Hyundai Luncurkan Dua Mobil Listrik Paling Murah, Yakni Ioniq 2021 dan Kona 2021
Dhoni · 6 Nov, 2020 18:15
0
0
Dua mobil listrik secara resmi telah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Hyundai IONIQ Electric 2021 dan KONA Electric 2021 yang keduanya merupakan mobil listrik murni. Khusus untuk IONIQ Electric akan tersedia dalam 2 tipe, yakni IONIQ Electric Prime dan IONIQ Electric Signature. Sedangkan Hyunda Kona Electric 2021 hanya satu tipe saja.
Untuk harga yang ditawarkan, Hyundai IONIQ Electric Prime dibanderol Rp 624,8 juta, Hyundai IONIQ Electric Signature dijual seharga Rp 664,8 juta. Sementara Hyundai Kona Electric 2021 ditawarkan senilai Rp 674,8 juta. Harga yang tergolong sangat murah dibanding pesaingnya yang menawarkan harga lebih dari 1 milyar.
Langkah PT HMID menghadirkan mobil listrik murni merupakan dukungan dalam percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai untuk transportasi jalan yang sesuai Perpres No. 55 Tahun 2019. Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan Makmur, Managing Director PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam prescon secara virtual, “Ini adalah bentuk dukungan Hyundai dalam Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, semakin mematangkan terbentuknya ekosistem mobil listrik di tanah air. Hal tersebut juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan sektor industri lain seperti kelistrikan, stasiun pengisian daya, baterai, suku cadang mobil listrik, dan lain-lain. Hyundai hadir dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata terhadap perkembangan tersebut.”
Hyundai IONIQ Electric 2021
Sebagai mobil listrik yang dapat menampung 5 orang, Hyundai IONIQ Electric 2021 menggunakan Powertrain - motor listrik bermagnet permanen. Motor listrik ini diklaim memiliki efisensi sangat tinggi sebesar 100 kW (136 PS) dari baterai lithium ion 38,3 kWh.
Motor listroik tersebut dapat menghasilkan torsi 295 Nm ke roda depan dan dapat melakukan akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.
Dari hasil uji coba, Hyundai IONIQ Electric 2021 dapat menempuh jarak di atas 300 kilometer dalam sekali pengisian. Pengisian daya pada baterai dari 0 – 80% hanya membutuhkan waktu 54 menit di stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.
Hyundai IONIQ Electric 2021 telah dilengkapi dengan ventilated seat (hangat / sejuk), Drive Mode Select (Eco, Eco +, Comfort, Sport), Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Blind spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, 7 airbag system, dan Tire Pressure Monitoring System.
Pilihan warna Hyundai IONIQ Electric 2021 yakni Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red
Hyundai KONA Electric 2021
Tampilan Hyundai Konda memang lebih sporty dibanding saudaranya. Telah dilengkapi berbagai fitur, Hyundai KONA 2021 yang juga dapat menampung 5 penumpang ini telah dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System.
Untuk motor listrik yang digunakan pada Hyundai KONA Electric 2021, menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dan juga diklaim memiliki efisensi tinggi tinggi sebesar 100 kW (136Ps) dari suplai baterai lithium ion 39,2 kWh. Motor tersebut dapat mengeluarkan torsi sebesar 395Nm yang didistribusikan ke roda depan.
Baterai pada Hyundai KONA Electric 2021 dapat mencapai lebih dari 300 kilometer untuk sekali pengisian. Waktu pengisian pun masih sama dengan Hyundai IONIQ Electric 2021.
Tersedia dalam satu tipe, KONA Electric 2021 menyediakan pilihan warna yang terdiri dari Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red.
Pihak Hyundai juga memastikan baterai yang digunakan sangat aman, sementara untuk pengisian baterai, portable charger telah tersedia sehingga mobil listrik murni buatan Hyundai dapat diisi di rumah atau di mana saja. “Charger yang kami sediakan menggunakan steker yang umum di Indonesia sehingga pengisian daya semudah mengecas baterai smartphone,” pungkas Makmur.
Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD.
Instagram: dhoni_bima