Mitsubishi L300 Euro 4 diluncurkan di Indonesia pada Juni 2022. Sebagai market leader di segmen kendaraan niaga muatan ringan, L300 terbaru bukan cuma ramah lingkungan berkat penggunaan mesin diesel common rail, tapi juga bisa membawa barang lebih banyak.
Didatangnkan secara utuh dari Filipina, Elsapek kini dibekali dengan mesin anyar 4N14. Dengan pembaharuan di sisi jantung pacu, pihaknya mengklaim bahwa mobil ini juga memberikan torsi lebih besar dan bertenaga 40% dibandingkan model sebelumnya.
Di atas kertas, mesin diesel 4-silinder segaris, Direct Injection, Intercooler Common Rail Turbocharger, berkapasitas 2.268 cc yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 99 PS @3.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 200 Nm @1.000-3.500 rpm. Untuk transmisinya sendiri menggunakan manual 5-percepatan.
Bicara L300 Euro 4, baru-baru ini bengkel tuning mobil diesel yang berlokasi di Malang, Jawa Timur, Dinoyo Putra Auto Tuning mengunggah salah satu postingan di halaman Instagramnya setelah Mitsubishi L300 Euro 4 selesai dilakukan remap.
Tenaga Naik 15 Hp, Torsi Mitsubishi L300 Euro 4 Turut Melonjak 32 Nm
Seperti bengkel tuning lainnya, pengukuran tenaga dan torsi menggunakan dyno di bengkel DP Auto Tuning dengan data spesifikasi yang dirilis pabrikan memiliki perbedaan. Menurut data pabrikan pesaing dari Isuzu Traga ini mampu memeras tenaga 99 PS ( 97 Hp) serta torsi 200 Nm.
Data grafik yang dimiliki DP Auto Tuning menunjukan bahwa kondisi standar stelan pabrikan setelah dilakukan dyno mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 96,66 Hp di 3.396 rpm dengan torsi maksimal 207,77 Nm pada angka 2.514 rpm.
Beberda setelah ECU dilakukan penyetingan menggunakan komputer, di atas kertas tertulis mobil ini untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 111,14 Hp di 3.351 rpm dan torsi 240,10 Nm pada angka 3.188 rpm. Sedikit menarik kesimpulan, setelah dilakukan remap ECU Mistubishi L300 Euro 4 naik sekitar 15 Hp dengan torsi meningkat 32 Nm.
Walaupun secara tenaga dan torsi masih bisa ditingkatkan, bengkel tuning tersebut tidak melakukan penyetelan secara maksimal guna menjaga durabilitas serta keawetan mesin.
“Remap Mitsubishi L300 euro 4 dengan mesin 4N14, kita memang tidak terlalu agresif meningkatkan tenaga nya, hanya kita naik kan sekitar 15 persen, mengingat ini mobil komersial buat kerja jangka panjang dan jarak jauh,” tulis akun Instagram @dp_autotuning_dieselservice dalam postingannya.
Menurut situs resmi Mitsubishi Indonesia, sebagai kendaraan niaga muatan ringan L300 Euro 4 saat ini dibandrol mulai dari Rp213.650.000 untuk varian kabin sasis dan Rp218.650.000 jenis flat deck.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.