Layanan aftersales begitu penting terutama bagi kendaraan niaga, karena mobilitas yang begitu tinggi sehingga jarang pulang kandang. Untuk memudahkan perawatan rutin, PT Isuzu Astra Motor Indonesia memperkenalkan layanan aplikasi MyIsuzuID.
Melalui aplikasi tersebut, juragan truk bisa melakukan booking service untuk kendaraan mereka meskipun tidak berada di garasi. Dengan demikian, kendaraan operasional mereka bisa tetap mendapat perawatan rutin ketika berada di kota lain atau lokasi tujuan.
Baca juga:
5 SUV di Bawah Rp100 Juta Buat Mudik Lebaran, Mulai dari Isuzu Panther Touring Sampai Suzuki XL-7
5 Mobil Bekas Untuk Mudik Lebaran di Bawah Rp100 Juta, Nggak Cuma Dapat Toyota Avanza
5 Fakta Menarik Isuzu Bison, Muka Elsapek Mesin Panther Tapi Kurang Laku
"MyIsuzuID adalah sebuah aplikasi mobile yang terintegrasi langsung dengan sistem dealer Isuzu Indonesia. Fiturnya terus mendapatkan penyegaran sehingga dapat memudahkan pelanggan Isuzu. Terdapat 2 jenis booking service yang dapat dipesan melalui aplikasi MyIsuzuID, yaitu untuk booking service di bengkel (customer akan datang untuk servis di bengkel pilihan) dan booking service Bengkel Isuzu Berjalan (BIB akan datang ke lokasi customer)," jelas Corporate Planning & Digitalization Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Muhammad Syarief.
Lebih lanjut, Syarief menyebut bila bagian operasional atau pemilik kendaraan juga dapat melakukan booking untuk beragam unit dengan memberikan assignment booking service. Nantinya pengemudi cukup berkunjung ke bengkel yang telah direkomendasikan. Melalui aplikasi tersebut, pemilik kendaraan juga dapat memantau status kendaraan mereka yang sedang melakukan service.
"Sebelumnya, customer hanya bisa melakukan perawatan rutin dengan walk-in ke bengkel Isuzu atau melakukan booking service melalui panggilan telepon. Sistem MyIsuzuID ini sudah terintegrasi langsung dengan sistem transaksi di dealer. Saat melakukan registrasi MyIsuzuID, Aplikasi tersebut akan langsung mengidentifikasi unit-unit yang dimiliki konsumen serta transaksi yang pernah dilakukan di suatu dealer," ungkap Syarief.
Sebagai informasi, pada saat customer melakukan pembelian unit, customer akan mendapatkan Kupon Service Gratis di dalam buku servis. Melalui adanya E-KSG atau Electronic Kupon Service Gratis, kupon service akan langsung terintegrasi di dalam aplikasi MyIsuzuID.
Sistem digitalisasi ini membuat customer dapat langsung menggunakan kupon servis, dan kupon sisa yang belum terpakai secara digital tetap tersimpan di dalam sistem MyIsuzuID. Baik pemilik truk ataupun pengemudi unit yang bersangkutan dapat langsung menggunakannya pada saat melakukan booking service melalui MyIsuzuID.
"Adanya layanan aplikasi ini membuat kupon servis tidak sampai tertukar dengan unit kendaraan lain saat akan melakukan servis. Kemudian, terdapat berbagai promo menarik apabila customer melakukan booking service melalui aplikasi MyIsuzuID, kata Syarief.