Bukan Ball Joint atau Karet Support, Ini Ciri Tie Rod Mobil Mulai Rusak
Enda · 7 Jun, 2023 11:30
0
0
Kerusakan pada kaki-kaki bagian depan mobil yang menimbulkan suara saat melewati jalan rusak, serta sistem kendali tidak stabil bisa saja disebabkan dari ball joint dan karet support. Bukan hanya itu, bushing, link stabilizer serta tie rod yang melemah juga bisa menjadi penyebabnya.
Untuk mengetahui bagian yang rusak, kalian disarankan untuk datang ke bengkel spesialis kaki-kaki. Namun sebelum mengunjungi bengkel ada baiknya ketahui bagian mana yang sekiranya sudah melemah.
Tie rod sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat krusial pada mobil. Benda ini memiliki peran untuk menstabilkan gerak mobil dan membelokan ban sesuai dengan arah yang dituju.
Selain menstabilkan gerak dan membelokan ban, tie rod dibagi dua menjadi dua, yakni Toe-in dan Toe-out. Dengan adanya selisih toe ini, jarak pada roda depan mobil lebih teratur sehingga roda dapat berjalan secara stabil dan meminimalisir keausan ban yang tidak merata.
Ciri Tie Rod Rusak, Ketahui Supaya Tidak Tertipu Mekanik Nakal
1. Muncul Suara Berdecit
Bunyi berdencit saat setir dibelokan merupakan salah satu gejala rusak atau lemahnya tie rod. Bunyi tersebut disebabkan oleh grease atau gemuk yang habis sehingga menyebabkan karet sobek.
Karet sobek serta grease yang habis tersebut mengakibatkan gesekan lebih besar pada tie rod sehingga muncul suara dencitan.
2. Tie Rod Mudah Diputar Naik Turun
Hal yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui apakah tie rod lemah yaitu putar naik turun tie rod saat mobil berhenti. Dalam kondisi normal, tie rod akan sulit diputar naik-turun. Apabila cara tersebut bisa kalian lakukan, bisa dipastikan kondisi tie od sudah tidak baik.
Jika kalian merasakan getaran kuat pada setir saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, ini bisa jadi salah satu indikasi tie rod mobil bermasalah. Apabila gejala tersebut bisa kalian rasakan pada mobil kesayangan, ada baiknya segera lakukan perbaikan karena selain tidak nyaman tentunya sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.
4. Posisi Setir Tidak Lurus
Cara lain yang bisa dilakukan guna mengetahui kerusakan pada tie rod yakni posisi setir ketika jalan lurus. Umumnya saat jalan rata tanpa berbelok, setir juga dalam kondisi lurus.
Jika ditemui posisi setir cenderung condong ke salah satu arah atau tidak presisi atau tidak berada pada posisi center, maka kondisi tie rod harus kalian curigai. Bisa jadi masalah tersebut diakibatkan tie rod yang mulai melemah. Apabila mengalami kejadian seperti itu, ada baiknya ganti tie rod dan lakukan spooring supaya setir tidak lari dengan sendirinya serta menjaga keawetan ban.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.