Modifikasi Mitsubishi L300, Si Jambrong yang Bukan Lagi Losbak Sayur
Prasetyo · 5 Des, 2022 20:09
0
0
Hasil modifikasi Mitsubishi L300 yang satu ini pasti akan bikin Anda geleng-geleng kepala. Pasalnya pickup andalan Mitsubishi yang kerap mengangkut sayur mayur, hasil tani, atau material bagunan, sudah lenyap seketika.
"Ini konsepnya pick up tahun 1950-an," buka Joko dari tim Jack Blarr. Ia menyebutkan jika dirinya memang sejak dulu mengagumi mobil-mobil klasik Amerika (American Muscle). "Jadinya ini, basicnya L300," lanjut dia.
Joko pun menuturkan, jika yang tersisa dari mobil bekas L300 itu cuma sasis. Sisanya ia pakai komponen dari mobil lain, atau dibuat custom secara handmade.
Kita bahas dari bagian luar dulu. Pria ramah ini menceritakan kalau proses membangun mobil tersebut memang cukup sulit. Alhasil memakan waktu sekitar setahun. "Paling sulit bagian depan, karena saya mau bentuknya benar-benar pas," katanya.
Hasil timnya yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah ini pun patut diacungi jempol. Lihat saja bagaimana lekuk fender depan kiri dan kanan menggembung secara natural layaknya keluaran pabrikan. Lantas gril depan berfinishing chrome juga menambah kesan klasik di mobil ini.
Ngomong-ngomong soal gril, bagian inilah yang menginspirasi penamaan mobil tersebut jadi 'Si Jambrong". Kira-kira mirip rambut panjang yang terurai, kata dia.
Beranjak ke bagian sisi, mobil ini juga dibentuk secara custom baik itu pada kaca depan, pilar A dan B, sampai pintunya. Pun demikian dengan bak kargo belakang yang diracik ulang secara custom. Makin menarik, kap mesin dan bak belakang bisa terangkat secara motorize.
Kalau bagian luar kesan klasik begitu kuat, maka beda dengan di area kabin. Mobil ini dibuat lebih nyaman dan mewah ketimbang aslinya. Lihat saja layout dasbor, serta meter cluster kepunyaan dari Honda Jazz.
Lantas joknya juga dibentuk ulang dengan penambahan busa dan pelapis kulit baru. Ada juga satu set perangkat audio bersistem 3 Way yang dibubuhi aklirik serta lampu LED warna-warni.
Satu hal yang menarik adalah tuas transmisi mobil ini tak lagi didekat setir, melainkan sudah di konsol tengah layaknya mobil lain. "Gearbox dari Toyota Innova," kata Joko.
Selain tampak luar yang begitu menarik mata siapapun, mengetahui spesifikasi teknis moil ini juga bakal bikin Anda melotot. Bagaimana tidak, mesin diesel 4D56 2.5-liter bertenaga 74 PS dengan torsi 133 Nm tak lagi terpasang.
Gantinya adalah mesin 1JZ milik Toyota Supra MK III. Bahkan gak cuma tampil polosan, mesin ini pun telah diukir dengan seksama sehingga terlihat bak mahakarya seni tak ternilai. "Kita ukir, kita chrome lagi," ucap Joko.
Turun ke bawah, mobil ini sudah dilesakkan velg 5 spoke berfinishing gold and chrome dengan ukuran 22 inci. Makin istimewa, bagian tepi velg ini juga mendapat sentuhan ukiran. Dan biar bodi mobil makin kandas ke aspal, dipasang pula sistem suspensi udara.
Wow! Gimana kalian terinspirasi buat modifikasi L300 jadi seperti ini juga?
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.