Honda Jazz Gen 1 Dijadikan Odong-odong Ini Picu Komentar Netizen

Grup otomotif di Facebook bernama Motuba diramaikan oleh sebuah postingan foto yang menampilkan sosok Honda Jazz gen 1 digunakan sebagai mobil odong-odong atau kereta wisata. Karena biasanya mobil odong-odong yang kerap ditemui di jalan menggunakan basic dari Toyota Kijang doyok atau Isuzu Panther.

Tampilan belakang Jazz odong-odong (foto: Gerry Abe)

Honda Jazz gen 1 yang dipakai sebagai odong-odong ini sebenarnya bukan terjadi di Indonesia, melainkan di Thailand. Dimana mobil ini adalah kendaraan tamu Maharaja Garden City, salah satu komplek perumahan di Bangkok, ibu kota Thailand.

Jazz gen 1 yang dimodifikasi menjadi kereta wisata tersebut untuk tampilan depannya masih mempertahankan bentuk asli. Bagian yang berubah mulai dari kaca depan, lantai kabin, penggunaan jok plastik, atap, serta belakangnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Honda Jazz Gen 1 yang Dipakai Odong-odong Ternyata Merupakan Honda Fit

Odong-odong yang dipakai merupakan Honda Fit gen 1 (foto: Gerry Abe)

Usut punya usut, Honda Jazz gen 1 yang digunakan sebagai odong-odong ternyata memakai basic dari Honda Fit. Untuk beberapa negara, Honda Jazz gen 1 dinamakan Honda Fit.

Honda Fit pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 2001. Nama Honda Fit awalnya khusus dijual untuk pasar Jepang, namun beberapa negara lain seperti China dan Amerika menggunakan nama yang sama hingga 2007.

Mobil yang digunakan sebagai odong-odong bukanlah Jazz, melainkan Fit berkat kejelian mata netizen.

“Lhaa Honda Fit, kok tau Honda Fit? Tu penengnya, jelas cirinya, warna full hitam penengnya,” tulis pemilik akun Facebook, Putraka Sukma Harjuna dalam kolom komentar.

Interior Honda Fit gen 1 yang dijadikan odong-odong (foto: Gerry Abe)

“Klo dri setir sm head unitnya sepertinya Honda Fit, yang sudah tidak fit lagi,” timpal Rizky Ramadhan.

“CBU mana nih mbah?, kok full optiom. Real panoramic seilir roof + ultrabench seat mbah,” komen Kevin Bayu Putra Pratama.

“Wah biasanya paling gagah pake Kijang buat odong wkwk,” ungkap Dimas Tzy.

“Kl bwa muatan ful ap gk kasian buat nanja itu,” sahut Ardian Wahyudi.

“Buset odong-odong matic,” balas Ryan Hendrawan.

Baca juga: Bingung Pilih Honda Jazz GD3 i-DSI Vs VTEC? Ini Kelebihan Masing-masing Varian

Sekilas Tentang Honda Jazz/Fit Gen 1

Honda Fit gen 1

Generasi pertama Jazz/Fit dengan kode bodi GD memulai debutnya pada 2001 di Jepang, kemudian di Eropa dan Australia tahun 2002, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara tahun 2003, China tahun 2004, dan Meksiko tahun 2005.

Selanjutnya city car ini dipasarkan di Kanada dan AS pada 2006. Di Indonesia, Honda Jazz mulai dipasarkan pada tanggal 19 Februari 2004 dengan pilihan mesin 1.5L i-DSI saja, awalnya masih diimpor dari Thailand.

Selang satu tahun peluncuran di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor mulai merakit Jazz di pabriknya yang berlokasi di Karawang dengan pilihan mesin 1.5L VTEC yang merupakan tipe tertinggi. Untuk versi facelift mobil ini muncul di Indonesia pada 2006.

Jazz gen 1 dijual dalam 6 variasi yang mana semuanya menggunakan mesin 4-silinder segaris.

  • GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
  • GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (Jepang)
  • GD3: 1.5 L L15A 2WD
  • GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (Kanada, AS,Meksiko dan Indonesia)
  • GD5: 1.5 L L15A 4WD (Jepang)
  • GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (Eropa)
  • GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (China)

Honda Fit VTEC

Menyesuaikan negara, Jazz/Fit gen 1 terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) yang dapat menghasilkan tenaga 64 kW (87 PS) di 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2700 rpm. 

Selantunya 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) menghasilkan tenaga 81 kW (110 PS) di 5800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4800 rpm.

Jantung pacu yang digunakan sudah mengusung sistem kombusi injeksi, dengan mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve yang menggunakan 2 busi per silinder, guna menghasilkan pembakaran lebih sempurna dengan tujuan irit bahan bakar dan emisi berkurang.

Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

Mengenai gear box, mobil ini memakai transmisi manual 5-percepatan, otomatis 5-percepatan dan CVT (Continuously Variable Transmission) yang disesuaikan dengan negara masing-masing. Untuk transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat, dan transmisi ini memiliki 7-tingkat percepatan yang dapat dikontrol menggunakan tombol di setir.

Baca juga: Harga Honda Jazz 2005 Mulai Rp55 Jutaan, Sebelum Beli Cek 5 Bagian Ini

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

All New Hyundai Santa Fe 2024 akhirnya resmi hadir di Indonesia. SUV ini datang dengan dua varian tipe yang masing-masing hadir dengan dua konfigurasi jok yang berbeda. Ada yang 6 seater ada juga yang 7-seater. Hyundai Indonesia menawarkan All New Santa Fe dalam varian Prime dan Calligraphy sebagai tipe tertingginya. Masing-masing varian ini hadir dengan konfigurasi jok 6 penumpang atau 7 penumpang. Dan keduanya pun memiliki dua varian mesin yang berbeda. "All New Santafe bisa memenuhi pelanggan
Selain VF 5, VF e34 jadi produk andalan Vinfast Indonesia saat ini. Berdasarkan tes uji tabrak Vinfast VF e34 yang dilakukan oleh New Car Assessment Program for South Asian Countries atau ASEAN NCAP, mobil listrik ini berhasil meraih rating empat bintang dengan total skor mencapai 78,99 poin. Penilaian skor keselamatan berkendara saat ini banyak dijadikan sebagai tolak ukur bagi sesorang untuk menilai sebuah kualitas serta keamanan kendaraan. Untuk angka penilaian uji tabrak Vinfast VF e34 pada
Pameran GIIAS Semarang 2024 resmi digelar di Muladi Dome, Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jawa Tengah yang berlangsung pada 23-27 Oktober 2024. Hajatan otomotif di Ibu Kota Jawa Tengah ini dihadiri 19 merek otomotif, dimana ada 14 brand roda empat dan 4 roda dua, serta sejumlah industri pendukung termasuk komponen. Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, GIIAS Semarang 2024 diharapkan ikut mampu mendongkrak penjualan otomotif nasion
Kaca film mobil saat ini merupakan komponen aksesoris kendaraan yang seakan sudah jadi piranti wajib dipasang. Kaca film bahkan bukan lagi sekedar berfungsi menolak panas matahari ke dalam ruang kabin mobil, namun juga ikut menunjang kaya kendaraan kalian. Saat ini semakin banyak merek dan tipe kaca film dengan beredar di pasaran. Selain itu pewarnaan dari komponen tersebut pun amat beragam, mulai dari yang berwarna silver, hitam, biru dan lain sebagainya. Para pemegang merek berlomba-lomba memb
Berikut ini adalah spesifikasi dan harga mobil MG di Indonesia, jika kalian sedang mempertimbangkan untuk memiliki kendaraan dari brand blasteran Inggris-Tiongkok itu. Pergerakan Morris Garages (MG) di Tanah Air memang begitu agresif. Cukup banyak varian model kendaraan yang ditawarkan MG untuk pasar di Indonesia. Mulai dari yang masih menggunakan mesin bakar internal (ICE), hingga yang berteknologi elektrifikasi. Baik itu HEV (Hybrid Electric Vehicle) maupun BEV (Battery Electric Vehicle). Kala

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat