window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

DFSK Bikin Pikup Listrik Rival Tesla Cybertruck, Tenaganya di Atas 1.000 PS!

Enda · 7 Mei, 2024 14:01

Tesla Cybertruck China

Pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok, Dongfeng, di Indonesia dikenal dengan nama DFSK (Dongfeng Sokonindo) membuat kendaraan konsep yang sekilas terlihat mirip seperti Tesla Cybertruck.

Yup, prototipe pikup listrik Dongfeng ini ditampilkan pertama kali pada ajang Beijing Auto Show 2024 yang berlangsung dari 25 April hingga 5 Mei lalu.

Diperkenalkannya mobil konsep yang mirip dengan Cybertruck ini bisa saja bagian dari langkah awal pabrikan otomotif China tersebut untuk memproduksinya secara masif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengingat di China sendiri terdapat perubahan yang menurut laporan industri, Tesla Cybertruck tidak dapat dijual di Tiongkok karena alasan teknis tertentu yang sulit diatasi.

Kembali ke Cybertruck tiruan Tiongkok, kendaraan prototipe pikup listrik ini didasarkan pada platform EV skateboard Dongfeng.

Mengenai bandrolnya kemungkinan akan memiliki harga yang jauh lebih murah daripada pikup listrik Tesla, berdasarkan subsidi kendaraan listrik (EV) senilai miliaran dolar di Tiongkok.

Tersiar kabar bahwa nantinya pikup listrik buatan Dongfeng ini memiliki tenaga sebsar 1.310 PS, jauh lebih besar dari tenaga yang dimiliki Tesla Cybertruck versi Cyberbeast yang berada di angka 845 PS.

Sayangnya Dongfeng belum merilis lebih lanjut informasi detail mengenai spesifikasi baterai berserta daya jelajahnya.

Baca juga: Tesla Cybertruck Dilarang Dijual di Tiongkok, Takut Ganggu Penjualan Mobil Listrik Lokal?

Pikup Listrik Tesla Cybertruck Buatan Dongfeng Terlihat Lebih Kekar

Tesla Cybertruck China

Pikup listrik DFSK mirip Tesla Cybertruck

Sekilas prototipe pikup listrik Dongfeng terlihat seperti Tesla Cybertruck berkat diaplikasikannya bidang lebar, garis tegas menyudut, serta penyematan warna logam perak.

Namun jika dilihat secara lebih detail tiruannya tersebut memiliki bidang lebih halus berkat adanya lekukan.

Selain itu pada fascia mobil konsep ini memiliki bumper yang terlihat lebih kekar dengan dipadukannya DRL LED serta lampu utama LED di kedua sisi.  

Di dekat kaca terdapat LED bar dengan ukuran lebih tebal dibandingkan Cybertruck yang merupakan bagian dari lampu utamanya.

Sebagai identitasnya pada bagian tengah depan terdapat logo DFSK.

Tesla Cybertruck China

Pintu samping mengusung konsep Suicide Door

Memiliki kabin ganda, bagian sampingnya menggunakan pintu dengan mengusung konsep Suicide Door yang cukup menarik perhatian.

Terdapat pula foot step yang dapat terbuka secara otomatis ketika pintu dibuka.

Untuk lingkar roda mobil konsep ini diaplikasikan velg dengan bentuk futuristik yang dislimuti ban mud-train berukuran besar, menjadikannya siap diajak untuk melewati beragam jalan ekstrim.

Tesla Cybertruck China

Tampilan belakang pikup listrik DFSK

Baknya mobil konsep ini memiliki tenda multifungsi yang dapat dibuka maupun ditutup secara praktis, yang cocok digunakan saat sedang berpetualang.

Bagian menarik lainnya dari mobil ini terlihat di sisi buritannya, dimana pintu bagasinya dapat dibuka dari dua sisi serta LED bar stoplamp serta adanya running text di tengah.

Baca juga: Lebih Nyata Dari Tesla Cybertruck, Ford Rilis F-150 Lightning 2022 Bertenaga Listrik

Interior Menggambarkan Mobil Off-Road Masa Depan

Tesla Cybertruck China

Interior pikup listrik DFSK

Melihat interior tiruan Cybertruck asal China, mobil konsep ini menggambarkan mobil off-road masa depan.

Menggabungkan tiga warna, yakni krem, hitam dan orange, untuk interiornya juga terlihat minimalis.

Sertirnya memiliki bentuk flat and top bottom, dengan layar berukuran besar di baliknya yang merupakan meter cluster dan terhubung bersama head unitnya.

Karena merupakan pikup listrik dengan daya jelajah ekstrim, di ujung dashboardnya terdapat handgrip.

Oh iya, untuk jok mobil ini terlihat menggunkan model semi-bucket dengan bentuk menyerupai tempat duduk yang biasa digunakan pada pesawat luar angkasa.

Baca juga: Tesla Cybertruck Sudah Bisa Dipesan, Cukup Serahkan Uang Tanda Jadi Sebesar Rp100 Juta

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

DFSK Supercab 1.3L Turbodiesel

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia