat Jakarta itu menunjukkan dua mobil hybrid terbaru Honda. Yakni Honda HR-V e:HEV CVT, dan HR-V e:HEV RS CVT. Benarkah demikian? Tentu kita masih menunggu konfirmasi resmi dari pihak HPM.
Baca juga: Daftar SUV Terlaris di Indonesia Saat Ini, Honda HR-V Berhasil Kalahkan Dominasi Rush - Terios
Sosok Honda HR-V e:HEV sebenarnya sudah ada di Thailand sejak November 2021. Bahkan disana ada juga varian RS sebagai model flagship. Secara fisik pun tak banyak yang berbeda dari All New HR-V yang dirilis di Indonesia.
Honda Automobile Thailand menawarkan All New HR-V dalam tiga varian tipe. Yaitu HR-V e:HEV E, HR-V e:HEV EL, dan HR-V e:HEV RS. Semua varian itu datang dengan tiga pilihan warna, yakni Premium Sunlight White, Meteoroid Grey (Metallic), Platinum White dan Crystal Black. Tapi khusus tipe RS ada tambahan warna Ignite Red Metallic dengan atap Hitam.
Tipe mesin yang digunakan juga cuma satu, Yakni mesin 1.5-liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4 silinder, 16 katup Disandingkan dengan transmisi otomatis E-CVT, mesin ini menghasilkan 105 PS pada 6.000 - 6.400 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.500 - 5.000 rpm. Mesin ini kemudian dikombinasikan motor listrik sehingga memberikan tenaga maksimum 131 PS dengan torsi 253 Nm.
Sistem e:HEV hadir dengan 3 mode berkendara, dimulai dari EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, dan Engine Drive Mode. Pada saat yang sama, pengemudi juga dapat memilih dari 3 jenis Drive Mode: ECON Mode, Normal Mode dan Sport Mode.
Honda mengklaim konsumsi BBM HR-V hybrid menawarkan penghematan sampai 25,6 km/l dan emisi CO2 hanya 94 g/km. Jauh lebih irit BBM dibanding versi mesin biasa dan yang 1.5L Turbo.
Perbandingan Spesifikasi Honda HR-V | ||
---|---|---|
1.5L RS Turbo | e:HEV RS CVT | |
Dimensi | ||
Panjang | 4.385 mm | |
Lebar | 1.790 mm | |
Tinggi | 1.590 mm | |
Jarak sumbu roda | 2.610 mm | |
Jarak ke tanah | 190 mm | |
Ukuran roda | 225/50 R18 | |
Mesin | ||
Tipe mesin | 1.5L Turbo DOHC VTEC + DBW | 1.5L DOHC i-VTEC |
Kapasitas silinder | 1.498 cc | 1.498 cc |
Jumlah silinder | 4 | 4 |
Tipe baterai | Lithium-ion | |
Daya maksimum | 177 PS @6.000 rpm | 106 PS @6.000 - 6.400 rpm |
Torsi makismum | 240 Nm @1.700 - 4.500 rpm | 127 Nm @4.500 - 5.000 rpm |
Daya motor listrik | 131 PS @4.000 - 8.000 rpm | |
Torsi motor listrik | 253 Nm @0 - 3.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | Otomatis CVT |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut with Stabilizer | |
Suspensi belakang | H-Shape Torsion Beam | |
Rem depan | Ventilated Disc | |
Rem belakang | Disc |
Baca juga: Intip Modifikasi Honda HR-V dan Accord Hybrid Mugen di Bangkok Auto Salon 2024
Jika melihat dari data spesifikasi yang ada di Thailand, rasanya HPM akan mengaplikasikan hal yang serupa. Mengingat varian mesin bensin 1.5L juga ada di tipe SE, E dan S pada All New HR-V versi Indonesia.
Jadi kemungkinan besar, urusan spesifikasi teknis mesin, bakal sama persis dengan yang ada di Negeri Gajah Putih tersebut. Pun secara estetika eksterior dan interiornya juga tak mengalami perubahan yang banyak.
Kemudian dari segi fitur unggulan, HR-V e:HEV ini besar kemungkinan mengambil basis dari HR-V tipe RS 1.5 Turbo yang sudah ada sebelumnya. Jadi teknologi seperti Remote Engine Start, head unit 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, meter cluster 7 inci, dan juga panoramic glass roof sudah ada.
Lantas fitur Honda SENSING juga kemungkinan besar akan disertakan pada varian hybrid HR-V. Fitur ini antara lain terdiri dari:
Tak ketinggalan juga akan ada perangkat keselamatan lain berupa Honda LaneWatch, 6 airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Brake Override System, dan Emergency Stop Signal (ESS).
Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Baru di Harga Rp 300 Jutaan, Bisa Dapat Veloz Sampai HR-V
Lantas berapa kira-kira harga Honda HR-V e:HEV ketika nnti dipasarkan di Indonesia? Jika kita melihat data NJKB tersebut, maka terpampang jelas kalau Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk HR-V hybrid tipe CVT saja sebesar Rp 328 juta, sementara untuk yang tipe e:HEV RS CVT sebesar Rp 372 juta.
Jika kita bandingkan dengan NJKB Honda HR-V 1.5 Turbo RS CVT, maka disitu tertulis Rp 395 juta. Namun mengacu pada situs resmi Honda Indonesia, harga Honda HR-V tipe RS Turbo per September 2024 sudah di angka Rp 540,3 juta. Itu berarti ada selisih sekitar Rp 145 juta.
ika selisih harga tadi kita asumsikan merupakan biaya untuk berbagai pajak dan juga biaya distribusi hingga keuntungan dealer, maka jika kita konversi ke tipe HR-V e:HEV, maka kemungkinan besar harga Honda HR-V Hybrid RS CVT nantinya bisa menyentuh Rp 517 jutaan.
Namun prediksi kami adalah, HR-V tipe 1.5L Turbo ini akan dihapuskan oleh HPM, diganti dengan tipe e:HEV RS. Sementara selisih harganya tidak akan jauh dari banderol HR-V RS Turbo saat ini, yaitu di kisaran Rp 550 - Rp 570 juta.
Benarkah demikian? Lagi-lagi kita tunggu kabar resmi dari HPM.