Ajang Subaru BRZ Super Series 2025 akan digelar lima Seri sepanjang tahun ini. Adalah Pertamina Mandalika International Circuit yang dipilih sebagai lokasi balapan OMR (One Make Race) menggunakan Subaru BRZ tersebut.
Dan sebelum balapannya dimulai, pada 30-31 Januari 2025 sudah berlangsung terlebih dulu event Shakedown Subaru BRZ Super Series 2025. Acara ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan akhir sebelum 24 pembalap akan berlaga di sirkuit tersebut.
"Shakedown ini adalah tahap penting untuk menguji performa dan durabilitas Subaru BRZ Super Series secara menyeluruh, termasuk mesin, transmisi, kaki-kaki, rem, oli, dan ban," jelas Yahya Adi Nugoho dari Max Motorsport dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/1/2025).
Ia juga menjelaskan, melalui proses ini, semua pihak tidak hanya memastikan seluruh komponen bekerja optimal dalam kondisi balap, tetapi juga mendapatkan feedback dan akuisisi data yang akan menjadi dasar untuk penentuan tata cara pelaksanaan kompetisi BRZ Super Series.
Pada kesempatan yang sama GT Radial juga mengumumkan telah ditunjuk oleh Subaru Indonesia dan Max Motorsport berkolaborasi dalam ajang balap kali ini. Leonard Gozali selaku Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal, Tbk menuturkan jika dirinya merasa bangga karena GT Radial sudah dipercaya oleh Subaru Indonesia dan Max Motorsport untuk berkolaborasi di ajang balap OMR Subaru BRZ tersebut.
"Kerjasama strategis antara GT Radial, Subaru Indonesia, dan Max Motorsport dalam ajang Subaru BRZ Super Series menjadi momentum penting yang mempertemukan merek-merek dengan dedikasi tinggi terhadap performa, inovasi, dan motorsport," ujar Leonard Gozali.
Max Motorsport sendiri ditunjuk sebagai penyelenggara ajang Subaru BRZ Super Series 2025. Disebutkan oleh Yahya, kolaborasi dengan Subaru ini mencerminkan komitmen bersama dalam membangun ekosistem motorsport Indonesia yang lebih maju.
"Bersama dengan Max Motorsport, kami masuk ke Touring Car Championship dengan mengadakan Subaru BRZ Super Series, sebuah kejuaraan one-make-race menggunakan sport coupe Subaru BRZ," tambah Arie Christopher selaku CEO Subaru Indonesia.
Baca juga: Subaru BRZ 2025 Resmi Meluncur di Indonesia, Intip Ubahannya
GT Radial telah ditunjuk sebagai official tire pada Seri Balap Subaru BRZ Super Series sepanjang 2025 ini. Pihak GT Radial telah menyediakan ban tipe Ultra High Performance (UHP) Champiro SX-R ukuran 225/45 R17 yang akan digunakan oleh semua pembalap.
Disebutkan pula oleh Leonard Gozali, kolaborasi ini membuktikan bahwa produk Nasional memenuhi standar kendaraan sport premium kelas dunia, sekaligus siap menghadapi tantangan ketat di lintasan balap. Keikutsertaan GT Radial dalam Subaru BRZ Super Series mewujudkan komitmen dalam mendukung dunia balap nasional sekaligus memberikan pengalaman berkendara optimal bagi pengguna Subaru.
"Kerjasama strategis antara GT Radial, Subaru Indonesia, dan Max Motorsport dalam ajang Subaru BRZ Super Series menjadi momentum penting yang mempertemukan merek-merek dengan dedikasi tinggi terhadap performa, inovasi, dan motorsport," ujar dia.
GT Radial Champiro SX-R dipilih sebagai ban resmi berkat desain balap dengan grip tinggi dan responsivitas presisi di berbagai kondisi lintasan. Menggunakan kompon racing dan thread asimetris yang diperkuat, ban ini telah teruji di ajang nasional dan internasional, membuktikan komitmen GT Radial menghadirkan teknologi ban berkelas dunia.
Champiro SX-R merupakan ban performa tinggi terbaru yang telah disempurnakan oleh tim dari GT Radial dibanding generasi sebelumnya. Tersedia pula dengan Treadwear 200, ban ini dirancang bagi mereka yang menggunakan kendaraan performa tinggi atau berkompetisi di atas trek balap.
Setidaknya ada lima keunggulan pada struktur ban Champiro SX-R yang telah dirancang dengan teliti oleh tim GT Radial. Yaitu:
Desain bagian samping tapak ban ini dibuat lebih lebar untuk memberikan grip maksimum saat kendaraan menikung di kecepatan tinggi.
Area tengah tapak ban yang dibuat lebih luas bertujuan meningkatkan kinerja mesin kendaraan saat akan melahap trek lurus sehingga didapat kecepatan paling maksimal.
Penggunaan material yang sudah berstandar balapan dunia, akan menunjang kendaraan bisa mencapai lap time yang paling singkat.
Pola atau alur tapak pada ban Champiro SX-R dibuat unik demi menciptakan performa terbaik, termasuk memberikan dukungan agar kendaraan bisa memasuki tikungan dengan lebih presisi.
Penggunaan kompon untuk ban ini juga telah dipilih yang sesuai standar balapan kelas dunia, supaya menghasilkan konsistensi kinerja ban, akibat terjadi peningkatan suhu selama mobil dipacu di atas lintasan balap.
Seri Champiro SX-R tersedia dalam lima ukuran, yaitu 195/50 R15, 215/45 R17, 235/45 R17, 245/40 R17, dan 265/35 R18. Hingga saat ini, masing-masing ban tersebut telah dirancang secara cermat melalui penelitian dan pengembangan yang ketat, dengan mempertimbangkan permintaan akan ban yang menawarkan daya tahan serta grip maksimal yang dapat diandalkan.
Dengan keunggulan pada daya tahan meski dipakai pada kendaraan performa tinggi, selain di Subaru BRZ Series, ban ini sudah dipercaya untuk beberapa ajang balap Nasional. Misalnya GT Radial juga pernah tercatat sebagai pemasok ban resmi (official tire) untuk tim balap pabrikan, Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).
Ban GT Radial ini juga digunakan selama Kejuaraan Nasional Balap Mobil ISSOM dan Kejuaraan Nasional Champiro SX2 dan Champiro SX-R. Khususnya, ban ini terpasang di Toyota Yaris GR Sport, mobil pembalap Haridarma Manoppo di ITCR 1600 Max.
Ban performa tinggi GT Radial ini juga menghiasi fender Toyota Agya GR Sport, yang dikendarai oleh Jordan Johan di ITCR 1200. Mobil jenis yang sama digunakan juga oleh Anjasara Wahyu, Adrianza Yunial, dan Herdiko Setyaputra di Kejuaraan Slalom Nasional.
“Kerjasama kali ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kapabilitas teknologi GT Radial, tetapi juga langkah awal untuk mempererat hubungan jangka panjang yang memberikan nilai tambah bagi komunitas Subaru di Indonesia,” tambah Leonard.
Baca juga: Subaru BRZ Super Series Ini Siap Diajak Kebut-kebutan di Sirkuit, Intip Harganya
Subaru BRZ Super Series akan berlangsung dalam 5 putaran di Pertamina Mandalika International Circuit selama tahun 2025. Dengan fasilitas kelas dunia dan pemandangan spektakuler, Sirkuit Mandalika dianggap sebagai panggung sempurna untuk menggelar one-make-race dari APM dan tamu internasional, guna memperlihatkan kemajuan dunia motorsport Indonesia.
"Program ini menggabungkan unsur fun, efisiensi, dan sportifitas tinggi dengan dua kategori utama: Kelas Pro dan Kelas Amatir. Ajang ini juga untuk membuktikan arsitektur Subaru BRZ yang sangat kompetitif serta memiliki DNA Motorsport sesungguhnya," jelas Arie.
Rangkaian Subaru BRZ Super Series diproyeksikan akan menghadirkan kompetisi yang menarik serta memberikan exposure positif bagi peningkatan eksistensi ajang motorsport di Indonesia.
Selain one-make-race, Subaru Indonesia bersama Max Motorsport menghadirkan dua program unggulan untuk mendukung penyelenggaraan Subaru BRZ Super Series:
Ini merupakan program yang menawarkan berbagai Driver Improvement Packages guna memenuhi kebutuhan pengemudi di setiap tingkat keahlian. Program ini mencakup pengenalan dasar motorsport untuk pemula hingga peningkatan teknik balap tingkat lanjut bagi pengemudi yang berpengalaman. Program ini membuat keseluruhan kejuaraan Subaru BRZ Super Series menjadi inklusif untuk kalangan lebih luas.
2. BRZ Time Attack
Ini merupakan kompetisi berbasis time attack yang dirancang khusus bagi pengemudi pemula dan berpengalaman untuk mengembangkan dan menguji keterampilan mengemudi mereka dengan platform Subaru BRZ di dalam sirkuit.
"Setiap peserta wajib memiliki Subaru BRZ Super Series untuk program BRZ Racing School dan BRZ Time Attack, yang akan digelar dalam 4 putaran di Pertamina Mandalika International Circuit selama tahun 2025," timpal Yahya.
Baca juga: Wariskan DNA BRZ, 0-100 Km/Jam Subaru WRX 2023 Hanya Butuh 6 Detik!
BRZ Super Series adalah balapan OMR (One Make Race) yang digelar Subaru. Balapan ini akan berlangsung dalam 5 putaran di Pertamina Mandalika International Circuit selama tahun 2025.
Subaru BRZ dan Toyota GT86 merupakan dua model mobil sport dua pintu hasil kolaborasi antara Subaru dan Toyota. Keduanya pakai mesin mesin FA24 4 silinder Boxer Engine 2.400 cc Naturally Aspirated (N/A).
GT Radial memiliki beragam varian Champiro. Yaitu ada Champiro Eco, Champiro Luxe, Champiro Ecotec, Champiro Ecotec EV, Chmapiro Hpy, Champiro GTX Pro, Champiro SX2, dan Champiro SX-R
Cukup banyak ukuran yang disediakan GT Radial untuk tipe Champiro Eco. Yaitu: