Ini Alasan Honda WR-V 2023 Tetap Pakai Mesin 1.5L Punya BR-V
Prasetyo · 20 Des, 2022 09:01
0
0
Honda WR-V 2023 hadir sebagai SUV terkecil dari Honda di Indonesia. Namun untuk sumber tenaganya, ia berbagi mesin dengan All New BR-V, City Hatchback RS, hingga All New City.
Menggunakan mesin 1.5L i-VTEC DOHC 4 silinder 16 katup dengan teknologi Drive By Wire, mesin pada Honda WR-V 2023 ini sama persis dengan yang terpasang pada sang kakak, Honda BR-V.
Karenanya keluaran tenaga yang tercatat di atas kertas pun serupa. Yakni berdaya maksimum 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.
Lalu mengapa Honda masih betah pakai mesin 1.5L naturally aspirated (N/A) tersebut? Padahal beberapa model lain termasuk unit Honda yang dijual di Jepang, ada yang sudah mengadopsi mesin turbo?
Poychat Ua-arayaporn selaku Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP) menjelaskan mengenai spesifikasi mesin dari WR-V. Menurut dia, mesin yang terpasang pada WR-V ada sedikit perbedaan dibanding mesin 1.5L Honda lainnya.
"Perbedaannya ada pada sistem VTC (Variable Technology Control) yang dikombinasikan sistem DOHC i-VTEC," ucapnya ketika ditemui di acara Media Test Drive Honda WR-V di Bali, Senin (19/12/2022).
Lebih lanjut ia menjelaskan, secara spesifikasi, mesin dengan standar emisi Euro 4 ini memiliki torsi lebih cepat mencapai puncaknya dibanding model lain. "Secara data, torsi mesin ini 5% lebih cepat mencapai kondisi maksimum," kata dia.
Karakter mesin dengan tenaga dan torsi besar inilah yang ditambahkan oleh Yusak Billy cocok untuk pemakaian di dalam kota. "Mobil perkotaan butuh torsi yang besar namun tetap fun to drive. Pemakaian mesin ini juga melalui hasil survei kami kepada konsumen di Indonesia," ucap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) itu.
Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi, 1.608 mm, dan jarak sumbu roda 2.485 mm. Yang istimewa lainnya, mobil ini memiliki ground clearance 220 mm yang menjadi tertinggi di kelasnya.
WR-V juga menggunakan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift. Teknologi ini diklaim dapat menghasilkan performa akselerasi yang bertenaga namun disisi lain menciptakan efisien bahan bakar yang meningkat sampai 4%.
Untuk meredam kebisingan mesin dan jalan, WR-V menggunakan bahan peredam Spray Foam dan struktur panel tertutup yang terdapat di sekitar area panel bodi mobil. Sistem ini yang juga sekaligus berfungsi mencegah debu serta bau tidak sedap dari luar masuk ke dalam kabin mobil.
Semua ini dilakukan Honda agar menambah kenyamanan dan kenikmatan saat mengendarai mobil tersebut.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.