Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport merupakan dua mobil yang sering jadi pertimbangan ketika memilih Sport Utility Vehicle (SUV) Ladder Frame. Maklum secara desain, tampang, hingga performa keduanya sama-sama banyak disukai konsumen di Tanah Air.
Hanya saja untuk kali ini, AutoFun tidak akan membahas kedua mobil secara keseluruhan, melainkan hanya tipe termurah dari Toyota Fortuner 2024 dan Mitsubishi Pajero Sport 2024.
Seperti diketahui, untuk yang termurah dari Toyota Fortuner adalah 4x2 2.4 G MT dan AT, sedangkan Mitsubishi Pajero Sport juga ada 4x2 Exceed yang dilengkapi jenis transmisi MT dan AT. Persamaannya dari keduanya adalah menggunakan sistem penggerak masih 4x2, dan transmisi manual.
Untuk harganya Fortuner 4x2 2.4 G MT selisih Rp5,6 juta lebih mahal dari Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Exceed MT. Sedangkan untuk versi transmisi automatic atau AT selisihnya Rp8 jutaan.
Perbedaan Harga | |||
---|---|---|---|
Toyota Fortuner | Harga | Mitsubishi Pajero | Harga |
4x2 2.4 G MT | Rp573.700.000 | Sport 4x2 Exceed MT | Rp568.100.000 |
4x2 2.4 G AT | Rp591.300.000 | Sport 4x2 Exceed AT | Rp583.300.000 |
Dengan harga tersebut bagaimana ubahannya? Lihat detailnya di bawah ini.
Baca juga: New Toyota Fortuner 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya
Jika bicara soal dimensi, ternyata Pajero Sport lebih Panjang, dibandingkan dengan Fortuner. Namun Ketika ditanya lebar sebaliknya, Fortuner justru lebih lebar dibandingkan dengan Pajero Sport.
Bagaimana dengan tingginya? Keduanya memiliki tinggi yang sama yaitu 1.835 mm. Adapun untuk Ground Clearance Fortuner lebih tinggi 2 mm dari Pajero Sport, namun untuk Jarak sumbu roda Pajero Sport lebih panjang 55 mm.
Dimensi | ||
---|---|---|
Keterangan | Toyota Fortuner 4x2 2.4 G | Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Exceed |
Panjang | 4.795 mm | 4.840mm |
Lebar | 1.855 mm | 1.815 mm |
Tinggi | 1.835 mm | 1.835 mm |
Ground Clearance | 220 mm | 218 mm |
Jarak Sumbu Roda | 2.745 mm | 2.800 mm |
Dari sisi eksterior memang itu sebuah selera, karena untuk suka atau tidak merupakan pilihan masing-masing individu.
Bahkan Toyota Fortuner yang beberapa Waktu lalu resmi meluncurkan model facelift, ternyata tidak semua mendapatkan penyegaran, misalnya pada Fortuner tipe 4x2 2.4 G yang masih mempertahankan tampilan lamanya. Namun begitu, Fortuner G pada bagian depan depan sudah memiliki tampang tetap gagah, lengkap dengan lampu-lampu LED ditambah DRL tepat di bawah fog Lamp.
Pada bagian sampingnya, terihat over fender serta foot step dan Electric Mirror yang memiliki fitur retractable sehingga bisa menutup secara otomatis ketika pintu mobil terkunci, dan membuka ketika pintu terbuka. Selain itu, kaki-kaki sudah menggunakan velg 17 inci yang dibalut dengan ban jenis all-terrain berprofil 265/65.
Untuk bagian belakang, mobil ini dilengkapi parkir di empat titik, sehingga akan berfungsi memberikan sinyal mundur ketika sedang melakukan parkir. Ada juga penggunaan garnish yang dilapisi aksen krom, wiper belakang, spoiler, dan penggunaan shark fin antenna.
Baca juga: Intip Penjualan Toyota Fortuner 2024, Apakah Lebih Laris dari Pajero Sport?
Sedangkan untuk Pajero Sport tipe terendah juga memiliki karakter gagah, hanya saja untuk lampu-lampunya masih menggunakan halogen, baik itu lampu utama hingga lampu kabut.
Pada bagian kaki-kaki sudah tipe G menggunakan velg berukuran 18 inci single tone yang dibalut ban 265/60. Beberapa hal lainnya, mobil ini sudah menggunakan spoiler belakang, combination lamp pada bagian belakang, dan juga penggunaan shark fin antenna.
Untuk interior Toyota Fortuner G 2024 maupun Mitsubishi Pajero Sport Exceed 2024 memang tidak semewah dibandingkan varian tertingginya. Hanya saja, ada beberapa bagian yang cukup menarik sudah dibenamkan di kedua varian tipe terendah.
Seperti untuk Fortuner G pada bagian dashboard dan door trim telah balut material berbahan fabric dan kulit dengan material soft touch dan bazelnya warna silver. Tipe ini juga sudah dilengkapi head unit berukuran 9 inci yang terkoneksi dengan OS Android, dilengkapi fitur Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command.
Selain itu ada juga pengaturan AC dengan tampilan digitalnya juga mendapat fitur dual zone, yang mana untuk suhu kiri maupun kanan dapat diatur secara individu menyesuaikan kebutuhan pengguna. Walau tipe terendah, namun untuk layar MID sudah berukuran 4.2 inci dan hadir dengan New TFT Opening Animation.
Pada lingkar kemudi, terdapat sejumlah tombol pengaturan setir yang terhubung langsung dengan head unit serta meter cluster, Paddle Shift untuk varian matic, tilt and telescopic, serta jok pengaturan lengkap secara manual untuk pengemudi.
Baris pertama dan kedua mobil ini dilengkapi arm rest, serta Power Outlet 12 volt di baris pertama dan ketiga. Untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan, Fortuner G pun dilengkapi AC double blower dengan kisi-kisi di setiap barisnya.
Pada bagian interior Mitsubishi Pajero Sport Exceed beberapa bagiannya sudah dibalut kulit seperti termasuk pada bagian gear shift knob dan juga joknya. Sedangkan untuk Head unitnya lebih kecil dari Fortuner, yaitu berukuran 7 inci yang terkoneksi dengan Smartphone Connectivity, bisa mengoperasikan AM/FM radio, Bluetooth hingga USB Player.
Sejumlah tombol juga sudah menempel di lingkar kemudi yang dibalut kulit yang bisa mengoperasikan system audio, Cruise Control dan fitur lainnya. Oia, meski tidak dilengkapi paddle shifters, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Tilt & Telescopic agar bisa menyesuaikan kenyamanan saat menggenggam lingkar kemudi.
Pajero Sport tipe terendah ini sudah memiliki AC model double blower, hanya saja pengaturannya masih Single Zone Auto.
Fitur keselamatan memang wajib diterapkan pada setiap mobil. Hanya saja, prioritas fitur mana yang diterapkan masing-masing brand memiliki perbedaan
Toyota Fortuner
Mitsubishi Pajero Sport
Untuk jantung pacu antara Toyota Fortuner 4x2 2.4 G dan Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Exceed juga tak jauh berbeda.
Untuk detailnya bisa lihat di sini:
Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport | ||
---|---|---|
Keterangan | 4x2 2.4 G MT | 4x2 Exceed MT |
Mesin | Diesel 2GD-FTV 4 Silinder Segaris, 16 katup, DOHC, VNT Intercooler | 4D56 Commonrail Turbocharged, 4 Silinder segaris, DOHC |
Kapasitas | 2.393 cc | 2.477 cc |
Daya Maksimum | 149,6 Ps pada 3.400 rpm | 136 PS 4.000 rpm |
Torsi Maksimum | 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm | 324 Nm pada 3.200 rpm |
Transmisi | 6 Percepatan | 5 Percepatan |