Ingat Tata Aria? Berikut 5 Keistimewaan Mobil Ini yang Bikin Pemilik Toyota Kijang Innova Geleng-geleng
Enda · 14 Jul, 2022 15:30
0
0
Pabrikan otomotif asal Negeri Hindustan, Tata, lewat PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan Tata Aria pertama kali di IIMS 2012. Setelah diperkenalkan, mobil ini baru dijual secara resmi satu tahun setelahnya.
Bermain di segmen Medium MPV pesaing dari Toyota Kijang Innova, Tata Aria terasa begitu istimewa karena dibekali kemampuan jelajah SUV. Tak heran apabila mobil ini juga memiliki julukan sebagai Crossover Utility Vehicle (CUV).
Dalam bahasa India yang berarti Bangsawan, populasi Tata Aria di Tanah Air bisa dibilang jarang ditemui di jalan. Salah satu faktor yang menyebakan jumlah mobil ini sedikit dikarenakan orang Indonesia masih merasa asing dengan brand Tata, terlebih jaringan diler resmi mobil ini juga masih sangat terbatas.
Mengenai harga bekasnya, Tata Aria saat ini berada di angka Rp90 jutaan. Punya harga seken yang terbilang cukup terjangkau, seberapa menarik sih pesaing Kijang Innova ini? Guna mengobati rasa penasaran kalian, simak ulasannya berikut ini.
1. Desain Unik, Tata Aria Sudah Dilengkapi Lampu dengan Projector
Tata Aria menggunakan lampu berprojector
Secara tampilan, eksterior Tata Aria terbilang unik. Dibuat oleh desainer lokal, mobil ini menampilkan bentuk sperti peluru tajam yang melesat dengan cepat.
Desain unik dengan memperhatikan tingkat keaerodinamisan berkendara yang dituangkan, membuat Tata Aria memiliki tampilan wajah yang mengapsul dan ditarik ke atas lalu melandai mulai dari pilar B menuju pilar D-nya.
Bicara soal sistem pencahayaannya, Tata Aria disematkan lampu dengan projector di bagian depan yang dapat mengahasilkan cahaya secara fokus saat berkendara di malam hari.
2. Punya Kemampuan Jelajah SUV, Tata Aria Juga Hadirkan Keleluasan Kabin
Kabin Tata Aria terasa luas
Melihat dimensi yang dimiliki, untuk panjangnya Tata Aria mencapai 4.780 mm, lebar 1.895 mm dan tinggi 1.780 mm, serta wheelbase 2.850 mm. Sedikit membandingkan dengan Toyota Kijang Innova, Tata Aria lebih panjang 19,5 mm, lebih lebar 13,5 mm, dan sumbu roda lebih panjang 10 mm.
Memiliki jarak sumbu roda yang panjang, untuk legroom setiap barisnya terasa lega. Tak hanya itu, mempunyai dimensi yang besar, headroomnya juga luas sehingga memudahkan setiap penggunannya ketika beraktifitas meski dimuati tujuh hingga delapan penumpang masih terasa nyaman.
Berbekal sasis jenis ladder frame, mobil ini juga terasa tangguh digunakan di jalan yang ekstrim berkat struktur rangka yang kuat serta ground clearance yang dibuat tinggi. Di atas kertas, untuk jarak permukaan tanah dengan kabinnya mencapai 200 mm. Sebagai MPV dengan ground clearance tinggi, daya jelajah mobil ini setara dengan SUV pada umumnya.
3. Tata Aria Punya Banyak Kompartemen Penyimpanan Barang
Tata Aria punya banyak kompartemen penyimpanan barang
Selain menghadirkan kenyaman terhadap penggunanya berkat memiliki kabin yang luas, Tata Aria juga terasa ringkas dan mewah. Hal tersebut dikarenakan interiornya Tata Aria terinspirasi dengan nuansa kabin pesawat yang banyak memiliki kompartemen penyimpanan barang.
Jika kalian melihat plafonnya, di bagian tengah terdapat laci penyimpanan yang membentang mulai dari baris pertama hingga ketiga untuk meletakan barang seperti kacamata, dompet atau smartphone. Di bagian dashboard, dinding mobil, dan console tengahnya, mobil ini juga memiliki tempat penyimpanan barang yang terasa begitu praktis ketika digunakan.
Secara total kompartemen penyimpanan barang, mobil ini memiliki tujuh laci pada plafon, sembilan cup holder, empat di pintu dan tiga di laci dashboard. Memiliki laci yang terbilang banyak, tentunya kalian dapat dengan mudah menyimpan barang bawaan dengan ringkas.
4. Gaya Berkendara Ala SUV, Bantingan Suspensi Tata Aria Terasa Lembut
Karakter supensi Tata Aria empuk
Mengenai peredam kejutnya, Tata Aria menggunakan suspensi independent double wishbone dengan per keong di depan, dan 5-link suspension dengan per keong di roda belakang. Bantingan yang dihasilkan ketika melewati jalan yang keriting, mobil ini terasa lembut sehingga memberikan rasa nyaman kepada setiap penggunanya. Ketika melaju di kecepatan tinggi mobil ini juga terasa stabil, meski tetap menimbulkan sedikit gejala body roll saat bermanuver.
Selain terasa nyaman berkat ayunan suspensi yang dihasilkan, guna memberikan keselamatan terhadap penggunanya Tata Aria berhasil disematkan sistem pengereman cakram di semua roda yang mendukung teknologi ABS dan EBD empat channel.
5. Bermodalkan Mesin Diesel 2.2L Turbo, Tata Aria Hasilkan Performa yang Buas
Mesin diesel 2.2 DiCOR turbo variabel plus common-rail
Tata Aria dibekali dengan mesin diesel 2.2L DiCOR 4-silinder segaris turbo variabel plus common-rail berkapasitas 2.179 cc. Melihat daripada spesifikasinya, mesinnya mampu meletupkan tenaga sebesar 140 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 320 Nm @1.700-2.700 rpm.
Mengenai performa yang dihasilkan, mobil ini terasa responsif baik di putaran bawah maupun atasnya sehingga terasa gesit ketika digunakan. Guna membuatnya berjalan, putaran mesin yang dihasilkan diatur dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakang. Selain bermodalkan penggerak RWD, MPV ini juga terasa istimewa di medan berkontur karena dibekali kemampuan SUV dengan pilihan penggerak 4x4.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.