window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Herdi · 17 Jul, 2023 11:32

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun 01

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba).

Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata.

Baca jugaBegini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

kepadatan kendaraan tujuan Puncak hingga macet kerap petugas jalan tol menutup jalan.

Jalur tujuan Puncak kerap macet hingga membuat jalan tol ditutup (Foto: Jasa Marga)

Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol Puncak - Cianjur ini segera dibangun dengan panjang hingga 51 kilometer. 

"Pembangunan ini menindak lanjuti berbagai aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur," ungkap gubernur yang akrab disapa Kang Emil, lewat akun Instagram pribadi @ridwankamil, Minggu (16/7/2023). 

Disebutkan, untuk pembangunan jalan tol baru ini akan melintasi beberapa wilayah, seperti Caringin, Megamendung sampai Cianjur.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Jalan Tol Cisumdawu, Baru Rampung Setelah 12 Tahun

Kepadatan lalu lintas di Puncak membuat kepolisian menerapkan sistem buka tutup

Kepadatan lalu lintas di Puncak membuat kepolisian menerapkan sistem buka tutup (Foto: Polri)

"Yang nanti akan disambung dari Cianjur ke Padalarang. Nanti bisa disambung oleh Tol Cigatas ke Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran, yang sedang dalam proses pembebasan lahan," ucap Kang Emil. 

Sebelumnya rencana tol ini disebut Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna saat pemaparan Rapat Dengar Pendapat bersama DPR Komis V di Gedung DPR, Senayan. 

"Jalan Tol Puncak rencananya dibangun bertujuan untuk mendukung konektivitas dan mengatasi kemacetan di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat. Nilai investasi proyek ini masih sekitar Rp 25 triliun," ucapnya kala itu. 

Dia menyebutkan, proyek jalan tol merupakan bagian dari program Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPUB), dimana rencananya masuk tahap persiapan lelang pada 2024 mendatang.

Untuk saat ini, proyek jalan tol Puncak masih dalam tahap penyusunan Feasibility Study atau Studi Kelayakan terlebih dahulu. 

Baca juga: Begini Cara Gerbang Tol Mendeteksi Jenis Golongan Kendaraan yang Akan Melintas

Jalan Tol Puncak - Cianjur Akan Terdiri dari 5 Seksi

Kondisi jalan tol Ciawi arah Puncak kerap macet hingga gerbang tol.

Kondisi jalan tol Ciawi arah Puncak kerap macet hingga gerbang tol. (Foto: Jasa Marga)

Jika tak ada aral melintang, jalan tol terbaru ini nantinya akan terintegrasi dengan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (bocimi), dipercaya akan memperkuat ekonomi di sekitar. 

Adapun rencananya jalan tol Puncak-Cianjur ini akan terdiri dari lima seksi, yaitu:

  • Seksi I sepanjang 11,6 km
  • Seksi II sepanjang 6,9 km
  • Seksi III sepanjang 9,7 km
  • Seksi IV sepanjang 7,3 km
  • Seksi V sepanjang 16,3 km.

Dengan adanya jalan tol Bosuciba, tentunya bisa mempersingkat waktu masyarakat yang ingin ke Cianjur, Bandung via tol, tanpa harus melewati tol Cikampek atau jalur alternatif puncak yang kerap macet. 

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil