Chery Tiggo 7 Pro Max Rilis di Malaysia, Indonesia Segera Menyusul?
Prasetyo · 26 Jun, 2024 16:03
0
0
Chery Tiggo 7 Pro Max secara mengejutkan rilis di Malaysia, meskipun penamaannya tetap pakai Tiggo 7 Pro layaknya yang dipasarkan PT Chery Sales Indonesia (CSI).
Namun kalau melihat daftar lini produk Chery global termasuk yang ada di Afrika Selatan, maka model ini diberi merek dagang Chery Tiggo 7 Pro Max.
Hal tersebut berdasarkan beberapa diferensiasi antara unit yang sudah melantai di pasar otomotif Indonesia sejak November 2022.
"Tiggo 7 bukan sekadar SUV, ini adalah bagian gaya hidup yang dirancang untuk mereka yang
menghargai keindahan dan kepraktisan. Desainnya yang ramping dan fitur-fitur inovatif menjadikannya teman sempurna bagi mereka yang mencari perpaduan antara keamanan dan kenyamanan, gaya dan kecanggihan, petualangan dan teknologi," kata Leo Chen, President Chery Malaysia, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (26/06/2024).
Lantas seperti apa Tiggo 7 Pro "rasa" Tiggo 7 Pro Max ala Chery divisi Negeri Jiran ini? Yuk kita ulas lebih dalam.
Kalau dibandingkan Tiggo 7 Pro versi Indonesia, terlihat jelas perbedaan dari segi eksteriornya dengan versi Malaysia ini.
Contohnya di bagian fascia depan, lampu utama tetap pakai tipe LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL), serta lekukannya pun masih setara berikut aksen chrome di bagian bawah lampu tersebut.
Sementara itu untuk desain grill depan sedikit alami perubahan terutama pada bagian aksen diamond yang pada Tiggo 7 Pro Max dibuat lebih tegas, meskipun secara ukuran keseluruhan tetap serupa Tiggo 7 Pro versi Indonesia.
Lanjut ke bagian lainnya, perbedaan juga terletak pada desain bemper depan, dimana untuk Tiggo 7 Pro Max di sudut kiri dan kanan ada lekukan cukup lebar yang kemudian diisi aksen bilah-bilah berwarna biru.
Kondisi ini berbeda kalau kita lihat pada Tiggo 7 Pro versi Indonesia yang pada area sudut bemper depannya diisi foglamp dengan menggunakan LED berdesain vertikal.
Selanjutnya pada area tengah bawah bumper depan Tiggo 7 Pro Max juga terlihat ada radar sensor untuk membantu kinerja sistem ADAS (Advanced Driver Assistance System) di mobil tersebut.
Lanjut ke bagian samping bodi, penyematan velg ternyata juga punya desain yang berbeda dibanding Tiggo 7 Pro versi Indonesia walaupun ukuran diameter velgnya tetap sama-sama 18 inci.
Untuk wilayah belakang, desain eksterior mobil ini masih sama, terlihat dari konsep rear lamp yang tak alami perubahan dan juga lengkung bempernya tidak berubah.
Perbedaannya hanya pada penyematan emblem "290T" selain logo "TIGGO 7 PRO" yang ini adalah sebagai penanda kalau mobil tersebut berkekuatan 290 PS dengan mesin T-Turbo.
Selain secara desain, ternyata dimensi antara Tiggo 7 Pro versi Indonesia dengan Tiggo 7 Pro Max yang ada di Malaysia ini juga berbeda.
Berdasarkan data spesifikasi pada brosur, Chery Tiggo 7 Pro Max ternyata lebih besar dibanding Tiggo 7 Pro.
Lanjut kita bahas tentang perbedaan interior yang ternyata versi Tiggo 7 Pro Max alias Tiggo 7 Pro di Malaysia ini lebih mewah dibanding Tiggo 7 Pro di Indonesia.
Antara lain terlihat dari penyematan curve monitor selebar 24,6 inci yang terbagi antara digital meter cluster pada sisi pengemudi dan juga layar entertainment di bagian tengah untuk sarana hiburan seluruh penumpang dengan masing-masing berpenampang layar 12,3 inci.
Desain dasbor Tiggo 7 Pro Max ini mirip yang diaplikasikan pada Chery Omoda 5 termasuk Omoda E5, apalagi sudah ada juga wireless charger 50 watt, AC Dual Zone Climate Control, dan ambient light.
Hal lain yang juga ada kemiripan antara desain kabin Tiggo 7 Pro Max dan Omoda 5 atau mobil listrik E5 adalah dari desain konsol tengah, model tuas transmisi, hingga model jok gaming seat dan lekuk jok belakangnya.
Bahkan Tiggo 7 Pro Max ini sudah mengaplikasikan tema warna hitam pada interiornya seperti yang baru saja diaplikasikan Chery Indonesia pada Omoda E5 varian Black Interior.
Fitur lainnya yang juga sudah ada di Tiggo 7 Pro Max adalah konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, Sony Audio System dengan 8 speakers, dan juga electric Panoramic Sunroof.
Rupanya selain kabin yang mencontek desain dari Omoda 5, mesin yang tersimpan dari balik bonet Tiggo 7 Pro Max juga mencomot kepunyaan Omoda 5, tepatnya Omoda 5 GT versi Indonesia.
Ya, seri Tiggo 7 Pro yang baru diluncurkan di Malaysia serta punya nama lain Tiggo 7 Pro Max itu menggunakan mesin 1.6L Turbocharged Gasoline Direct Injection (TGDi).
Mesin ini diklaim memiliki power maksimal 197 PS dengan torsi maksimum 290 Nm yang dikombinasikan transmisi Dual Clutch 7 percepatan.
Bedanya, kalau pada Omoda 5 GT di Indonesia tersedia pilihan tipe penggerak roda depan (FWD) dan juga penggerak semua roda (AWD), maka untuk Tiggo 7 Pro Max cuma ada tipe 2WD dengan penggerak roda di bagian depan.
Hal menarik lainnya dari Tiggo 7 Pro Max adalah keberadaan sistem ADAS generasi terbaru yakni Advanced Driver Assistance System 2.5.
Dibanding Tiggo 7 Pro versi Indonesia, sistem ADAS 2.5 ini jauh lebih lengkap untuk membantu mencegah terjadinya kecelakaan.
Paket fitur keselamatan aktif ini mencangkup:
Front Collision Warning (FCW)
Autonomous Emergency Braking (AEB)
Adaptive Cruise Control (ACC)
Lane Departure Warning (LDW)
Multi Collision Brake (MCB)
Traffic Jam Assistant (TJA)
Door Open Warning (DOW)
Rear Cross Traffic Braking (RCTB)
Integrated Cruise Assist (ICA)
Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Rear Collision Warning (RCW)
Lane Change Assist (LCA)
Lane Departure Prevention (LDP)
Lane Departure Reminder (LDR)
Blind-spot Detection (BSD)
Emergency Lane Keeping (ELK)
Harganya Mirip Tiggo 7 Pro Versi Indonesia
Berdasarkan informasi dari rekan kami Wapcar, Chery Malaysia menawarkan Tiggo 7 Pro tersebut dengan harga 123.800 ringgit atau kira-kira Rp 431,3 juta.
Dan untuk 2.000 konsumen pertama, berhak menikmati harga promosi yaitu sebesar 119.800 ringgit atau setara Rp 417 jutaan.
Banderol ini mirip dengan harga Tiggo 7 Pro yang dipasarkan Chery Indonesia, yaitu di rentang Rp 369,5 juta sampai Rp 430,5 juta.
Kabarnya, Chery Indonesia juga tengah mempertimbangkan masuknya stau model Tiggo Series lagi selain Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.
"Saat ini yang demand-nya lagi tinggi memang Omoda E5, tapi kita tidak melupakan Tiggo Series kok, akan ada lagi produk barunya," sebut Rifkie Setiawan, Head of Brand Department CSI, sata berbincang dengan Autofun di Cikarang, beberapa waktu lalu.
Apakah yang dimaksud Rifkie ini termasuk Chery Tiggo 7 Pro Max dan Tiggo 8 Pro Max? "Untuk modelnya kita tunggu saja," seloroh Rifkie.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.